Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Chemical Engineer | Amateur Runner | Coffe and Comic Lover [KBC-22]

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

"Virtual Run" Saat Berlari Tak Perlu Keluar Rumah

6 April 2020   10:18 Diperbarui: 8 April 2020   10:42 112 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Virtual Run" Saat Berlari Tak Perlu Keluar Rumah
Source: freepik.com

Artikel Sebelumnya  : Sudah Rindu Kembali Berlari

Meskipun sudah mencoba untuk tidak berlari di tengah pandemi covid 19, dengan melihat banyaknya kemungkinan buruk yang terjadi saat keluar rumah, tetap saja kaki terasa ngilu dan badan rasanya tidak nyaman karena tidak berlari.

Sebenarnya ada solusi untuk masalah tersebut yaitu dengan melakukan “virtual run”. Virtual run adalah istilah yang mulai populer sejak tahun 2017. Saat budaya lari memang sedang berkembang di Indonesia, di saat tersebut munculah akun instagram @virtualrun.id yang sering mengadakan virtual run.

Virtual run secara terjemahan memang berarti berlari secara virtual, virtual berarti tidak ada aktifitas  fisik secara langsung. Tapi untuk olahraga lari pastinya perlu ada aktifitas fisik.

Cara Virtual Run. 

Umumnya ada 2 cara virtual run, yang pertama adalah pelari berlari di jalanan, track lari , lingkungan rumah dan tempat lainnya yang sesuai dia kehendaki  di waktu yang dia kehendaki sendiri pula, lalu mencatatkan waktu dan pace yang berhasil dia tempuh melalui aplikasi lari  yang dilengkapi GPS tracker yang ada di smartphone atau smartwatch yang dia miliki, untuk aplikasi  lari yang biasanya digunakan adalah seperti strava, endomondo atau lainnya.

Cara seperti ini adalah solusi untuk orang yang gemar berlari tapi tak sempat atau tak menemukan waktu yang sesuai untuk berlari bersama di komunitas.

Baca : Indorunners Jogja

Menggunakan Threadmill.

Untuk cara yang kedua yaitu dilakukan tanpa keluar rumah, yaitu dengan menggunakan alat threadmill, thread mill yang ada di rumah atau di pusat kebugaran akan dihubungkan dengan smart phone dan smartwatch yang kita miliki, lalu akan tercata lari yang kita lakukan di thread mill tersebut setara dengan jarak berapa dan pace berapa.

Kedua cara tersebut punya kelebihan dan kekuarangan masing masing, di cara pertama, memang untuk kondisi biasa tidak ada masalah, tapi ditengah pandemi covid 19 seperti ini , cukup beresiko untuk keluar rumah dan beralri di tempat umum. Virus covid 19 bisa ada dimana saja dan kita bisa terinfeksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN