Mohon tunggu...
Yudhistira Widad Mahasena
Yudhistira Widad Mahasena Mohon Tunggu... Desainer - Designer, future filmmaker, K-poper, Eurofan.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

He/him FDKV Widyatama '18

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Arti dalam Sebuah Nama

4 Juni 2022   22:06 Diperbarui: 4 Juni 2022   22:27 505
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bismillahirrahmanirrahim.

Mereka bilang nama adalah doa. Nama yang diberikan kepada anak kita ketika mereka lahir nanti adalah sebuah doa untuk mereka agar ketika besar nanti menjadi seperti nama mereka.

Kita ambil contoh misalnya saya sendiri. Saya lahir dengan nama Yudhistira Widad Mahasena. Ketika saya lahir, mama-papa saya memberi saya nama yang penuh arti. Yudhistira adalah abang tertua Pandawa Lima dalam epik Mahabarata dalam Hinduisme. Dalam bahasa Sansekerta, Yudhistira berarti teguh atau kokoh dalam peperangan. Tokoh Yudhistira juga diceritakan bijaksana, baik hati, jujur dan tidak berdusta, bermoral, serta pemaaf. Artinya, ketika saya lahir, saya didoakan menjadi seperti Yudhistira di Pandawa Lima.

Lantas bagaimana dengan "Widad Mahasena"? Kedua nama tersebut diambil dari nama kedua orang tua saya. Mama saya bernama Widjiah, dan ketika saya lahir, saya diberi nama Widad, yang dalam bahasa Arab berarti kasih sayang, dan karena terdengar seperti "Widjiah". Mahasena diambil dari nama papa.

Dan ketika adik saya lahir, dia diberi nama Sekarina Wicitra Mahasena. Sekarina Wicitra mengandung arti bunga yang mencitrakan kecantikan. Lagi-lagi, nama "Wicitra Mahasena" diambil dari nama mama-papa.

Saya juga punya cerita unik. Kita simak cerita di balik nama Bambam GOT7. Sejak GOT7 debut pada 16 Januari 2014 di bawah JYP Entertainment, Bambam yang berasal dari Thailand berhasil menyihir kaum hawa dengan pesona tampannya dan juga bakat musik serta kemampuan multibahasanya. Ternyata, ups, orang tua Bambam tidak sembarang memberi nama. Bambam adalah anak ketiga dari empat bersaudara.

Di sebuah episode "Knowing Brothers" yang mana bintang tamunya adalah Joon Park, Lucas NCT, Yuqi G-IDLE, dan Bambam GOT7, Bambam menjelaskan bahwa orang Thailand memiliki dua nama: nama lahir dan nama julukan. Keduanya nama asli mereka. Mereka memakai nama julukan karena nama lahir mereka sangat panjang. Dia bahkan tidak ingat nama abang sulungnya. Namun, yang dia ingat dia punya nama julukan - Beer. Literally minuman bir. Mendiang ayah Bambam suka minum bir, jadi ketika abang sulungnya lahir, beliau memberi nama julukan sesuai kesukaannya. Jadi, Sarunchai Bhuwakul diberi julukan Beer.

Ketika ditanyai mengenai abangnya yang kedua, Bambam menjelaskan bahwa ayahnya mencintai alkohol. Jadi, awalnya beliau ingin keempat anaknya diberi julukan berdasarkan minuman beralkohol: Beer, Wine, Whiskey, dan Vodka. Bambam hampir dijuluki Whiskey. Namun, ketika abang keduanya, Chindanai Bhuwakul, lahir, ibunya ingin julukan yang bisa mendatangkan uang. Jadi, dia dijuluki Bank.

Bagaimana dengan Bambam? Oho, ternyata dia dinamai dari seorang karakter komik Amerika Serikat kesukaan neneknya - Bamm-Bamm Rubble dari The Flintstones. Bamm-Bamm diceritakan sebagai bayi yang sangat kuat, dia bahkan bisa mengangkat barang yang lebih berat dan terlalu berat untuk diangkat orang biasa. Artinya, Bambam didoakan menjadi anak yang kuat, badannya maupun hatinya.

Adik bungsu Bambam, Hataichanok Bhuwakul, dijuluki Baby.

Jadi, itu dia. Bambam dan ketiga saudaranya memiliki julukan yang berawal huruf B.

Apa arti nama Anda?

Tabik,
Yudhistira Mahasena

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun