Mohon tunggu...
Yudhistira Permana
Yudhistira Permana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Seorang mahasiswa S1 Jurusan Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Gelar Sosialsisasi Pengelolaan Wisata Dan Pemasaran Wisata Di Desa Kampunganyar, Banyuwangi

13 September 2025   18:22 Diperbarui: 13 September 2025   18:22 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Hadirin Tamu Undangan Sosialisasi (Sumber : Dokumentasi Pribadi) 

Desa Kampunganyar, Banyuwangi -- Sosialisasi mengenai pengelolaan wisata dan strategi pemasaran berbasis digital telah sukses dilaksanakan pada Senin, 8 September 2025 di Balai Desa Kampunganyar. Acara ini diselenggarakan oleh Program Kerja 1 Program Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) UPN "Veteran" Jawa Timur yang berfokus pada pengembangan wisata di Desa Kampunganyar. Sosialisasi ini melibatkan seluruh pengelola wisata di Desa Kampunganyar, pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), serta perwakilan dari Pokdarwis Kabupaten Banyuwangi.

Dalam sosialisasi ini, Program Kerja 1 mengusung tema "Sosialisasi Pengelolaan Wisata dan Strategi Pemasaran Wisata Melalui Media Digital" yang dirancang untuk menjawab tantangan utama dalam pengelolaan wisata di era teknologi terlebih dalam hal promosi. Hadirin menilai bahwa topik sosialisasi sangat relevan dengan kondisi lapangan, karena sebagian besar pengelola wisata selama ini masih mengandalkan promosi dari mulut ke mulut dan belum sepenuhnya memanfaatkan media digital.

Dalam pemaparannya, mahasiswa membahas secara menyeluruh mengenai konsep 4A (Attraction, Amenity, Accessibility, Ancillary) yang menjadi kerangka penting pengembangan tempat wisata. Aspek (Attraction) di Kampunganyar tidak hanya sekadar alam, tetapi juga mencakup wisata edukasi berbasis lingkungan dan budaya. Sementara itu, aspek Amenity, Accessibility, dan Ancillary diingatkan sebagai faktor pendukung yang harus diperhatikan pengelola wisata agar wisatawan betah dan merasa nyaman.

Pemaparan Materi 4A (Attraction, Amenity, Accessibility, Ancillary) (Sumber : Dokumentasi Pribadi)
Pemaparan Materi 4A (Attraction, Amenity, Accessibility, Ancillary) (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Selanjutnya, mahasiswa menyoroti potensi daya tarik wisata edukasi di Desa Kampunganyar. Melalui penjelasan, hadirin diberikan pemahaman bahwa Kampunganyar memiliki keunggulan kompetitif sebagai desa dengan kekayaan ekowisata dan aktivitas edukatif. Potensi wisata seperti Pemandian Jopuro, Cafe Manjehe, hingga Sanggar Nampani dapat dikembangkan tidak hanya untuk rekreasi, tetapi juga sebagai penerapan bentuk wisata edukasi yang memanfaatkan alam dan budaya Desa Kampunganyar.

Pemaparan Materi Potensi Wisata Edukasi (Sumber : Dokumentasi Pribadi)
Pemaparan Materi Potensi Wisata Edukasi (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Pada sesi penampilan luaran, mahasiswa menunjukkan beberapa hasil luaran selama menjalankan Program Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa berupa modul pengelolaan wisata, booklet, dan flyer promosi wisata. Modul pengelolaan berisi panduan langkah-langkah praktis pengelolaan tempat wisata, sementara booklet dan flyer dirancang untuk mempermudah promosi mengenai keseluruhan wisata yang ada di Desa Kampunganyar kepada wisatawan. 

Topik lain yang tidak kalah penting adalah manajemen keselamatan, keamanan, dan penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability). Mahasiswa menekankan pentingnya standar kebersihan, kesehatan, dan keselamatan di area wisata agar wisatawan merasa aman. Mengingat hampir seluruh wisata yang ada di Desa Kampunganyar memanfaatkan aliran sungai alami yang memiliki resiko tinggi ketika hujan tinggi. Terlebih Desa Kampunganyar memiliki curah hujan yang tinggi. Oleh karena itu manajemen keselamatan, keamanan, dan penerapan CHSE merupakan hal yang penting dan perlu menjadi perhatian pengelola wisata di Desa Kampunganyar.

Pemaparan Materi Manajemen Keselamatan, Keamanan, dan Penerapan CHSE (Sumber : Dokumentasi Pribadi)
Pemaparan Materi Manajemen Keselamatan, Keamanan, dan Penerapan CHSE (Sumber : Dokumentasi Pribadi)

Pada sesi terakhir mahasiswa membahas mengenai strategi pemasaran wisata melalui media digital. Mahasiswa memperkenalkan aplikasi Canva untuk pembuatan desain promosi dan CapCut untuk mengolah video promosi. Para pengelola wisata diberikan materi mengenai bagaimana bentuk promosi, bagaimana cara mengoperasikan aplikasi Canva dan Capcut, serta bagaimana cara membuat konten visual yang menarik untuk diunggah di media sosial.  Tak hanya itu para pengelola juga diberikan materi terkait manajemen konten media digital seperti saluran media digital, manajemen konten digital, serta bagaimana cara dan jenis jenis konten digital.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun