Mohon tunggu...
Yudhi Hertanto
Yudhi Hertanto Mohon Tunggu... Simple, Cool and Calm just an Ordinary Man

Peminat Komunikasi, Politik dan Manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Memasarkan Pendidikan

28 November 2015   20:00 Diperbarui: 28 November 2015   20:00 0 0 0 Mohon Tunggu...

 

Pengetahuan adalah lentera dunia, dan keilmuan didapatkan melalui mekanisme pendidikan. Pada proses belajar mengajar dalam ruang kelas, interaksi ilmu dan pengetahuan menjadi satu untaian yang bersinambung.

Meski proses belajar bisa dilakukan secara independen serta bersifat individual, namun dunia modern melembagakan proses pendidikan dalam institusi bernama sekolah.

Pada hakikatnya proses pencarian ilmu serta pengetahuan, berubah menjadi pakem akan laku hidup, sebagai sebuah bagian dari kehidupan dan keseharian kita. Pendidikan kemudian bersentuhan dengan kebutuhan menjadi sebuah industri jasa profesional.

Tentu semua kembali pada mekanisme alam, ketika kebutuhan menjadi sebuag keharusan maka proses interaksi ditindaklanjuti dengan transaksi, dan kini pendidikan telah menjadi bagian tersebut.

Karena itu, pengelolaan pendidikan sedikit banyak memiliki tipikal yang relatif identik dengan manajemen industri, meski memiliki keunikan dan perbedaan yang cukup banyak.

Sikap pendidik, pengasuh, pengajar dan menjadi panutan dalam konteks moralitas serta intelektualitas adalah hal yang tidak bisa terpisahkan dari industri jasa profesional pendidikan. Tentu hal ini juga nampak berbeda dari industri lainnya.

Dimensi Mutu dan Marketing

Salah satu aspek yang kemudian menarik untuk dibahas ketika pendidikan masuk dalam ranah dan kategori industri jasa profesional adalah bagaimana kemasan pemasaran dapat berlaku untuk jenis industri tersebut? Apa saja hal terpentingnya?.

Pendidikan tidak hanya berbicara tentang output atas kualitas hasil tetapi juga menyangkut persoalan proses. Dalam hal ini mutu pendidikan adalah bagian yang saling berkait sejak awal proses hingga pada penghujung akhirnya nanti.

Sesuai konsepsi industri, maka titik tekan pemasaran pendidikan akan berbicara lebih banyak pada aspek mutu, yang termasuk didalamnya berkenaan dengan stakeholder terkait dalam dunia pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2