Mohon tunggu...
Yucke Aulia
Yucke Aulia Mohon Tunggu... Lainnya - UNIVERSITAS AIRLANGGA

Hello, my name is Yucke, I was born in Denpasar and grew up in Surabaya. I love and want to start new things by stepping out of my comfort zone to organize my future and improve my skills that support my self-development.

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Pembangunan Berkelanjutan SDGs 2 (Tanpa Kelaparan)

6 Juni 2022   09:50 Diperbarui: 6 Juni 2022   10:23 735 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Surabaya. Sumber ilustrasi: KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Sustainable Development Goals  atau disingkat SDGs merupakan bagian dari salah satu agenda yang diselenggarakan PBB dengan tujuan untuk mensejahterakan seluruh masyarakat di dunia. Tujuan dari agenda ini berfokus pada empat bidang yaitu, Ekonomi, lingkungan, kesehatan dan sosial. Disusun sejak tahun 2015, Agenda ini mempunyai 17 tujuan dan 169 target yang ingin dicapai pada tahun 2030.  Negara - negara yang ikut serta dalam agenda PBB ini ada 194 negara dari berbagai belahan dunia.


Program SDGs 2 bertema tentang mengakhiri kelaparan (zero hunger). Pada agenda SDGs kedua ini, berfokus pada masalah kelaparan atau kurang pangan yang masih menjadi masalah besar di beberapa negara. Kasus kelaparan dan kekurangan gizi menjadi masalah serius yang harus diselesaikan bersama-sama. Dikutip dari databoks.katadata.co.id pada 2021 lebih dari 853 juta penduduk di dunia mengalami kekurangan gizi.


Kelaparan disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya karena faktor ekonomi, ketidakstabilan sistem pemerintah, akses makanan sehat terbatas, meningkatnya harga pangan, dll. Lalu pada 2020 keadaan juga diperparah dengan adanya pandemi covid-19. Keadaan saat ini masih banyak yang sulit mendapatkan pangan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Maka dari itu, hal ini menjadi perhatian khusus dalam agenda ini dan diharapkan dapat mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan gizi yang baik, juga dapat meningkatkan pertanian berkelanjutan.


Untuk menyukseskan program dan tujuan dari SDGs kedua ini, disusunlah beberapa upaya yang dilakukan untuk memperbaiki gizi masyarakat, diantaranya : (1) peningkatan promosi dan sosialisasi terhadap masyarakat mengenai kesehatan, gizi, sanitasi, kebersihan, dan pengasuhan, (2) sosialisasi mengenai manfaat pola konsumsi pangan perorangan dan masyarakat yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA), (3) perbaikan gizi pangan tertentu dan memberi penetapan khusus terkait komposisi pangan untuk yang bertujuan untuk meningkatkan gizi pangan, (4) perbaikan gizi bagi ibu hamil, ibu menyusui, balita, remaja perempuan, serta kelompok rawan gizi lainnya, (5) penyaluran bantuan bagi masyarakat yang kekurangan dan bagi masyarakat yang terkena bencana.

Sumber :
Ishatono, I., & Raharjo, S. T. (2016). Sustainable development goals (SDGs) dan pengentasan kemiskinan. Share: Social Work Journal, 6(2), 159.
Saputri, W., Andryan, W., & Khodijah, D. P. I. PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN SDGs 2030: Zero Hunger (Goal2).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan