Mohon tunggu...
YSC Chanel
YSC Chanel Mohon Tunggu... Berkarya Ga Usah Banyak Omong

Lakukan Apa yang Kita Suka Asal Kita Bertanggungjawab baik Di Dunia Maupun Di Akherat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Metode Praktis Pembelajaran Jarak Jauh untuk Sekolah Dasar

19 Agustus 2020   09:53 Diperbarui: 19 Agustus 2020   09:56 712 2 0 Mohon Tunggu...

Belum genap seminggu pembelajaran tatap muka digelar, sudah menimbulkan problema baru. Dilaporkan oleh berbagai media munculnya cluster-cluster baru penularan Covid19 akibat kebijakan ini. 

Menjadi dilema bagi guru-guru dan juga orang tua siswa, bagaimana seharusnya pola pendidikan ini berjalan. Terlebih pandemi ini belum terlihat ujung musimnya, prediksi waktu berakhirnya pandemi berubah tiap saat. Daripada kita stres memikirkan yang kita tak mampu pikirkan, lebih baik kita berupaya membuat hal yang berguna bagi sesama.

Metode paling praktis dalam Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) untuk Sekolah Dasar (SD) dengan cara paling mudah adalah sebagai berikut :

  • Siapkan Laptop atau Komupter PC
  • Laptop dan PC yang digunakan tidak perlu dengan Spesifikasi tinggi, cukup yang sedang saja pun sudah bisa berjalan.
  • Download Materi Ajar
  • Materi ajar dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ¬†Republik Indonesia, sesuaikan dengan kelas yang akan diajar. File PDF hasil download bisa diconverter terlebih dahulu ke dalam bentuk Word agar bisa untuk diubah dalam penyajian.
  • Softwhere
  • Perangkat lunak untuk penyajian adalah Power Point dan Bandicam. Untuk Power Point secara otomatis merupakan softwhere yang ada pada PC windows sedang Bandicam dapat kita instal dengan cara mengunduh.
  • Internet
  • Kita tidak membutuhkan internet dengan kecepatan besar, dengan 10 mbps pun semua program PJJ ini sudah bisa berjalan. Sehingga untuk daerah yang susah sinyal masih bisa menjalankannya.

Setelah keempat hal tersebut diatas tersedia maka mulai kita masuk kepada langkah kerja :

  • Setelah mendownload materi ajar yang biasanya berupa file PDF. File PDF hasil download bisa diconverter terlebih dahulu ke dalam bentuk Word agar bisa untuk diubah dalam penyajian.
  • Buka Softwhere Power Point, sesuaikan halaman yang akan disajikan. Buat materi pembelajaran dengan menambah lagu atau pun animasi. Dengan Power Point maka bisa lebih mudah utk menyisipkan berbagai template agar lebih menarik.
  • Jika materi pembelajaran dengan power point sudah jadi, sekarang tinggal Anda memaparkannya. Bayangkan Anda sedang menerangkan didalam ruang kelas atau sedang menyampaikan materi kepada murid-murid. Power Point menjadi media layaknya papan tulis depan kelas.
  • Nyalapakan Bandicam. Bandicam adalah program perekam paling ringan untuk Windows yang bisa merekam apa pun di layar PC-mu dengan kualitas tinggi. Maka sekarang Anda tinggal membukan Power Point Materi Ajar, menjelaskan dengan nada suara jelas dan juga menyisipkan berbagai tamplate agar menarik. Secara otomatis apa yg Anda paparkan dalam layar PC atau laptop akan menjadi video ajar. Maka treeengg treeeeenggg.......Anda sudah jadi Video Materi Ajar untuk jarak jauh.
  • Buat video dengan durasi antara 6 -- 10 menit atau paling lama banget 15 menit. Karena kita mempunyai kecenderungan kurang bisa berlama-lama menyimak video serius. Maka efektifkan durasi 6-10 menit dengan penutup memberi tugas kepada semua siswa.
  • Upload Video Materi Ajar ke Chanel Youtube. Mengapa memakai youtube bukan video WA atau yang lain. Berdasarkan pengalaman, Dengan kita mengunggah ke Youtube maka orang tua siswa yang hari ini belum punya paket internet bisa menyusul jika sudah ada. Dengan memakai Youtube usia materi ajar bisa lebih panjang, Kita bisa menyesuaikan dengan berbagai kondisi dalam menayangkan. Sangat fleksible mengikuti situasi untuk dapat belajar di tiap wilayahnya.
  • Jangan lupa untuk membuat Group WA per kelas untuk mempermudah mengorganisir semua.

Demikian metode praktis PJJ untuk Sekolah Dasar, agar lebih jelas saya sertakan contoh video dalam link youtube. Silahkan untuk dipelajari atau jika materinya tepat bisa langsung disampiakn kepada siswa.

(ysc)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x