Yosafat Anditya Wiryawan
Yosafat Anditya Wiryawan Freelancer

aprilaftermarch.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Belgia sang "Kuda Hitam" yang Siap Membuktikan Diri

13 Juni 2018   17:33 Diperbarui: 13 Juni 2018   17:40 334 0 0
Belgia sang "Kuda Hitam" yang Siap Membuktikan Diri
Sumber : www.gilabola.com

Tahun 2018 terasa spesial tentunya bagi penggemar olahraga sepak bola, karena di tahun 2018 ini akan diadakan event terbesar dari dunia sepak bola yaitu piala dunia. Dimana piala dunia hanya diadakan 4 tahun sekali yang tentunya hal ini tidak akan dilewatkan oleh para penikmat sepak bola di seluruh dunia. 

Kali ini negara Rusia mendapat kehormatan besar untuk menjadi tuan rumah di event terakbar ini. Tidak adanya tim besar seperti Italia, Belanda dan Chile tidak mengurangi antusiame masyarakat terhadap pagelaran piala dunia 2018 ini. 32 tim peserta piala dunia sudah terpilih dan sudah terbagi ke dalam 8 grup yang kini siap menampilkan yang terbaik bagi negaranya masing-masing.

Salah satu tim "kuda hitam" yang mungkin menjadi kejutan di piala dunia kali ini adalah tim nasional Belgia. Mungkin secara sejarah Belgia bukanlah kekuatan utama di dunia sepak bola terlebih di event sebesar piala dunia, tidak seperti Brazil, Jerman, Argentina, dan bahkan Italia yang walaupun tidak lolos piala dunia 2018 tetap saja diakui orang bahwa Italia merupakan salah satu tim yang memiliki DNA juara. 

Hanya saja dalam piala dunia kali ini Italia tidak ikut berpartisipasi karena gagal lolos penyisihan setelah dikalahkan oleh Swedia. Belgia sendiri memang belum pernah merasakan menjadi juara dunia, untuk itu Belgia perlu membuktikan diri bahwa saat ini Belgia tidak salah menjadi salah satu favorit untuk menjadi juara dunia. Jika dilihat dari skuad Belgia di piala dunia 2018 ini memang Belgia sedang memasuki masa keemasannya.

Karena banyak sekali pemain bintang di skuad Belgia yang mana kali ini pasukan yang dinahkodai oleh Roberto Martinez ini dipimpin oleh seorang Eden Hazard yang notabene adalah pemain andalan di salah satu klub besar liga Inggris yaitu Chelsea. Belgia sendiri tergabung dalam grup G bersama dengan Inggris, Panama dan Tunisia.

Praktis hanya Inggris tampaknya di fase grup yang mungkin akan menyulitkan Belgia. Walaupun kita tidak bisa meremehkan Panama dan Tunisia, karena sepak bola selalu menghadirkan kejutan yang tidak bisa diprediksi. Belgia tetap harus berhati-hati dan tetap memberikan penampilan maksimal di tiap pertandingannya agar tidak kecolongan.

Sumber : bolarusia.kompas.com
Sumber : bolarusia.kompas.com
Belgia dan Skuad Piala Dunia 2018

Tidak adanya Radja Nainggolan di skuad yang dibawa oleh Roberto Martinez tidak serta merta mengurangi kekuatan Belgia. Karena di tim Belgia sendiri sudah dipenuhi banyak pemain bintang, sebut saja pemain andalan Chelsea Eden Hazard, motor penyerangan Manchester City Kevin De Bruyne, Penyerang andalan Manchester United Romelu Lukaku, Bek andalan Tottenham Hotspur Jan Vertonghen, serta kiper utama Chelsea Thibaut Courtois. 

Tampaknya di masing-masing lini sudah terdapat pemain-pemain yang memang sudah menjadi andalan di klubnya masing-masing. Skuad lengkap Belgia sendiri dapat dilihat di bawah ini :

Kiper

1 - Thibaut Courtois (Chelsea)

12 - Simon Mignolet (Liverpool)

13 - Koen Casteels (Wolfsburg)

Bek

2 - Toby Alderweireld (Tottenham)

3 - Thomas Vermaelen (Barcelona)

4 - Vincent Kompany (Manchester City)

5 - Jan Vertonghen (Tottenham)

15 - Thomas Meunier (PSG)

20 - Dedryck Boyata (Celtic)

Gelandang

6 - Axel Witsel (Tianjin Quanjian)

7 - Kevin De Bruyne (Manchester City)

8 - Marouane Fellaini (Manchester United)

11 - Yannick Carrasco (Dalian Yifang)

16 - Thorgan Hazard (M'Gladbach)

17 - Youri Tielemans (AS Monaco)

18 - Adnan Januzaj (Sociedad)

19 - Mousa Dembele (Tottenham)

22 - Nacer Chadli (West Brom)

23 - Leander Dendocker (Anderlecht)

Penyerang

9 - Romelu Lukaku (Manchester United)

10 - Eden Hazard (Chelsea)

14 - Dries Mertens (Napoli)

21 - Michy Batshuayi (Dortmund)

Pelatih : Roberto Martinez (Spanyol)

Sumber : bolarusia.kompas.com
Sumber : bolarusia.kompas.com

Melihat skuad Belgia di piala dunia 2018 kali ini, pasti publik Belgia menaruh harapan besar kepada pasukan Roberto Martinez untuk membuktikan diri bahwa Belgia bukan hanya sekedar tim besar yang menjadi penggembira, tetapi sebuah tim yang solid yang mampu membuktikan diri dengan sebuah gelar, dalam hal ini gelar piala dunia. 

Hal ini sudah dibuktikan oleh tim nasional Spanyol yang juga memasuki masa keemasan dan mereka membuktikan diri dengan gelar piala dunia 2010 dan piala Eropa 2012. Bukan tidak mungkin tim nasional Belgia akan mengikuti langkah tim nasional Spanyol yang dapat membuktikan diri menjadi juara dunia. Memang bukan hal yang mudah mengingat masih banyak tim-tim yang lebih difavoritkan ketimbang Belgia seperti juara bertahan Jerman, Brazil, Perancis, Argentina dan Spanyol. 

Dan juga jangan melupakan tim-tim yang mungkin akan melebihi ekspektasi dan siap menghadirkan kejutan seperti Uruguay, Portugal, Kolombia dan Inggris. Maka Belgia sebagai salah satu unggulan dan favorit juara harus membuktikan bahwa orang lain tidak salah menilai mereka dan tidak salah juga bahwa Belgia dipercaya banyak orang untuk dapat memenangkan piala dunia 2018.

Beban berat berada di pundak Eden Hazard karena harus memimpin rekan-rekannya untuk membuktikan diri mereka di piala dunia 2018 ini. Eden Hazard sendiri bisa dipastikan akan menjadi pemain inti yang pasti diturunkan oleh Roberto Martinez dalam startinglineup. Bukan hanya karena Ia sebagai kapten tim, tetapi juga karena kemampuan individunya yang sangat baik. Begitu pula dengan Kevin De Bruyne yang sudah membantu klubnya Manchester City meraih 2 gelar Juara Liga Inggris dan juga piala liga Inggris. 

De Bruyne yang di Manchester City menjadi motor serangan yang memiliki skill diatas rata-rata, juga hampir pasti dimainkan menjadi startinglineup oleh Martinez. Hazard dan De Bruyne akan bergantian menjadi motor serangan timnya menopang Romelu Lukaku yang hampir pasti mengisi lini depan, yang mungkin bergantian dengan Michy Batshuayi yang juga tidak kalah luar biasanya dari Lukaku. Ada pula nama Dries Mertens dan Axel Witsel yang juga patut diwaspadai. 

Di lini belakang sendiri ada duet bek Tottenham Hostpur Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld dimana kedua bek tangguh ini merupakan dua bek berpengalaman dan juga memiliki skill yang baik yang dapat menjaga lini belakang Belgia sehingga menjadi sulit ditembus oleh lawan, ditambah dengan Vincent Kompany sang kapten Manchester City yang juga merupakan salah seorang bek yang sangat disegani oleh lawannya serta bek PSG Meunier yang tak kalah hebat. Dan di posisi penjaga gawang tidak perlu diragukan lagi ada kiper utama Chelsea, yakni Thibaut Courtois. 

Courtois sendiri memiliki kemampuan yang baik yang dimana di klubnya Chelsea Ia menjadi kiper utama dan bahkan menyingkirkan Petr Cech yang kini sudah hijrah ke Arsenal. Lalu nama lain seperti Dembele, Fellaini, Carrasco, Tielemans serta adik dari Eden Hazard yakni Thorgan Hazard juga merupakan pemain yang tampil baik di klubnya dan memiliki kemampuan yang baik pula yang menjadikan Belgia sebagai tim yang solid. Tampaknya tidak ada masalah melihat skuad Belgia kali ini dan dapat dipastikan Belgia menjadi salah satu kandidat kuat menjadi juara piala dunia 2018.

Indonesia dan Piala Dunia

Indonesia sendiri memang tidak menjadi peserta piala dunia 2018, akan tetapi antusiasme masyarakat Indonesia akan piala dunia 2018 ini sangat besar karena memang Indonesia merupakan salah satu negara yang penggemar sepak bolanya sangat banyak. 

Mungkin sudah banyak diantara kita atau bahkan kita sendiri telah mempersiapkan rencana menonton piala dunia bersama teman, pasangan ataupun keluarga.

 Bahkan mungkin ada juga yang menyempatkan diri untuk pergi ke Rusia untuk menonton langsung piala dunia 2018. Menonton dimanapun baik lewat layar televisi maupun melihat langsung ke Rusia serta menonton dengan siapapun baik itu sendiri, bersama teman atau pacar ataupun keluarga akan menjadi tidak lengkap rasanya jika tidak dengan senjata-senjata berupa makanan, snack dan minuman. Dan yang paling penting untuk kenikmatan maksimal "jangan nonton bola tanpa Kacang Garuda."

Sumber : www.garudafood.com
Sumber : www.garudafood.com

Siapapun yang pada akhirnya nanti menjadi juara piala dunia 2018 saya ucapkan selamat dan mari sebagai penggemar sepak bola, kita mendoakan agar piala dunia 2018 ini dapat berjalan dengan baik, aman, tertib dan menghibur.