Mohon tunggu...
Yosia Yamaguchi Kristiono
Yosia Yamaguchi Kristiono Mohon Tunggu... Mahasiswa - Design Students

Design Students

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Kursi Kerja yang Pas dan Ergonomis

26 September 2021   17:34 Diperbarui: 26 September 2021   18:25 41 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kursi Kerja yang Pas dan Ergonomis
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Teman-teman punya kursi untuk kerja tapi tetap pegal-pegal? Coba perhatikan, apakah kursi teman-teman sudah sesuai standar ergonomi dan sesuai dengan postur tubuh kalian, atau tidak?

Ada berbagai jenis kursi kerja yang biasa digunakan oleh orang-orang. Dari yang tidak proper hingga sangat nyaman digunakan. Namun, masih ada juga orang yang menggunakan kursi lain untuk bekerja. 

Bahkan, ada yang menggunakan stool sebagai kursi kerjanya. Teman-teman harus perhatikan apakah kursi yang kalian gunakan sudah sesuai dengan standar apa belum. Mengapa harus diperhatikan? Karena akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan kalian.

Tinggi Kursi

Buat teman-teman yang merasa diri kalian pendek, carilah kursi kerja dengan ketinggian 41 cm. Sehingga kaki teman-teman tidak menggantung dan telapak kaki kalian rata menapak di lantai. 

Untuk teman-teman yang "tinggi", akan lebih mudah mencari tinggi kursi yang tepat. Standar tinggi kursi kerja adalah 41 hingga 45 cm. 

Jika teman-teman memiliki modal yang cukup, teman-teman dapat membeli kursi kerja yang tingginya adjustable. Sehingga teman-teman dapat menyesuaikan dengan tinggi badan kalian.

Roda

Roda juga memiliki peran penting pada kursi kerja. Roda akan sangat membantu bagi kalian yang memiliki mobilitas tinggi atau sering berpindah-pindah di area kerja. Jaid, teman-teman tidak perlu berdiri untuk mengambil barang yang masih berada di area kerja, bahkan di ruangan yang kalian gunakan.

Sandaran

Untuk bagian sandaran, teman-teman juga harus perhatikan apakah lebarnya sudah cukup apa belum. Standarnya adalah selebar 30 hingga 48 cm. jika lebar sandaran tidak tepat, akan mempengaruhi kesehatan punggung kalian. Jika lebar sandaran terlalu sempit, punggung akan sakit dan cepat pegal.

Lebar

Bagaimana dengan lebar dudukan pada kursi? Standarnya adalah 43-51 cm. Lebar kursi harus disesuaikan dengan pantat kalian. Jika terlalu sempit maka akan membuat perederan darah kurang lancar karena terhimpit saat duduk bekerja. Dan, bantalnya juga harus empuk. Kalau tidak, akan beresiko terkena ambeien.

Terus, apa aja dampak buruk jika kita tidak menggunakan kursi kerja yang tepat? Jika kaki menggantung akan membuat kaki kita kesemutan. Selain itu dapat membuat kita mudah pegal-pegal di punggung. Dalam jangka panjang akan membuat postur tubuh kita jadi kurang tepat.

Untuk membantu teman-teman, ini ada tabel tinggi kursi yang cocok sesuai dengan tinggi badan kalian

Mohon tunggu...
Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan