Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

K-Rewards dan Bahaya Laten "Oversharing"

11 Juni 2024   20:17 Diperbarui: 11 Juni 2024   21:03 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di Kompasiana, ada begitu banyak hal yang bisa didapat. Mulai dari pengalaman, relasi, sampai cuan. Bagi yang cukup beruntung, ber-Kompasiana (dengan berbagai turunsnnya) bisa menjadi satu sumber pemasukan yang cukup menarik.

Kebetulan, Kompasiana punya beragam program, termasuk K-Rewards yang sejauh ini rutin diadakan. Terlepas dari plus-minus yang ada, program semacam ini patut diapresiasi, karena menjadi satu sarana, yang pada titik tertentu bisa menjadi motivasi positif untuk rajin menulis.

Tapi, K-Rewards juga menghadirkan satu titik rawan, ketika peraih hadiah terbanyak mendapat angka bernominal jauh diatas yang lain. Fenomena semacam ini sudah pernah terjadi, setidaknya dalam dua kesempatan.

Sebelumnya, Kompasiana sudah pernah kecolongan ketika ada oknum Kompasianer yang mampu mengakali optimasi konten di mesin pencari (SEO) sehingga mendapat hadiah K-Rewards dengan nominal luar biasa besar, jika dibanding Kompasianer lain.

Momen kurang mengenakkan ini pun menjadi pengalaman berharga buat Kompasiana dan Kompasianer secara umum, karena masih ada sinergi yang cukup bagus.


Dalam artian, Kompasiana tidak menutup telinga pada masukan Kompasianer, khususnya jika masukan itu bersifat membangun, dan Kompasianer juga leluasa memberi masukan, tanpa perlu takut kena semprit.

Berkat sinergi ini juga, penanganan kasus terkait "pelanggaran" seputar K-Rewards semakin mulus. Terbukti, ada kasus yang baru jadi pembicaraan Kompasianer, justru setelah selesai ditindak pengelola Kompasiana.

Jelas, ada kemajuan yang terlihat di sini, apalagi setelah Kompasiana memperbarui ketentuan soal K-Rewards. Dengan harapan, "fair play" bisa tetap dijaga.

Masalahnya, ketika "ketimpangan" itu kembali muncul, pihak pengelola Kompasiana seharusnya bisa melihat lagi, celah titik rawan apa yang kali ini bisa dimanfaatkan.

Untuk masalah mengakali SEO, celahnya memang sudah ditutup dengan ketentuan hanya artikel berlabel (minimal) "pilihan" yang masuk hitungan. Jadi, tidak bisa asal menulis dan dapat klik banyak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun