Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Administrasi - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Liga Inggris dan Bayang-bayang Omicron

24 Desember 2021   22:07 Diperbarui: 24 Desember 2021   22:20 90 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Liga Inggris terdampak varian Omicron (Skysports.com)

Seiring melonjaknya jumlah kasus baru virus Corona varian Omicron di Inggris, berbagai bidang ikut terimbas, salah satunya olahraga, dalam hal ini kompetisi sepak bola Liga Inggris.

Dalam rentang waktu kurang dari sebulan, merebaknya kasus baru virus Corona varian Omicron di sejumlah klub, sampai membuat sejumlah klub kelimpungan.

Liverpool dan Chelsea sama-sama kehilangan pemain kunci. Tottenham Hotspur, Watford, Leeds United, dan Manchester United harus menunda pertandingan di liga, seiring penutupan sementara kamp latihan klub (untuk sterilisasi) akibat banyak pemain yang terinfeksi virus Corona varian Omicron.

Akibatnya, dalam dua pekan pertandingan terakhir, ada sembilan dari total 20 pertandingan yang harus ditunda. Daftar ini dipastikan akan bertambah, setelah dua pertandingan "Boxing Day" antara Liverpool vs Leeds United dan Wolverhampton Wanderers vs Watford harus ditunda.

Lebih lanjut, masalah infeksi virus Corona varian Omicron juga terancam membuat pertandingan antara Leeds United vs Aston Villa juga ditunda. Penyebabnya, kamp latihan The Whites masih harus ditutup dan disterilkan dari penyebaran virus.

Jika berkaca pada pengalaman di musim 2019/2020, sepertinya kita akan bersiap melihat jadwal bertanding sangat padat, dari kompetisi Liga Inggris. Jika situasi bisa cepat terkendali, jadwal kompetisi masih bisa selesai di akhir bulan Mei, atau paling lambat awal Juni.

Tapi, andai gelombang virus kali ini tidak cepat berlalu, kita akan bersiap melihat jeda musim panas yang pendek, akibat banyaknya laga tunda yang harus dimainkan.

Lebih jauh, andai keadaan sampai memaksa pertandingan digelar tanpa penonton, ini akan membuat pertandingan terasa hambar. Setelah sebelumnya stadion sepi tanpa penonton, situasi kurang mengenakkan itu bisa terjadi lagi. 

Skenario paling pahit, kompetisi musim ini bisa dibatalkan, jika situasi benar-benar sudah tidak kondusif. Di Eropa, situasi ini sempat terjadi di Eredivisie Belanda musim 2019/2020. Akibatnya, tak ada juara, promosi atau degradasi.

Meski kurang mengenakkan, situasi ini jelas sulit dihindari. Virus yang terus bermutasi membuat kewaspadaan harus tetap tinggi. Taat prokes dan vaksinasi dosis lengkap menjadi sangat penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan