Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

(Koteka6Tahun): Sebuah Cerita

30 Juli 2021   17:52 Diperbarui: 30 Juli 2021   23:01 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. KOTEKA Kompasiana

Sejak aktif menulis di Kompasiana pada akhir tahun 2016, saya bukan tipe Kompasianer yang benar-benar aktif berkomunitas. Maklum, kerja serabutan sambil rutin menulis masih menjadi fokus.

Kalaupun ada kerjasama, itu sempat dilakukan pada tahun 2018, bersama beberapa Kompasianer senior, yang sama-sama sering membuat artikel olahraga. Waktu itu, kami membuat blog patungan, tapi saya memutuskan tak lanjut terlibat, karena ada kesempatan kerja di Jakarta pada awal tahun 2019.

Sibuknya rutinitas kerja dan kerepotan karena jadi anak kost di Jakarta, sempat membuat saya keteteran. Apa boleh buat, intensitas menulis pun lumayan banyak berkurang, meski sebenarnya tak berhenti sama sekali, karena menulis adalah satu terapi stress yang ampuh dan hemat biaya.

Pertemuan saya dengan kelompok komunitas di Kompasiana baru dimulai, sejak syukuran Ulang Tahun Kompasiana ke 11 di Museum Bank Indonesia Jakarta, dan Kompasianival 2019 di bilangan Fatmawati Jakarta Selatan.

Saat itulah saya baru mulai berkenalan dengan kelompok komunitas di Kompasiana, dan bertemu langsung dengan sejumlah Kompasianer senior. Ternyata, ada banyak komunitas daerah dan hobi di sini.

Hanya saja, saya baru mulai aktif berkomunitas, sejak awal tahun 2021, atau tak lama setelah kembali ke Yogyakarta. Salah satu komunitas yang  sesekali saya ikuti adalah KOTEKA, alias Komunitas Traveler Kompasiana.

Komunitas satu ini cukup menarik perhatian, karena mereka rutin mengadakan diskusi daring tiap pekan. Saat diikuti, suasananya cukup menyenangkan, bahkan saya sempat mendapat kejutan berupa hadiah "give away".

Diskusi daring KOTEKA biasa menghadirkan obrolan ringan dan topik menarik yang cukup oke untuk ditulis. Misalnya, soal tulisan dan gambar di belakang truk, dengan wujud sangat beragam.

Ternyata, ini merupakan wujud ekspresi pemiliknya, lengkap dengan berbagai dinamika di dalamnya. Selengkapnya, saya tulis di sini.

Di lain kesempatan, KOTEKA juga sempat mengadakan "piknik virtual" ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Buenos Aires (Argentina) dan Havana (Kuba).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun