Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengintip Progres PSS Sleman

8 April 2021   14:45 Diperbarui: 8 April 2021   14:47 31 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengintip Progres PSS Sleman
Eksekusi penalti Irfan Bachdim ke gawang Persebaya (Kompas.com)

Berakhirnya fase grup Piala Menpora 2021 menyisakan kejutan. Salah satunya, PSS Sleman lolos ke babak perempat final sebagai juara grup C, didampingi Persebaya Surabaya sebagai runner-up grup.

Meski punya poin sama (7) dan unggul produktivitas gol, Tim Bajul Ijo kalah dalam catatan head to head, karena kalah 0-1 atas Laskar Sembada di partai pamungkas, Rabu (7/4). Gol penalti Irfan Bachdim memastikan PSS lolos bersama Persebaya, dan akan menghadapi Bali United di perempat final.

Disebut kejutan, karena sebelum ini, performa tim asuhan Dejan Antonic banyak dikritik suporter di dunia maya. Bahkan, ada juga yang memunculkan tagar #DejanOut.

Penyebabnya, performa Kim Jeffrey Kurniawan dkk dianggap kurang meyakinkan, dan bermain terlalu pragmatis. Ini membuat suporter mendesak pelatih asal Serbia itu diganti dengan Seto Nurdiantoro, yang dianggap punya gaya main lebih enak dilihat.

Memang, progres tim Super Elang Jawa terlihat lambat. Pelan tapi pasti, mereka mulai bisa menaikkan grafik performa.

Di laga perdana, mereka kalah 1-2 dari Madura United, disusul hasil imbang tanpa gol melawan Persela Lamongan. Tapi, kemenangan 1-0 atas Persik Kediri dan Persebaya Surabaya memastikan kemajuan tersebut.

Jika melihat situasinya, ini adalah satu prestasi tersendiri. Maklum, tim sudah vakum selama setahun terakhir akibat imbas pandemi, dan hanya punya waktu dua minggu untuk persiapan sebelum turnamen.

Dari segi materi pemain, ada sejumlah pemain baru yang datang. Antara lain, Kim Jeffrey Kurniawan dan Fabiano Beltrame yang sempat membela Persib Bandung, plus dua eks pemain Persebaya Surabaya, yakni kiper Miswar Saputra, dan pemain sayap gesit Irfan Jaya.

Keempatnya sama-sama sudah berpengalaman di Liga Indonesia, dengan dua nama pertama merupakan pemain naturalisasi. Sebelumnya, Laskar Sembada sudah punya Irfan Bachdim, pemain naturalisasi yang juga saudara ipar Kim Jeffrey Kurniawan.

Dari slot pemain asing, tim kesayangan Slemania ini mendatangkan Aaron Evans (Australia), Mario Maslac (Serbia), dan Nicolas Velez (Argentina). Dari ketiganya, hanya Evans yang pernah bermain di Indonesia.

Jadi, terbayang serumit apa pekerjaan Dejan Antonic untuk menyatukan tim baru ini. Apalagi, ketiga pemain asing PSS diketahui baru mulai berlatih bersama tim di awal turnamen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN