Yose Revela
Yose Revela Penulis Lepas

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

MU vs Liverpool, Satu Laga, Tiga Kepentingan

9 Maret 2018   02:23 Diperbarui: 9 Maret 2018   02:22 1029 3 4
MU vs Liverpool, Satu Laga, Tiga Kepentingan
ilustrasi: cnnindonesia.com

Pada Sabtu, (10/3, GMT), akan berlangsung laga "big match", antara Manchester United (MU) Vs Liverpool di Stadion Old Trafford. Seperti biasa, laga sarat gengsi bertajuk "Northwest Derby" ini cukup menarik perhatian. Maklum, laga ini mempertemukan dua klub tersukses di Inggris, dengan jumlah suporter fanatik terbanyak.

Meski kemungkinan hasil akhirnya hanya imbang, atau, salah satu dari MU atau Liverpool yang menang, suasana laga ini selalu riuh, mulai dari sebelum, saat, dan sesudah laga. Bahkan, tak hanya riuh di lapangan, keriuhan itu juga terjadi di luar lapangan, termasuk di depan layar televisi dan dunia maya.

Tapi, pada pertemuan kedua tim kali ini, ketiga kemungkinan hasil akhir itu, tak hanya berbicara soal probabilitas hasil, dan gengsi antartim, tapi juga menyangkut kepentingan terkait posisi tim di klasemen sementara Liga Inggris. Uniknya, meski hanya mempertemukan dua tim, ternyata, ada tiga tim, yang sama-sama berkepentingan di laga ini. Ketiga tim itu adalah MU, Liverpool, dan Manchester City.

Kepentingan ketiga tim, terkait hasil akhir  laga ini tercermin jelas, dari probabilitas hasil akhir laga (salah satu tim menang atau imbang). MU dan Manchunian sama-sama meyakini, United yang menang, begitu juga dengan Liverpool dan Kopites, yang kompak menjagokan Si Merah. Sementara itu, Manchester City dan para fansnya kompak mengharapkan laga ini berakhir dengan skor imbang.

Bagi United, kemenangan adalah target utama, supaya mereka bisa setidaknya menunda pesta juara Manchester City. Karena, jika sampai gagal menang, jarak United (posisi 2, nilai 62) dengan City (posisi 1, nilai 78), akan makin lebar. Bagi Liverpool (posisi 3, nilai 60), kemenangan adalah target utama, guna mengamankan posisi di papan atas klasemen. Karena, jika gagal menang, ada Tottenham Hotspur (58, posisi 4) yang siap mengkudeta posisi Liverpool. Persaingan di zona 4 besar akan makin ketat, jika Chelsea (posisi 5, nilai 53) berhasil menang akhir pekan ini.

Sementara itu, bagi Manchester City dan fansnya, hasil imbang adalah hasil yang sangat diharapkan. Karena, jika City mampu menang di akhir pekan ini, jarak mereka dengan United akan melebar menjadi 18 poin. Otomatis, tim asuhan Pep Guardiola ini akan makin dekat, dengan gelar juara liga Inggris musim 2017/2018.

Terlepas dari segala kemungkinan, dan kepentingan yang ada, duel "Northwest Derby" tetap menarik untuk disimak. Karena, laga ini mempertemukan dua tim klasik liga Inggris, yang sama-sama diasuh pelatih jempolan (Jose Mourinho dan Juergen Klopp), dan sama-sama sedang dalam performa cukup bagus dalam beberapa laga terakhir. Menariknya, laga ini juga mempertemukan tim jago kandang (MU), dan tim yang cukup tangguh di laga "big match" (Liverpool). Jadi, bisa dipastikan, laga ini akan berlangsung cukup ketat sejak kick-off.

Tim manakah yang akan tersenyum di akhir laga?