Yosephin HPsb
Yosephin HPsb

Mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan Konsentrasi Jurnalistik & Industri Media di Unika Soegijapranata Semarang.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Delapan Makanan Ini Menekan Risiko Kanker Payudara

12 Maret 2018   10:40 Diperbarui: 12 Maret 2018   10:47 415 1 0
Delapan Makanan Ini Menekan Risiko Kanker Payudara
Foto: www.Alodokter.com

Penyakit kanker sangat sering mewabah di masyarakat. Contohnya seperti Kanker payudara yang sering mewabah dalam diri wanita. Kanker ini merupakan tumor ganas yang berasal dari sel kanker di payudara. Penyakit mematikan ini juga dapat terjadi pada kaum pria. Umumnya penyakit ini dideteksi berasal dari gaya hidup yang kurang sehat dan faktor gen atau keturunan.

Seorang profesor di School of Medicine University of California, Cheryl L. Rock mengungkapkan seseorang dapat mengurangi kemungkinan kanker hingga dua pertiga melalui nutrisi dan manajemen berat badan yang baik. Ahli diet American Institute for Cancer Research mengatakan 38% penyakit kanker payudara bisa dihindari dengan cara mengonsumsi makanan sehat.

Nutrisi yang sehat dan seimbang sepertinya tidak hanya didapat dari makanan mahal. Di sekitar kita banyak makanan yang tepat dan tidak terlalu mahal untuk mendukung kesehatan Anda. Demi meraih masa depan yang cerah, Anda harus memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Berikut ini ada beberapa makanan yang dapat membantu Anda untuk mencegah risiko Kanker Payudara ini.

Kacang-Kacangan

Foto: www.soyjoy.id
Foto: www.soyjoy.id

Kacang menyimpan banyak serat yang berfungsi mencegah risiko kanker payudara. Mengonsumsi 10 gram serat dari kacang setiap hari dapat menekan risiko kanker hingga 7 persen. Kacang lentil misalnya. Kacang ini memiliki kandungan isoflavon yang tinggi yang dapat menghambat pertumbuhan janis kanker termasuk kanker payudara. Selain kacang ini, makanan lainnya adalah kacang kenari, kacang polong, kurma dan buah raspberry.

Bawang Putih

foto:www.vemale.com
foto:www.vemale.com

Nah, bahan dasar masakan ini memang sangat terkenal. Saya sendiri suka memakan bawang putih karena yakin dengan khasiat kesehatan di dalamnya. Kandungan phytochemical dalam bawang ini berguna untuk melindungi diri Anda dari sel tumor yang dapat tumbuh menjadi kanker.

Brokoli

Foto: www.nationalgeographic.co.id
Foto: www.nationalgeographic.co.id
Sayuran hijau yang tinggi Vitamin C ini sangat dipercaya dapat mengurangi racun dalam tubuh kita. Selain itu, kandungan sulforaphanenya juga dapat menekan jumlah sel induk kanker payudara. Agar tidak kehilangan nutrisi penting brokoli, Anda cukup mengolahnya dengan direbus atau ditumis sebentar.

Salmon

Foto: www.cooking.nytimes.com
Foto: www.cooking.nytimes.com

Ikan yang kaya akan omega 3 ini ternyata juga berkhasiat untuk mencegah kanker. Kandungan omega-3 yang memiliki asalm lemak yang bagus ini sangat baik untuk mengurangi peradangan atau karsinoma duktal yang memicu hadirnya kanker payudara.

Minyak Zaitun

Foto: www.porosbumi.com
Foto: www.porosbumi.com

Ekstrak zaitun mengandung banyak zat bermanfaat bagi kesehatan kita. Diantaranya adalah antioksidan, flavonoid, polifenol dan squalene yang dapat mengurangi zat kanker pada tubuh. Selain itu, zaitun juga menyimpan asam oleat yang dapat mematikan sel kanker yang berasal dari lemak jenuh pada makanan tidak sehat.

Daun Seledri

Foto: www.manfaatsehatnya.com
Foto: www.manfaatsehatnya.com

Tentu sayuran yang satu ini sering ditambahkan ke dalam masakan Anda bukan? Ayah saya ketika memasak sup dan nasi goreng selalu memasukkan daun ini ke dalam masakannya. Ternyata, kandungan Apigenin dan Luteolin dalam seledri berguna sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Untuk itu, sering-seringlah menambahklan daun seledri ke dalam masakan Anda sehari-hari.

Plum dan Persik

Dilansir dari CNNIndonesia, kedua buah ini memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Zat antioksidan ini dapat membunuh sel kanker payudara dan mempertahankan keutuhan sel sehat dalam tubuh.

Vitamin D

Cancer Cause and Control menyatakan wanita yang mengonsumsi vitamin D setiap hari akan terhindar dari risiko kanker payudara hingga 50%. Semakin tinggi Anda mengonsumsi vitamin D, maka kecil kemungkinan terkena risiko penyakit kanker payudara. Vitamin D ini bisa didapat dari susu, sereal, ikan tuna dan udang.

Tidak susah bukan untuk ditemukan? Maka dari itu, bentuk kesehatan masa depan Anda dari sekarang dengan tindakan kecil. Kesadaran untuk hidup sehat dapat mempengaruhi keturunan Anda selanjutnya.

Semoga bermanfaat.