Mohon tunggu...
Yosef MLHello
Yosef MLHello Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Bapak Keluarga yang setia. Tinggal di Atambua, perbatasan RI-RDTL

Menulis adalah upaya untuk meninggalkan jejak. Tanpa menulis kita kehilangan jejak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Seragam Sekolah Mengungkapkan Identitas Suatu Sekolah

22 April 2024   06:42 Diperbarui: 22 April 2024   06:49 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi aturan seragam sekolah/detikcom

Setiap kali menjelang Tahun Ajaran Baru dalam pendidikan, salah satu hal yang selalu menjadi pokok diskusi dan sekaligus menjadi perhatian para orang tua yang putera dan puterinya akan masuk sekolah adalah perihal seragam. 

Seragam sekolah menunjukkan identitas sekolah yang akan dimasuki. Namun sering menjadi keluhan para orang tua mengenai biaya yang harus disiapkan khusus untuk itu.

Seragam Sekolah Arti dan Tujuannya

Topik pilihan yang diangkat oleh Kompasiana menjelang memasuki tahun ajaran baru merupakan sesuatu yang menarik, sebab biasanya yang menjadi hal pertama dipikirkan para orang tua adalah macam, warna dan jumlah seragam sekolah yang harus disiapkan bagi putera atau puterinya.

Kata seragam itu sendiri berarti sama ragam yaitu corak, bentuk, dan susunan, misalnya pakaian seragam. Pakaian seragam itu adalah seperangkat pakaian yang biasanya dikenakan secara bersamaan, baik modelnya, motifnya maupun jenisnya, dan dikenakan oleh anggota suatu instansi atau organisasi dalam berpartisipasi pada instansi atau organisasi tersebut (wikipedia.com).

Menurut Daniel Dhakidae, seragam sekolah adalah pakaian yang digunakan pada saat belajar di sekolah, yang disaturagamkan, yang diatur bentuk/model, warna, tambahan atribut dan cara penggunaannya.

Maka seragam sekolah adalah seragam yang digunakan sebagai identitas siswa-siswi di sebuah lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta.

Pada umumnya setiap negara mempunyai ketentuannya masing-masing mengenai seragam sekolah bagi siswa dan siswinya, khususnya pada siswa-siswi pendidikan dasar dan menengah.

Secara positif, seragam sekolah bertujuan sangat luhur dan mulia. Menurut Howlette, seragam sekolah sebenarnya mau mengajarkan kepada para siswa untuk berpakaian rapi dan bangga dengan penampilan mereka. 

Dengan mengenakan seragam sekolah sebenarnya juga bertujuan untuk membantu siswa mempersiapkan diri ketika mereka akan meninggalkan sekolah, dan mungkin harus berpakaian rapi atau mengenakan seragam di jenjang pendidikan berikutnya. 

Jadi seragam sekolah juga sebenarnya mau menunjukkan jenjang pendidikan yang telah ditinggalkan,  dan jenjang yang akan dimasukinya lagi.

Sejarah Seragam Sekolah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun