Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Rencana Perubahan Seragam Sekolah?

10 Juni 2024   03:56 Diperbarui: 10 Juni 2024   04:28 235
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi:https://www.kompas.com.

Bermanfaat atau Sebaliknya?

Konon ada rencana Perubahan Seragam Sekolah. Sebagai seorang mantan guru selama belasan tahun dan sekaligus sebagai orang tua,saya merasa termotivasi untuk ikut berbagi opini.

Seperti biasanya, setiap kali ada Perubahan pasti akan ada pro dan kontra.

Bagi orang tua yang ekonomi sudah mapan tentu saja tidak ada masalah sama sekali. Malahan senang tengok anak anak nya pakai seragam sekolah yang baru.

Mau gonta ganti pakaian seragam sekolah setiap bulan juga tidak ada masalah bagi yang orang tua nya sudah hidup berkecukupan.
Tetapi jangan lupa bahwa masih banyak orang tua yang harus kerja keras siang malam demi anak anak tetap dapat sekolah. Termasuk kami tempo dulu. Jangankan ganti pakaian seragam sekolah, untuk bayar uang sekolah saja harus kerja keras.

Cobalah Kita berempati . Merasakan bagaimana seandainya diri kita dalam kondisi ekonomi seperti mereka yang hidupnya morat marit? Sebagai orang yang sudah pernah merasakan hidup melarat selama bertahun tahun, saya dapat merasakan betapa beratnya beban yang harus ditanggung, bila rencana Perubahan Seragam Sekolah jadi diwajibkan.

Apa salahnya pakaian seragam sekolah yang sudah ada? Akan lebih baik karena karena seragam yang terdahulu, dipakai kakak boleh dipakai adiknya.Jadi tidak perlu biaya beli yang baru lagi buat adiknya.

Bila seragam diganti,bagaimana dengan pakaian yang sudah ada,? mau dikemanakan ?  Harus membeli yang baru,sedangkan dana untuk itu belum tersedia. 

Oleh karena itu apakah tidak sebaiknya kita fokus dengan pendidikan anak dari pada gonta gantinya seragam.Bagi yang mampu memang senang dengan seragam baru.Tapi bagi yang tidak mampu merupakan suatu masalah bagi mereka.

Kalau hanya sebatas untuk tampil bergaya dengan pakaian seragam sekolah yang baru, rasanya terlalu besar pengorbanan bagi para orang tua yang kurang mampu 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun