Mohon tunggu...
Yonathan Tanuwidjaja
Yonathan Tanuwidjaja Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Siber Asia

Yonathan _ Mahasiswa Universitas Siber Asia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

The Next Level - PPKM

28 Juli 2021   01:30 Diperbarui: 28 Juli 2021   01:35 73 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
The Next Level - PPKM
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

24 Juli

Kesigapan Polri berbuah manis yang mana mereka bergerak sebelum tanggal 24 Juli 2021, dimana pada tanggal tersebut ada isu yang mengatakan bahwa akan terjadi demo yang menolak perpanjangan PPKM darurat yang mengarah pada makar dengan mencoba menurunkan pemerintahan yang sah. Pelaku penyebar isu tersebut kemudian ditangkap satu-persatu. 

Beberapa orang yang mengarah ke Istana Negara dengan alasan melakukan demo pun langsung diamankan petugas karena didapati membawa senjata tajam.

Situasi disaat pandemi seperti ini memang tidak mudah bagi pemerintahan dibanyak negara, termasuk salah satunya Indonesia. Seluruh kepala pemerintahan bingung harus mendahulukan yang mana, Kesehatan duluan kah atau ekonomi? 

Ketika Kesehatan yang didahulukan, maka ekonomi akan terus menurun. Begitupun sebaliknya, bila ekonomi yang didahulukan maka akan banyak masyarakat yang terpapar pandemi yang saat ini tengah terjadi. Pandemi ini sangat besar berpengaruh terhadap perekonomian saat ini.

The Next Level

Pemerintah akhirnya memutuskan untuk menghilangkan kata "darurat" dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kata "darurat" terdengar seperti hal yang menegangkan yang tengah terjadi saat ini, baik disisi pemerintah yang menjalankan dan dari sisi masyarakat yang terdampak. 

Namun keputusan pemerintah merupakan langkah yang tepat guna mengurangi adanya ketegangan pada situasi saat ini. Keputusan ini membuat situasi menjadi lebih rileks dari pada sebelumnya.

PPKM dengan level yang saat ini sudah mulai berjalan memang sangat diperlukan karena setiap daerah memiliki masalah yang beda dan butuh penanganan yang tepat untuk mengatasinya. 

Tidak adil jika kita menyalahkan pemerintahan pusat akan masalah yang saat ini kita hadapi, karena Indonesia menganut sistem otonomi daerah. 

Patut diapresiasi bahwa pemerintahan pusat masih memperhatikan rakyat kecil disituasi seperti ini. Pemerintahan tau yang mana golongan yang paling terdampak berat dalam situasi pandemi saat ini adalah ekonomi rakyat kecil.

Banyak dari mereka yang kehilangan pekerjaan, kehilangan penghasilan dari berjualan sehari-hari, dan bila mana ini terus terjadi bisa saja menjadi boomerang yang menghantam pemerintahan itu sendiri.

Aktivitas dengan protokol kesehatan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN