Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Awardee Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Kingdom Season 2" yang Semakin Seru, Emosional, dan Penuh Misteri Baru

26 Maret 2020   16:51 Diperbarui: 27 Maret 2020   02:47 485 11 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Kingdom Season 2" yang Semakin Seru, Emosional, dan Penuh Misteri Baru
Sumber: KOMPAS.com/ credit photo: Juhan Noh (Netflix)

"Separah apapun wabahnya, akan selalu ada cara untuk mengobatinya" - Seo Bi

Potongan dialog tersebut mungkin tidak akan terasa spesial jika diucapkan tahun lalu. Namun karena muncul pada musim kedua Kingdom yang dimulai Maret ini, tentu berpengaruh cukup banyak terhadap cara kita memandang suatu musibah, terlebih di tengah pandemi covid-19 yang menghantam seluruh dunia saat ini.

Seolah menjadi pesan positif bagi kita sekaligus memberikan ketenangan di tengah gempuran berita buruk terkait pandemi tersebut. Musim kedua Kingdom pun dibuka dengan sebuah pesan yang kuat serta tema yang bisa dibilang cukup relevan dengan kondisi dunia saat ini.

Sumber: Imdb.com/ credit photo: Juhan Noh (Netflix)
Sumber: Imdb.com/ credit photo: Juhan Noh (Netflix)
Seperti diketahui, sejak musim pertama Kingdom mengudara di platform streaming Netflix tahun lalu, serial ini memang menawarkan sebuah tema cerita yang sudah tidak asing bagi banyak orang yaitu zombie outbreak.

Hanya saja jika film atau serial zombie outbreak biasanya bersetting post apocalyptic, Kingdom justru mengemasnya pada timeline alternatif era Dinasti Joseon layaknya Rampant yang dirilis tahun 2018 silam.

Namun jika Rampant yang berformat film cenderung memiliki penyelesaian cerita yang lebih cepat dan meninggalkan banyak pertanyaan yang belum terjawab terkait durasi, Kingdom justru kebalikannya.

Format serial membuat Kingdom lebih leluasa mengembangkan pondasi cerita yang tak hanya soal serangan zombie, namun juga unsur politik dan sedikit sindiran satir yang relevan dengan kondisi sosial saat ini. Membuatnya tak hanya unik secara tema, namun juga believable terkait potret sosial yang dibawanya.

Sumber: twitter @NetflixId
Sumber: twitter @NetflixId
Kingdom sejatinya memiliki tiga elemen besar yang melingkupi setiap episodenya. Yaitu tentang merebaknya wabah, perjuangan & kepemimpinan, serta yang utama adalah intrik politik yang menunggangi kemunculan wabah tersebut.

Jika pada musim pertamanya di antara kita mungkin merasa cukup bosan karena story development yang cukup lamban, maka hal tersebut tidak akan kita temui di musim keduanya.

Dengan pondasi cerita dan karakter yang telah dibangun cukup solid di musim pertamanya, maka musim keduanya pun dimaksudkan untuk memberikan konklusi atas sebab akibat yang sudah kita ketahui sebelumnya di musim pertama dengan pace yang jauh lebih cepat.

Sekadar merefresh musim pertamanya, pada episode-episode awal di musim pertama memang sekilas tidak terlihat perbedaan dengan film lainnya mengenai zombie outbreak. Kapan waktu kemunculan zombie dan apa efek sampingnya jika tergigit, tentu cukup terasa biasa saja pada awalnya.

Namun jelang akhir musim pertamanya, tentu kita dikejutkan dengan apa yang ditampilkan para zombie tersebut. Mereka tidak hanya muncul pada malam hari, namun ternyata juga muncul di siang hari seiring dengan munculnya musim dingin di negeri tersebut. Tentu kita bertanya-tanya, ada apa ini sebenarnya?

Sumber: Imdb.com/ credit photo: Juhan Noh (Netflix)
Sumber: Imdb.com/ credit photo: Juhan Noh (Netflix)
Jawaban-jawaban atas apa yang menjadi pertanyaan kita lantas dimunculkan di musim keduanya. Tumbuhan misterius yang dipercaya bisa membangkitkan orang mati lah yang lantas menjadi akar dari segala masalah yang melanda negeri tersebut.

Namun pertanyaan besar lainnya pun kembali muncul.

Seperti, siapa yang pertama kali mendapatkan informasi terkait khasiat tanaman tersebut? Atau, bagaimana cara mengobati korban yang terinfeksi, dan apa sebenarnya gunanya para mayat ini dibangkitkan kembali? Hal-hal tersebut lah yang kemudian menjadi konflik baru dalam musim keduanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x