Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Music Lover | Kompasiana Awards 2018 Nominee for Best in Specific Interest Category

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Living With Yourself", Usaha Berdamai dengan Diri Sendiri dalam Bingkai Komedi yang Menggelitik

28 Oktober 2019   06:35 Diperbarui: 29 Oktober 2019   16:28 0 7 3 Mohon Tunggu...
"Living With Yourself", Usaha Berdamai dengan Diri Sendiri dalam Bingkai Komedi yang Menggelitik
Paul Rudd dalam Living With Yourself/sumber: netflix

Ant-Man jadi dua!!

Eits, salah. Maksudnya yang berperan jadi Ant-Man di MCU jadi 2 sosok berbeda tapi sama di serial ini, heuheuheu..

Adalah Living With Yourself, serial terbaru Netflix berjumlah 8 episode yang akan saya ulas pada tulisan kali ini. Masuk ke dalam kolom trending di platform Netflix sekaligus mendapatkan rating cukup baik di rotten tomatoes, serial yang masing-masing episodenya hanya sekitar 20-30 menit ini lantas menjadi serial yang paling banyak diperbincangkan akhir-akhir ini.

Tomatometer sebesar 84% certified fresh dan audience score sebesar 88% tentu sudah sedikit memberikan gambaran bagaimana 'asiknya' serial ini untuk ditonton.

sumber: netflix
sumber: netflix
Living With Yourself bercerita tentang seorang pria bernama Miles (Paul Rudd) yang mengalami stagnasi dalam kehidupannya, baik itu dalam pekerjaannya maupun hubungannya dengan sang istri, Kate (Aisling Bea). 

Miles butuh sesuatu untuk meroketkan kembali semangatnya yang telah lama pudar, entah karena apa.

Percakapannya dengan rekan kerjanya, Dan (Desmin Borges) di suatu rapat kerja, menuntunnya pada sebuah rekomendasi tempat spa yang mampu membuat pengunjungnya segar kembali. 

Bahkan bukan hanya segar, spa eksklusif seharga 50 ribu USD tersebut bahkan mampu membuat hidup seseorang jauh lebih baik dari segala aspek. Seakan tubuh lamanya telah dibuang.

Menggunakan semua uang tabungan tanpa sepengetahuan sang istri, Miles pun akhirnya berangkat ke tempat spa tersebut. Harapan akan tubuh baru yang segar dan penuh semangat pun akhirnya muncul sepulangnya dari tempat spa tersebut. 

Miles yang sebelumnya datar, kini jauh lebih atraktif, memiliki rencana kerja yang visioner, hingga mampu melayani Kate dengan perhatian yang tak pernah dimunculkannya sebelumnya.

sumber: netflix
sumber: netflix
Konflik kemudian muncul kala Miles bertemu dengan Miles lainnya di rumah yang sama. Tersadar bahwa salah satunya adalah hasil kloning dari instalasi spa yang ternyata bukan tempat spa biasa. 

Mereka pun pada akhirnya tak hanya berusaha untuk saling menerima namun juga berusaha saling mengeliminasi satu sama lain. Semakin complicated kala masalah double diri sendiri ini juga dibarengi dengan masalah lainnya seputar kesetiaan, infertilitas dan perjalanan karir.

Lantas, bagaimana cara Miles asli dalam menghadapi si Miles kloningan ini? Rasanya, tak perlu spoiling terlalu jauh karena akan mengurangi esensi menyaksikan serial ini.

sumber: netflix
sumber: netflix
Living With Yourself pada dasarnya membawa unsur sci-fi lewat narasi kloning, di mana hal ini juga menjadi science invention yang sampai saat ini masih menimbulkan pro dan kontra terkait efek sampingnya. 

Namun jika dalam film sci-fi lainnya selalu dikaitkan dengan narasi gelap, maka dalam serial ini isu kloning dibawakan dengan komedi jenaka yang mampu mengocok perut. 

Mungkin film komedi Multiplicity di tahun 1996 bisa menjadi perbandingannya, meskipun narasinya sendiri sangat jauh berbeda dengan serial ini.

Unsur jenaka pertama tentu datang dari pusat kloning yang alih-alih digambarkan sebagai laboratorium canggih, justru hadir dalam kamuflase berbentuk layanan spa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x