Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Music Lover | Kompasiana Awards 2018 Nominee for Best in Specific Category

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Menyambut "Jagat Sinema Bumilangit" dengan Keyakinan dan Harapan Besar

19 Agustus 2019   16:36 Diperbarui: 19 Agustus 2019   21:38 0 11 4 Mohon Tunggu...
Menyambut "Jagat Sinema Bumilangit" dengan Keyakinan dan Harapan Besar
Sumber: Istimewa

Minggu tanggal 18 Agustus 2019 lalu tentu saja menjadi hari bersejarah bagi perfilman Indonesia. Pasalnya ada sebuah event besar yang sudah lama dinantikan dan pada akhirnya muncul ke permukaan. Ya, apalagi kalau bukan perkenalan akan Jagat Sinema Bumilangit atau dalam lidah bule disebut sebagai Bumilangit Cinematic Universe, yang membawa ragam superhero atau jagoan asli Indonesia ke dalam format layar lebar.

Sejak Gundala diperkenalkan pertama kali beberapa tahun lalu hingga akhirnya benar-benar mendapatkan kabar kepastian perihal penggarapannya di tahun 2018, rencana membangun semesta jagoan Indonesia memang sudah berulang kali dikumandangkan. Hanya saja rencana tersebut memang belum benar-benar terbuka ke ranah publik.

Sumber: Lipsus.kompas.com
Sumber: Lipsus.kompas.com
Bumilangit selaku pemilik hak properti intelektual atas karakter Gundala dan kawan-kawan pun baru sebatas memberikan pengetahuan seputar rencana pengembangan jagat sinema lewat video edukasi singkat yang diunggah di platform media sosial. Sementara mengenai karakter apa saja dan siapa aktor atau sutradara yang terlibat di dalamnya, lagi-lagi belum diperkenalkan.

Maka event perkenalan yang kemudian diadakan di Plaza Senayan hari Minggu tanggal 18 Agustus 2019 lalu pun sontak membuat kehebohan di sekitar venue. Bahkan kehebohan di media sosial pun jauh lebih luar biasa, dimana segala informasi sangat cepat ter-update di sana. Bahkan riuh para penggemar di sekitar venue pun nampak berpadu dengan riuhnya tanggapan di media sosial yang wara-wiri di lini masa.

Lantas, seperti apa sih proyek BCU(Bumilangit Cinematic Universe)ini ke depannya?

Deretan Jagoan dan Judul Film yang Akan Muncul

Perkenalan dengan para jagoan yang akan menghiasi semesta Bumilangit dari mulai era Jawara hingga Patriot pun akhirnya resmi diumumkan. Menghidupkan banyak karakter komik Indonesia garapan komikus legendaris semisal Hasmi, Jan Mintaragara, Ganes TH dan Wid NS ke layar lebar, tentu saja menjadi momen paling menggembirakan sekaligus mengharukan. Butuh waktu lama hingga akhirnya Indonesia bisa membuat jagat sinema jagoannya sendiri.

Deretan karakter beserta jajaran pemain pun akhirnya diumumkan. Selain Abimana sebagai Gundala, nama lain pun muncul yaitu Joe Taslim sebagai Mandala, Pevita Pearce sebagai Sri Asih, Chicco Jericho sebagai Godam, Zara JKT48 sebagai Virgo dan yang paling mengejutkan tentu saja nama Nicholas Saputra sebagai Aquanus. Selengkapnya bisa dilihat pada gambar di bawah.

Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa
Pun judul film pelengkap jagat sinema setelah Gundala juga diumumkan. Sri Asih, Godam&Tira, Mandala: Golok Setan, Si Buta dari Gua Hantu, serta Patriot, menjadi beberapa contoh judul film yang akan muncul di kemudian hari.

Belum diketahui kapan tanggal rilis masing-masing film, namun konon pihak Bumilangit Studios akan rutin merilis film-filmnya minimal 1 film dalam setahun. Sungguh menarik bukan?

Rencana Jangka Panjang yang Menjanjikan

Sumber: Grid.id
Sumber: Grid.id
Melihat materi presentasi yang dibawakan tim Bumilangit dan Screenplay Films dengan begitu solid, terang saja membuat kita yakin bahwa ini adalah rencana jangka panjang yang tidak bisa dianggap sepele. Dan hal itu pun sejatinya diamini oleh Joko Anwar, yang melalui cuitannya di Twitter menjelaskan bahwa semesta Bumilangit ini memang merupakan rencana jangka panjang yang sangat serius penggarapannya.

Memperkenalkan satu per satu tokoh jagoan asli Indonesia untuk kemudian pada satu titik digabungkan menjadi satu, tentu saja tak bisa dianggap main-main. Selain karena harus menyiapkan pondasi karakter yang kokoh, pondasi cerita yang kuat dan memungkinkan untuk dikembangkan ke berbagai "penjuru mata angin" pun sejatinya harus benar-benar dilakukan. Mengingat karakter jagoan Bumilangit sangat banyak dan berbeda latar belakang.

Rencana jangka panjang ini sendiri sejatinya cukup menjanjikan karena pilot projectnya langsung ditangani oleh sutradara Joko Anwar, yang deretan karyanya tak bisa lagi disepelekan. Dan Joko Anwar pun dikenal sebagai sutradara yang ahli menyelipkan kejutan atau easter eggs yang bisa menuntun kita pada hint terkait deretan film lainnya. Dimana hal tersebut tentu saja diperlukan untuk sebuah konsep semesta yang kokoh dan luas.

Sederhananya, coba saja lihat deretan film-filmnya Joko Anwar. Masing-masing film memiliki easter eggs yang ternyata saling berkaitan. Sehingga dari film-film tersebut kita bisa menikmati cinematic universe mini ala Joko Anwar. Brilian bukan?

Dukungan Finansial yang Cukup "Aman"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x