Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Music Lover | Kompasiana Awards 2018 Nominee for Best in Specific Category

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Tentang Cinta, Kesetiaan, dan Harapan dalam "A Dog's Journey"

9 Juli 2019   23:09 Diperbarui: 12 Juli 2019   14:49 0 15 8 Mohon Tunggu...
Tentang Cinta, Kesetiaan, dan Harapan dalam "A Dog's Journey"
Sumber: universalpictures.com

Masa tua Ethan (Dennis Quaid) awalnya nampak menyenangkan karena kini ia tak hanya menghabiskan sisa hidupnya di ladang bersama istrinya saja, Hannah (Marg Helgenberger), namun juga bersama cucunya CJ dan menantunya, Gloria (Betty Gilpin). Kehilangan putra semata wayangnya membuat Hannah dan Ethan begitu menyayangi CJ dan Gloria, meskipun Gloria tidak merasakan kasih sayang itu.

Sebuah konflik besar kemudian terjadi dan secepat kilat memisahkan Ethan dan Hannah dari Gloria dan CJ. Salah pengertian membuat Gloria pada akhirnya memilih untuk meninggalkan mereka dengan membawa serta CJ yang masih sangat kecil.

Sumber: Deadline.com
Sumber: Deadline.com
Ketika kesedihan yang menerpa Ethan dan Hannah tersebut belum berakhir, Bailey (diisi suara oleh Josh Gad), anjing Ethan yang begitu setia dan sudah berusia tua, mendadak sakit dan tubuhnya melemah. Ethan pun kemudian memiliki firasat kuat bahwa hidup Bailey tak akan lama lagi.

Beberapa saat sebelum Bailey menghembuskan nafas terakhirnya, Ethan pun membisikkan pesan ke telinga Bailey sambil berlinang air mata. Bailey diminta untuk terus menjaga CJ dan memberikannya kebahagiaan, meskipun harus melewati berbagai fase kehidupan baru.

Sumber: Thenational.ae
Sumber: Thenational.ae
Bailey pun kemudian bereinkarnasi dalam berbagai bentuk tubuh anjing lain, untuk terus menemani CJ remaja (Abby Rider Fortson) hingga CJ dewasa (Kathryn Prescott). Namun tak hanya menemani, Bailey pun pada akhirnya membuka banyak petualangan baru yang mengajarkan arti kesetiaan, cinta dan harapan dalam hidup.

Sebuah Film Ringan yang Menguras Sisi Emosional

Sumber: Variety.com
Sumber: Variety.com
Sebagai film lanjutan dari A Dog's Purpose di tahun 2017 silam, A Dog's Journey masih membawa intisari yang sama yaitu seputar hubungan manusia dengan anjing yang dibalut dengan unsur fiksi yang kental. Yaitu tentang bagaimana jika seekor anjing mampu bereinkarnasi demi memenuhi tujuan hidupnya bagi kebahagiaan manusia.

Dengan premis seperti itu, kisahnya pun begitu sederhana dan jalan ceritanya pun ringan. Ditambah dengan kehadiran tokoh utama seekor anjing yang lucu, tentu saja menjadikan film ini sebagai sajian kisah yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Jika dalam A Dog's Purpose kita disuguhi kisah Bailey yang bereinkarnasi dalam berbagai kehidupan dan dipelihara berbagai majikan sebelum mampu secara total memenuhi tujuannya dalam menggembirakan hati Ethan, A Dog's Journey pun membawa narasi yang kurang lebih sama. Namun bedanya, kali ini Ethan lah yang langsung "menugaskan" Bailey untuk bisa membahagiakan cucu satu-satunya yang begitu mereka sayangi.

Sumber: Slate.com
Sumber: Slate.com
Film ini pun secara jelas membedakan sisi jahat dan baik melalui tindakan para tokoh antagonis dan protagonisnya. Tidak ada yang abu-abu di film ini, sehingga tak akan memunculkan plot twist dari suatu karakter ataupun kejadian tertentu.

Namun, film ini memang tidak menitikberatkan pada hal-hal tersebut. Lebih dari itu, film ini memfokuskan kisahnya pada bagaimana kuatnya hubungan antara manusia dan hewan sembari menyelipkan pesan kuat tentang arti cinta, kesetiaan dan loyalitas. Memancing air mata untuk mengalir di sepanjang film memang sudah menjadi "purpose" film ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x