Mohon tunggu...
Yohanes Ishak
Yohanes Ishak Mohon Tunggu... Penulis Olahraga, Hiburan, dan lain-lain

1 Korintus 10:13 || Jika ingin bekerjasama atau menulis ulang konten yang saya buat, silahkan hubungi email: Yohanes.Ishak92@gmail.com ||

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Dinamo Zagreb, Klub Penghasil Pemain Top dari Kroasia

6 April 2021   12:49 Diperbarui: 6 April 2021   12:58 180 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dinamo Zagreb, Klub Penghasil Pemain Top dari Kroasia
Klub Sepak Bola asal Kroasia, Dinamo Zagreb (Foto: Wallpaper Safari).

Sepertinya tidak banyak yang sadar atau mengetahui jika klub sepak bola asal Kroasia itu ternyata cukup banyak melahirkan talenta lokal yang pada akhirnya berkiprah di luar negeri.

Bagi pencinta sepak bola sejati, tentunya lebih tahu jika klub sepak bola Spanyol, Barcelona dalam beberapa tahun terakhir lebih dikenal mampu menghasilkan pemain muda dari akademi mereka yang dikenal dengan nama La Masia.

Meski dalam beberapa tahun terakhir Barca lebih sering mendatangkan pemain secara instan alias membeli pemain di bursa transfer, namun tetap saja nama La Masia belum memudar.

Sebenarnya, di Eropa banyak sekali klub sepak bola yang mampu menghasilkan pemain berkualitas yang berpotensi menjadi bintang masa depan.

Mulai dari Manchester United, Arsenal, Chelsea, dan kini Man City, lalu ada juga Real Madrid, Ajax Amsterdam, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Bilangnya Gak Mau, Ternyata Pep Gerilya demi Haaland

Hanya saja, kualitas pemain dari akademi sering kalah tenar atau jarang mendapat kesempatan dari pemain yang sudah lebih matang.

Oke, mari kembali lagi ke klub asal Kroasia, Dinamo Zagreb. Walaupun klub yang berdiri sejak tahun 1967 ini tidak seterkenal klub-klub yang disebutkan di atas, nyatanya mereka mampu menghasilkan banyak pemain berkualitas.

Sayangnya, saat mereka memiliki pemain yang diandalkan dalam klub yang berasal dari pemain akademi, pemain tersebut akhirnya harus dilepas ke klub lain.

Ya, memang mereka mendapatkan keuntungan secara finansial, tapi jika mampu dipertahankan, sepertinya bisa saja Zagreb menjadi penantang serius di Liga Champions.

Serba salah juga sih, karena pastinya mereka juga ingin talenta lokal mampu berkiprah di luar negeri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN