Mohon tunggu...
Yogi Sinurat
Yogi Sinurat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Berbagi inspirasi, pengetahuan, cerita, dan refleksi

Tulisan adalah jejak sekaligus nasihat yang kekal.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

"Aku Percaya Kepadamu", Apa sih Artinya?

3 April 2022   11:13 Diperbarui: 3 April 2022   11:34 1592
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kepercayaan adalah keyakinan atas kejujuran orang lain

Setiap kita tentu pernah mempercayai orang lain. Entah karena orang itu baik; entah karena kita mencintainya atau pun kehadirannya selalu bermanfaat untuk kita. Perasaan itu umumnya kita ungkapkan dengan kata "i belive in you".

Saya sendiri tentu pernah mempercayai orang lain bahkan itu sudah ada sebelum saya mampu mengucapkan "aku percaya padamu". Rasa kepercayaan itu timbul atas segala kebaikan yang saya terima. 

Orang pertama yang saya percayai itu adalah ibu saya karena dia adalah sumber kehidupan saya sejak awal Tuhan menganugerahkan kehidupan bagi saya. Tanpa perlu literasi yang hebat, tindakannya yang mengasuh saya dengan tulus menimbulkan kenyamanan bagi saya sehingga saya percaya padanya.

Dewasa ini, saya melihat bahwa orang pada umumnya mengatakan kepercayaan pada orang lain tanpa jelas memahami maknanya. Orang menyatakan kepercayaan pada orang lain dari pandangan subyektif tanpa mengenal sosok itu lebih dalam. Alhasil, banyak yang tertipu.  Orang hanya melihat penampilan dari luarnya saja tanpa mengetahui secara penuh siapa dia.

Salah satu contohnya adalah pengalaman saya bersama teman saya dalam pertemuan dengan seorang bisnis man yang membahas sebuah bisnis jaringan di sebuah kafe. Pada pertemuan pertama ini, teman saya sudah sangat kagum melihat si-pebisnis karena penampilannya yang sangat elegan. 

Tuxedo dan dasi keren yang melapisi tubuhnya membuat teman saya sudah sangat percaya padanya meskipun belum menjelaskan maksud pertemuan. Kemudian si-pebisnis mulai memperkenalkan kepada kami sistem bisnis jaringan yang ditawarkan. Tanpa memahami secara jelas, teman saya langsung menyetujui kerja sama dengannya. Pada kesempatan itu, saya menolak tawaran kerja sama itu karena saya kurang memahami dan melihat bahwa rutinitas saya yang padat.

setelah sebulan berlalu, saya melihat teman saya yang mulai tidak teratur hidupnya. Dia yang biasanya bangun lebih awal menjadi sering bangun terlambat yang membuat pekerjaan utamanya tidak beres. saya bertanya kepadanya: "Bro... kenapa makin hari kamu makin tidak teratur lagi? padahal biasanya kamu lebih disiplin. "saya bingung bro. sepertinya saya sudah tertipu dengan pebisnis yang bersama kita di kafe bulan lau." jawabnya. saya heran, karena dulu dia kelihatannya senang dengan bisnis itu. "kenapa rupanya dengan bisnis itu bro?" tanya saya pelan sambil keheranan. "saya tertipu bro. saya sudah sempat menanamkan modal dan bekerja sama dengan bisnisnya. padahal sampai sekarang saya tidak beroleh hasilnya. kosong. tidak ada apa-apa padahal sudah sebulan". jawabnya dengan mulai lemas. 

Saya mencoba menenangkannya agar tidak terlalu sedih. " Itulah bro. sejak awal saya juga tidak terlalu percaya karena kurang tahu bagaimana penjelasannya bro. lebih baik kamu ikhlaskan lah uangmu itu dan kerjakanlah pekerjaan utamamu di perusahaan kita. itu lebih baik daripada kamu bekerja tidak ada hasilnya malah makin memboroskan waktumu." "Terimakasih bro. semoga ini kali pertama dan terakhir saya tertipu oleh penampilan dan kefasihan berbicara orang lain."

Dari peristiwa ini, tersengkap bahwa kepercayaan terhadap orang lain bukan soal penampilan atau pun kehebatan seseorang membuat percaya padanya, melainkan keyakinan atas kejujuran orang lain. Penampilan kadang bukan membuat kita merasa percaya tetapi malah membuat kita tertipu. Maka, jangan terlalu mudah untuk percaya terhadap orang lain sebelum tahu kebenarannya bagaimana.

Semoga Bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun