Mohon tunggu...
Yoginda PutriBektiningsih
Yoginda PutriBektiningsih Mohon Tunggu... ......

Semangatt jangan menyerahhh

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kuliah Daring di Masa Pandemi Covid-19

8 Juni 2021   14:15 Diperbarui: 8 Juni 2021   14:36 107 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia  terus menebar ketakukan, sementara obatnya hingga saat ini belum ditemukan. Hal ini membuat masyarakat merasakan kekhawatiran yang berlebihan sehingga menimbulkan kepanikan  dan dapat menurunkan imunitas tubuh masyarakat . COVID-19 ini merupakan wabah yang serius. 

Berbeda dengan bencana yang sumbernya terlihat mata seperti  banjir, Tanah Lonsor, Gunung Meletus  dan bencana lainnya. Sehingga COVID-19 perlu penanganan yang berbeda, yaitu dengan cara berdiam diri di rumah atau stay at home melakukan kegiatan dirumah seperti bekerja, beribadah dan belajarpun di rumah.  

Tak terkecuali lembaga pendidikan yang harus mengikuti aturan pemerintah untuk menerapkan pembelajaran secara daring dari rumah untuk menggantikan pembelajaran konvensional yang selama ini dilakukan secara tatap muka.

Kuliah daring merupakan sebuah sistem perkuliahan yang medianya memanfaatkan akses internet sebagai sarana untuk melaksanakan pembelajaran. Sistem perkuliahan daring tidak hanya di berlakukan di negara Indonesia saja namun banyak diberlakukan di negara lain, hal ini dilakukan demi mengurangi penyebaran virus korona yang sekarang sedang dialami hampir oleh seluruh negara di dunia. pembelajaran dengan platform online diartikan sebagai pembaruan atau perubahan untuk memecahkan masalah yang muncul seperti kondisi pandemic covid-19 ini. Desain pembelajaran didasarkan pada pendekatan konstruktivis, yang dilakukan dengan memanfaatkan media sosial online jaringan, seperti blog, wikipedia, foto berbagi, berbagi video, pesan instan, Edmodo dan situs jejaring sosial yang dapat diakses oleh siswa atau guru.

Model pembelajaran  seperti e-learning yang disiapkan oleh universitas atau sekolah lainnya  melalui situs web  atau menggunakan aplikasi online.E-learning adalah terutama bertujuan untuk membina siswa menjadi mandiri pada waktu-waktu tertentu dan mengambil tanggung jawab untuk pembelajaran mereka. 

Selain, e-learning akan memungkinkan siswa untuk bermain lebih berperan aktif dalam pembelajarannya karena Informasi-informasi mengenai perkuliahan juga bisa real-time dan E-learning ini tidak memiliki batasan waktu mengakses dengan ini memungkinkan perkuliahan  bisa dilakukan lebih banyak waktu dan dimanapun  asal ada jaringan internet yang terhubung  . Begitu juga dengan komunikasi dengan adanya forum diskusi perkuliahan bisa dilakukan secara online walaupun tidak saling bertatapan muka secara langsusng dan real time.

Selain media Elearning ada juga media pembelajaran online  lainnya seperti menggunakan WA Group penggunaan ini  sangat efektif di masa pandemi COVID-19 dikarenakan Whatsapp  digunakan oleh semua orang. Selain itu, mudah unuk penggunaannya tidak ada membutuhkan paket kuota data yang besar ketika diaktifkan. Melalui WhatsApp ini  para guru atau Dosen dengan mudah untuk membuat grup mata pelajaran atau mata kuliah  dan menyampaikan materinya melalui pengiriman file PPT, Microsoft File Word, file PDF, bahan rekaman dalam bentuk Catatan Suara, Video, dan Video YouTube atau pembelajaran online lainnya. Selain itu para siswa dapat  berkomunikasi dan interaksi didalam Grup tersebut dan umpan balik dan review dan evaluasi dari materi kuliah juga bisa tersampaikan.

VIDEO PILIHAN