Mohon tunggu...
KKN kelompok 64 UMM
KKN kelompok 64 UMM Mohon Tunggu... publikasi kegiatan KKN

5 mahasiswa dari UMM yang sedang melakukan pengabdian kepada masyarakat secara online

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa UMM Ajak Masyarakat Tingkatkan Pengetahuan Mengenai Kesehatan Mental

25 Oktober 2020   18:28 Diperbarui: 25 Oktober 2020   18:35 11 0 0 Mohon Tunggu...

Pandemi bukan menjadi penghalang bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, dengan melakukan inovasi mereka pada akhirnya dapat memberikan kontribusi nyata berupa memberikan edukasi yang sangat bermanfaat kepada masyarakat melalui media online yaitu Instagram. Mahasiswa PMM kelompok 64 memberikan edukasi kepada masyarakat terkait gangguan mental (mental illness) melalui postingan-postingan Instagram dengan akun bernama @psychness.id.

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Global Health Data Exchange pada tahun 2017 menunjukkan bahwa di Indonesia terdapat kurang lebih 27,3 juta jiwa yang mengalami masalah kejiwaan, dengan angka tersebut Indonesia menjadi negara dengan pengidap gangguan jiwa tertinggi di Asia Tenggara. Oleh karena itu, kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok 64 PMM UMM ini memiliki tujuan yang mulia, mereka sadar bahwa disaat pandemi seperti ini menjaga kesehatan mental diri sendiri maupun orang sekitar sangatlah penting, oleh karena itu kegiatan PMM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan juga wawasan kepada masyarakat mengenai Mental Illness atau gangguan mental, agar masyarakat sasaran mampu mengenal apa itu gangguan metnal, dampak, serta pencegahan maupun penangannya.

Selama kurang lebih 2 bulan Mahasiswa PMM menyuarakan pentingnya menjaga kesehatan mental melalui media Instagram. Konten yang diunggah pun beragam, mulai dari pengertian gangguan mental, jenis-jenis bahkan ada tips untuk menjaga kesehatan mental. Tidak hanya berhenti disitu, mereka juga memberikan saran film dan buku yang tentunya berhubungan dengan kesehatan mental. Selain itu, mereka juga membuat konten mengenai tanggapan-tanggapan artis indonesia maupun mancanegara mengenai gangguan mental, yang diharapkanb dapat semakin menambah wawasan masyarakat luas mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental.

Mahasiswa PMM UMM Kelompok 64 memiliki sasaran pengunjung dengan rentang usia 16-24 tahun, oleh karena itu dengan ciri khas warna merah muda pada setiap konten yang diunggah diharapkan dapat membuat pengunjung menjadi lebih nyaman. Dalam waktu satu minggu mereka mengunggah setidaknya 3 konten inti yang di unggah pada hari senin, rabu, dan jumat. Pada hari selasa, kamis, dan sabtu, @psychness.id tetap melakukan pengunggahan tetapi melalui "Instagram Story". Meskipun mereka melakukan pengunggahan konten hampir setiap hari, validitas informasi yang tertulis juga menjadi prioritas.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x