Mohon tunggu...
ignatio yoga permana
ignatio yoga permana Mohon Tunggu... FISIP UAJY '17

Semangat

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Hiburan Stay At Home Ala Google Doodle

27 April 2020   21:53 Diperbarui: 27 April 2020   22:09 154 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hiburan Stay At Home Ala Google Doodle
dokpri: Tampilan Google Doodle games

Selama hadirnya bencana pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh bagian penjuru Dunia memaksakan beberapa Negara mengambil tindakan mengkarantinakan warga negara mereka untuk mendukung gerakan stay at home. Google ikut serta mendukung gerakan ini lewat game doodle sebagai usaha mereka dalam memberikan hiburan kepada para penggunanya dalam menghilangkan rasa bosan lewat bermain game. 

Google sebagai sebuah perusahaan besar yang bergerak pada bidang jasa dan produk internet, akhirnya meluncurkan salah satu permainan populernya melalui doodle hari ini, Senin (27/04/2020). 

Doodle google adalah perubahan logo khusus dan sementara di beranda Google yang dimaksudkan untuk memperingati liburan, acara, prestasi, dan tokoh sejarah terkemuka. Sebenarnya Game yang dihadirkan Google pada doodle hari ini adalah sebuah permainan yang pernah populer pada 2017 lalu berjudul Coding.

Game tersebut awalnya dibuat untuk memperingati 50 tahun bahasa coding anak-anak. Doodle ini dapat ditemukan ketika pengguna mengakses laman utama Google. "Selama pandemi Covid-19 melanda dunia, masyarakat dan keluarga pun banyak menghabiskan waktu di rumah. Oleh karena itu, kami kembali menghadirkan seri doodle berisi game interaktif populer," tulis Google dalam laman resminya.

Dokpri: icon kelinci  dan wortel sebagai karakter game
Dokpri: icon kelinci  dan wortel sebagai karakter game

Pada google doodle games ini juga sebenarnya memiliki misi yang mempresentasikan pembelajaran coding secara sederhana. Setelah meng-klik doodle di atas kolom pencarian, pengguna akan berpindah ke layar tampilan awal game Coding. Kemudian para pemain akan diberi tugas untuk mengarahkan karakter utama game ini, seekor kelinci putih, untuk mengumpulkan wortel yang terletak di arena permainan.

Tentu saja terlihat mudah bukan? Tetapi, tantangan dari game ini adalah pemain tidak bisa mengendalikan kelinci putih secara langsung. Pemain harus menggunakan tombol-tombol perintah yang sudah disediakan. Terdapat tiga tombol, yakni MOVE, TURN, dan LOOP. Arti tombol-tombol itu adalah:

  • Move berarti bergerak satu petak ke depan.

  • Turn berarti berputar atau mengganti arahan gerak si kelinci.

  • Loop sebagai tombol yang digunakan bersama tombol Move/Turn untuk membuat suatu arahan perintah berulang, misalnya maju sebanyak dua kali atau belok sebanyak dua kali.

Pada dasarnya, game ini mengajarkan konsep dasar coding atau bahasa pemrograman komputer kepada pemainnya, yakni bagaimana memberikan suatu perintah yang runtut untuk menyelesaikan suatu tugas. Permainan ini terdiri dari 7 stage/tingkat dan tingkat kesulitan akan terus bertambah setiap kali pemain berhasil naik ke tingkat berikutnya.

Selain game berjudul Coding ini, Google berencana untuk menghadirkan setidaknya sembilan game interaktif lain miliknya dalam beberapa waktu ke depan. Demikian, masih belum diketahui game apa saja yang akan Google tampilkan melalui doodle tersebut. Menarik untuk diikuti sebagai bagian dari mengisi waktu luang dengan bermain hiburan games di doodle.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x