Mohon tunggu...
Yoga MuhamadMustofa
Yoga MuhamadMustofa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Memahami Makna Visual Iklan yang Ada di Sekeliling Kita

22 Juli 2021   13:41 Diperbarui: 22 Juli 2021   14:12 134 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Makna Visual Iklan yang Ada di Sekeliling Kita
Iklan IKEA pada postingan Instagram

Dalam keseharian kita pasti mata kita tidak akan lepas dari yang namanya melihat iklan, mulai dari saat kita membuka sosial media di handphone hingga saat kita berjalan diluar rumah. Iklan banyak sekali bertebaran disekeliling kita dengan berbagai bentuk visual yang ditampilkan, dari yang unik sampai yang nyeleneh sekalipun. Iklan sendiri adalah bentuk komunikasi untuk memberikan informasi untuk membujuk orang-orang agar tertarik pada suatu barang  atau jasa yang ditawarkan.

Bentuk iklan sendiri berbagai macam dari mulai bentuk audio visual (video), tulisan, hingga gambar visual. Berdasarkan medianya iklan pun ada iklan media cetak seperti di koran, majalah, poster, dan baliho, Adapun iklan media elektronik seperti di televisi, radio, dan iklan dalam media sosial.

Kali ini yang akan kita bahas adalah iklan visual berbentuk poster yang sering beredar di sosial media kita. Sering kali saat kita bermain gadget dan membuka sosial media banyak sekali poster iklan entah produk atau jasa yang membuat kita penasaran karena melihat gambar visualnya. Banyak gambar visual yang membuat kita bertanya-tanya maksud dari poster iklan ini itu apa?. Nah ini nih beberapa cara untuk kita memahaminya.

Memahami bentuk komunikasi visual menggunakan semiotika Roland Barthes, kedengaranya memang rumit namun jika kita memahami caranya akan lebih mudah. Kita hanya perlu menganalisisnya dengan sangat sederhana melalui Bahasa (language) dan tanda yang berwujud visual (signifier). Melalui dua hal tersebut kita dapat memahami sebuah makna dan pesan pada sebuah gambar visual sebuah poster iklan.

Dalam memahami makna dan pesan sebuah visual iklan bisa menggunakan tiga pemaknaan menurut Roland Barthes yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Denotasi sendiri adalah makna sebenernarnya, dan kontasi makna dibalik denotasi, sedangkan mitos adalah ideologi dalam pesan. Jadi dari meliat visual kita bisa menghasilkan tiga pemaknaan tadi. Dalam pemaknaan sebuah visual Roland Barthes menggunakan denotasi, konotasi, dan mitos sebagai kunci dari analisisnya.

 Berikut adalah sebuah analisis visual iklan IKEA pada foto diatas menggunakan semiotika Roland Barthes.

 DENOTASI

Denotasi secara umum dapat diartikan dengan makna harfiah atau makna sesungguhnya, denotasi ini biasanya mengacu pada penggunaan bahasa dengan arti yang sesuai dengan apa yang terucap. Dalam iklan produk IKEA diatas memvisualkan seorang anak kecil yang sedang memeluk bantal berbentuk hati, dimana bantal hati tersebut adalah salah satu produk dari IKEA. Terdapat kata yang bertuliskan “virtual hug” yang artinya kita tidak bisa berpelukan secara langsung.

KONOTASI

Signifikasi tahap kedua ini menggambarkan interaksi yang terjadi ketika tanda bertemu dengan perasaan atau emosi dari pembaca atau penonton serta nilai-nilai kebudayaannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN