Mohon tunggu...
Yesri EsauTalan
Yesri EsauTalan Mohon Tunggu... Dosen - Peneliti

Goresan pena hari ini memberikan cahaya bagi generasi selanjutnya.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Pengalaman Bersama Kompasiana: Menginspirasi dan Diinspirasi dalam Dunia Literasi

22 Januari 2024   15:30 Diperbarui: 22 Januari 2024   15:36 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam perjalanan literasi saya, terdapat sebuah keputusan penting yang saya ambil, yakni memilih Kompasiana sebagai tempat untuk menyampaikan dan membagikan karya-karya literer saya. Pilihan ini ternyata membawa saya pada sebuah pengalaman yang tidak hanya menginspirasi, tetapi juga memperkaya dunia literasi saya melalui interaksi dan kolaborasi dengan komunitas yang dinamis.

Menginspirasi diri sendiri merupakan salah satu aspek penting dari menulis, dan bersama Kompasiana, saya menemukan ruang yang memungkinkan ekspresi tanpa batas. Kompasiana menjadi kanvas yang membiarkan saya menyampaikan gagasan, pengalaman, dan pemikiran dengan cara yang bebas. Saya merasa terdorong untuk terus mengeksplorasi berbagai topik, karena di sini setiap suara dihargai dan diberikan kesempatan untuk bersinar.

Saya mengalami momen pencerahan saat menyadari bahwa literasi tidak hanya tentang menulis, melainkan juga tentang membaca dan meresapi karya orang lain. Dalam komunitas Kompasiana, saya tidak hanya menjadi penulis, tetapi juga pembaca yang aktif. Menyelami karya-karya sesama penulis memberikan wawasan baru, memperluas pandangan, dan membuka pintu untuk menemukan inspirasi di tempat yang paling tak terduga.

Tidak hanya menginspirasi, Kompasiana memberikan pengalaman diinspirasi melalui berbagai tanggapan, komentar, dan diskusi yang timbul dari setiap tulisan yang saya bagikan serta melihat karya-karya lain yang memberikan edukasi. Menerima umpan balik konstruktif dan berdiskusi dengan pembaca maupun penulis lain membantu saya melihat sudut pandang yang berbeda. Kolaborasi yang muncul dari interaksi ini menciptakan atmosfer saling memberi dan menerima, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan literasi.

Pengalaman bersama Kompasiana juga membuka jendela literasi yang lebih luas. Dalam komunitas ini, saya berjumpa dengan penulis-penulis yang memiliki latar belakang dan minat beragam. Berbagai topik dan sudut pandang yang diangkat oleh sesama penulis memberikan kesempatan untuk belajar dan memperkaya wawasan literasi saya. Saya merasa terhubung dengan dunia literasi secara lebih mendalam, tidak terbatas pada sudut pandang pribadi.

Tentu saja, perjalanan bersama Kompasiana tidak selalu tanpa tantangan. Namun, setiap hambatan menjadi pelajaran berharga yang menguatkan semangat saya untuk terus berkembang sebagai penulis. Kompasiana bukan hanya sebuah platform, tetapi sebuah komunitas yang mendorong pertukaran ide, inspirasi, dan semangat literasi.

Dengan setiap karya yang saya bagikan dan setiap interaksi yang saya alami di Kompasiana, saya merasakan betapa pentingnya memiliki wadah untuk menginspirasi dan diinspirasi dalam dunia literasi. Pengalaman ini menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan literasi saya, dan saya yakin bahwa bersama Kompasiana, kita tidak hanya menulis cerita, tetapi juga menciptakan jejak inspirasi yang melintasi batas-batas kata-kata.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun