Mohon tunggu...
yeni sumiati
yeni sumiati Mohon Tunggu... Guru - English teacher

English teacher since 2002 until now

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memperkenalkan Numerasi Anak Lebih Dini

2 November 2021   19:08 Diperbarui: 2 November 2021   20:09 69 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Numerasi menjadi kata yang awalnya kita bayangkan sebagai sesuatu yang asing. setelah mengenal kata ini , kita jadi lebih memahami bahwa kata ini memang sudah ada dari bayi dalam kandungan kita selalu melihat dan mengamati berat bayi dalam kandungan yang kian lama kian bertambah berat, sehingga sang ibu agak kesusahan untuk tidur dengan posisi yang nyaman. dokter selalu mengingatkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang ada kandungan gizi serta menghindari apapun makanan dan minuman yang tidak baik untuk pertumbuhan sijabang bayi.

Jumlah kandungan gizi, nutrisi terus dihitung oleh dokter untuk mengawasi serta menghindari hal-hal yang kurang baik dan berpengaruh pada bayi tersebut. ketika bayi lahir maka akan ditimbang dan diukur berat badan dan tinggi badan, sehingga orang tuanya dapat mengetahui keadaan bayi mereka. pada saat bayi sudah mengeluarkan kata untuk memanggil orang tuanya maka dia akan mulai mengucapakan bilangan dengan memulai angka 1 lalu 2 hingga 3 . setiap dia memulai sesuatu maka sering diiringi dengan mengucapkan bilangan 1, 2 3 tersebut. 

Angka atau bilangan tersebut yang sekarang dikenal dengan numerasi selain literasi yang berkaitan dengan wacana dan teks.numerasi bisa diperkenalkan kepada balita dengan angka atau bilangan 1-10 hingga bertambah pengetahuannya tentang numerik. dia akan melihat jam untuk mengetahui pukul berapa dia akan bangun lalu mandi dilanjutkan dengan sarapan dan pergi kesekolah. dia juga akan menghitung berapa lama jarak yang akan dia tempuh jika dia pergi kesekolah dengan berjalan kaki atau mengendarai kendaraan.

Dia akan mengenal dan mempelajari tabel, grafik , diagram disekolah sehingga dia akan lebih memahami kegunaan numerik tersebut. jika sakit maka dia akan mendapatkan resep obat serta meminum obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter. jika dia tidak mengindahkan anjuran dokter, maka dia akan mengalami overdosis atau akan mengalami hal tidak baik dikarenakan tidak mengikuti anjuran dokter. 

Jadi lebih baik selalu ingatkan anak-anak kita supaya selalu membaca apapun yang didapat sebelum menggunakan dan mengkonsumsinya. bertanya adalah salah satu cara mengetahui jawaban yang tepat dan tidak diketahui supaya tidak terjebak atau terkena akibatnya. Numerasi dan literasi harus diajarkan pada anak sedini mungkin supaya anak-anak dapat mengetahui makna dari kedua kata tersebu. tetap semangat untuk terus belajar dan mencari tahu tentang numerasi dan juga literasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan