Mohon tunggu...
Arif Yustia
Arif Yustia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Biasa aja

Senang melakukan kegiatan yang positif

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UPI 2021: Meningkatkan Pemasaran Produk Melalui Media Sosial

25 Juli 2021   19:11 Diperbarui: 25 Juli 2021   19:22 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada masa pandemi Covid -- 19 ini banyak kegiatan yang dilakukan dirumah. Berbagai macam kebutuhan dilakukan secara online memanfaatkan internet dan media sosial untuk mencari informasi dan menemukan referensi. Penggunaan internet dan media sosial semakin meningkat selama pandemi Covid -- 19, hal ini bisa dimanfaatkan dalam peningkatan omset penjualan pada usaha yang dijalani. Penjualan yang terus menurun akibat pandemi dapat mengakibatkan usaha gulung tikar karena tidak dapat menutupi kekurangan modal. Sehingga, pemilik usaha harus tetap memutar otak untuk memastikan keuangan usahanya tetap sehat dan bisa bertahan di masa sulit ini. Oleh karena itu, di masa pandemi ini pelaku usaha dituntut untuk mengoptimalkan pemasaran online dan digital marketing sebagai sarana komunikasi dengan target konsumen.

Saat ini penggunaan media sosial bukan sekedar untuk memposting foto atau video saja. Media sosial juga digunakan untuk melakukan penjualan produk bisnis yang kita miliki. Selain itu kemudahan dalam berbelanja online pun menjadi salah satu acuan dalam melakukan pemasaran melalui media sosial. Pengguna media sosial dapat menemukan informasi mengenai suatu produk dengan mudah tanpa harus datang ke toko dan dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun melalui media sosial.

Salah satu media sosial yang paling berpengaruh terhadap penjualan produk suatu bisnis adalah Instagram. Instagram merupakan aplikasi yang paling popular yang gunanya untuk berbagi foto dan video. Ini menjadi salah satu alasan mengapa Instagram memiliki berbagai manfaat untuk para pebisnis guna membangun dan mengembangkan brand suatu bisnis.

Instagram menjadi salah satu media sosial yang memiliki pengaruh besar dan penting dalam suatu bisnis. Sampai saat ini, Instagram sudah memiliki 700 juta pengguna dan setiap harinya sekitar 60 juta foto dibagikan dan dapat memberikan 1,6 miliar likes. Hampir setiap orang yang ada di dunia pasti memiliki akun media sosial Instagram. Oleh karena itu, Instagram menjadi salah satu aplikasi media sosial yang dapat digunakan dalam penjualan produk suatu bisnis

Sebelum memulai bisnis dalam aplikasi Instagram, kita harus mengoptimalkan identitas brand pada akun Instagram. Seperti membuat akun bisnis pada Instagram, dengan menggunakan akun bisnis pada Instagram kita memiliki beberapa keuntungan, diantaranya kita dapat melakukan promosi menjadi lebih mudah, selain itu kita juga dapat lebih mudah menyusun strategi pemasaran.

Dibawah ini merupakan beberapa strategi yang dapat digunakan dalam memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran online :

  • Perhatikan Waktu Upload Konten

Salah satu hal yang harus kita lakukan berkaitan dengan waktu posting adalah memiliki waktu posting yang rutin tanpa mengganggu follower kita dengan update yang berlebihan.Cara yang bisa kita lakukan untuk memilih jadwal adalah dengan melakukan test di waktu yang berbeda dan lihat hasilnya. Mana postingan yang memiliki keterlibatan dengan calon pelanggan paling tinggi.

  • Content Guidelines

Sebuah brand sebaiknya memiliki style mereka sendiri untuk membedakan akun mereka dari brand lain sehingga brand kita bisa diingat oleh konsumen. Dengan membuat content guideline kita bisa memberikan sebuah konten yang dapat mempengaruhi dan tentunya mudah diingat oleh konsumen. Seperti contoh, menggunakan bahasa yang singkat akan tetapi persuasif dan memiliki unsur yang jelas.

  • Gunakan Gaya Visual yang Keren dan Konsisten

Sebuah penelitian dari WebDam mengenai visual di media sosial menemukan bahwa 60% dari brand terkenal di Instagram menggunakan filter yang sama pada setiap post. Dengan menggunakan filter yang sama di semua postingan kita, akan membuat followers semakin mudah mengenali akun kita. Karena salah satu objektif kita dalam menggunakan Instagram adalah untuk mendapat likes dan komentar.

Semakin mudah dikenali postingan kita, semakin besar kemungkinan followers Anda akan memberi like dan meninggalkan komentar di foto kita.

  • Manfaatkan Fitur Instagram Stories

Instagram Stories berbeda dengan postingan Instagram pada umumnya. Selain karena hanya bertahan 24 jam, posisi Stories juga berada di atas feed Instagram. Karena posisinya yang berada di paling atas feed menjadikannya hal pertama yang dilihat oleh follower saat membuka Instagram. Jadi produk yang kita tawarkan akan sering dilihat followers.

  • Jangkauan Calon Pelanggan yang Lebih Luas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun