Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Valentino Rossi Jelang Teken Kontrak dengan Petronas Yamaha SRT

17 Juli 2020   18:42 Diperbarui: 18 Juli 2020   02:01 719 20 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Valentino Rossi Jelang Teken Kontrak dengan Petronas Yamaha SRT
musim terakhir dengan Monster Energy Yamaha MotoGP (dok.MotoGP.com)

Akhirnya setelah tertunda sejak Maret gara-gara Pandemi Covid-19, MotoGP 2020 mulai lagi. Bukan rider dan kru aja sik yang semangat lagi, saya juga semangat nulis lagi nih. 

Malu banget liat lapak saya di Kompasiana udah penuh sama sarang laba-laba. Minggu ini ada seri MotoGP Jerez Spanyol yang digelar tanpa penonton karena kondisi yang tak memungkinkan.Tapi saya mau ngomongin soal bang Valentino Rossi dulu yak.

Tahun 2020 ini bang Valentino Rossi habis kontrak dengan Monster Energy Yamaha MotoGP. Yamaha MotoGP memutuskan menggantikan The Doctor dengan Fabio Quartararo mulai musim depan. 

Ia bertandem dengan Maverick Vinales yang udah duduk anteng di Yamaha MotoGP. Bukan hal yang luar biasa kalo Quartararo akhirnya ditarik ke tim pabrikan. Performa dia di tahun 2019 memang luar biasa.

So Valentino Rossi harus good bye dengan Yamaha MotoGP tahun depan. Gosipnya dia akan pensiun. Gosip lama yang selalu beredar lagi tiap musim. Namun gosip yang kemungkinan besar benar adalah ia pindah ke Petronas Yamaha SRT. Tukeran sama Fabio Quartararo. 

Gosip ini 99% mendekati kenyataan setelah saat wawancara dengan wartawan di Jerez, Rossi mengiyakan bahwa kesepakatannya dengan tim Petronas Yamaha SRT mengenai kepindahannya sudah mencapai 99% fix.

tidak memasukkan namanya dalam prediksi juara MotoGP Jerez 2020, tau diri hihihihih (dok.motogp.com)
tidak memasukkan namanya dalam prediksi juara MotoGP Jerez 2020, tau diri hihihihih (dok.motogp.com)
Pindah ke tim bukan pabrikan, Rossi memang harus membuat banyak kesepakatan. Salah satunya, ia nggak bisa membawa seluruh tim yang setia padanya di Yamaha MotoGP. Kru teknisi yang dibawa ke Petronas sangat terbatas. Penyebabnya tak lain soal dana. 

Petronas Yamaha SRT bukan tim besar dengan sponsor yang bejibun. Kepala tim Petronas Yamaha SRT Razlan Razali memberi syarat Rossi harus memangkas kru teknisi yang akan dibawa serta ke Petronas Yamaha.

Syarat soal kru teknisi ini pastinya bikin Rossi pusing kepala. Tim dan kru buat Rossi seperti keluarga kedua. Banyak di antaranya yang sudah mengikuti Rossi sejak ia membalap di MotoGP 500 cc, salah satunya adalah Alex Briggs. Musim 2020 menjadi tahun ke 21 buat Alex Briggs bekerja sebagai mekanik Valentino Rossi. 

Balapan terbaik hingga balapan terburuk Rossi sudah dialami Alex Briggs. Alex Briggs tau banget karakter Valentino Rossi dan tau banget apa yang diinginkan oleh The Doctor tentang performa motornya.

Berpisah dengan sebagian kru tentu berat rasanya. Lebih berat lagi memilih siapa teknisi yang akan dibawa. Belum jelas juga apakah Rossi akan membawa chief mekanik barunya, David Munoz ke Petronas Yamaha. David Munoz menggantikan chief mekanik lama Rossi yaitu Silvano Galbusera. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN