Ya Yat
Ya Yat Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Sirkuit Guia Macao, Ajang Uji Nyali Pembalap Nekat

27 Desember 2017   19:46 Diperbarui: 27 Desember 2017   20:34 2929 1 0
Sirkuit Guia Macao, Ajang Uji Nyali Pembalap Nekat
Glen Irwin debut di GP Macau 2016 (dok.MCN.com)

Balapan itu olahraga beresiko tinggi namun menarik banyak penonton. Ada yang bilang balapan motor lebih berbahaya dari balap mobil, tapi buat saya sih yang namanya balapan itu berbahaya, walau balapan bakiak sekalipun. Dengan kondisi trek beraspal mulus dan pengaman di sana sini, seorang pembalap tetap tak juga aman di dalam kendaraan yang ia pakai saat balapan. Nasib apes menghampiri, nyawa bisa terbang saat itu juga. Good bye dunia.

Namun balapan justru jadi menarik saat para pembalapnya melakukan manuver ekstrem demi meraih kemenangan. Aksi saling salip diantara pembalap yang kadang jarak antara kendaraan yang satu dengan yang lainnya cuman seinchi bisa bikin jantung copot, tapi justru itu yang ditunggu. Balapan tanpa aksi salip salipan ya namanya bukan balapan, tapi pawai motor atau mobil mahal.

Aksi ekstrem para pembalap itu dimungkinkan karena skill dan kondisi kendaraan yang emang oke buat salip-salipan. Lalu.. juga karena kondisi trek tempat balapan dilangsungkan. Makin sulit trek nya maka makin tertantanglah para pembalap menaklukkannya dan jadi juara di trek yang sulit adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Salah satu trek yang sulit dan berbahaya buat balapan adalah Sirkuit Guia Macao.

Macau Grand Prix (dok.macau.grandprix.gov.mo)
Macau Grand Prix (dok.macau.grandprix.gov.mo)

Sirkuit Guia mengambil jalan raya sebagai treknya, jadi kayak Singapura atau Monaco gitu. Kondisi trek Sirkuit Guia sih kata orang lebih mirip trek Monaco yang sempit dan rada bergelombang. Berjarak sekitar 8 kilometer dari bandara International Macao, trek Sirkuit Guia punya panjang 6,2 kilometer dengan 19 tikungan. Yang bikin trek ini masuk dalam kategori trek berbahaya adalah kondisi pinggiran trek.

Tau kan ya gimana kondisi trek MotoGP... perhatiin pinggiran trek nya kak.. ada gravel alias area berpasir atau berumput yang jadi jarak antara aspal dan pagar pembatas. Jadi kalau ridernya jatuh, ia akan jatuh ke gravel dan nggak langsung menabrak pagar pembatas. Nah di Sirkuit Guia gravel ini tak ada. Pinggir trek langsung dibatasi pagar besi dan nggak ada gravel. So kalau ridernya jatuh ya bisa langsung "bersentuhan" dengan pagar tersebut.. nabrak kak.. langsung jderrr dan gubrakkkk.

Saya acung 46 jempol buat para pembalap yang berlaga di trek ini, terutama para rider di balap motor. Ngeliat para rider menikung dengan kecepatan 100 km per jam, memacu motor hingga 300 km per jam, di trek yang langsung berbatasan dengan pagar pembatas, itu butuh skill tingkat tinggi, motor yang oke dan nyali yang gede banget.. plus kenekatan luar biasa. Ngeliatnya aja ngilu kak.

di antara pagar pembatas (dok.asphaltandrubber.com)
di antara pagar pembatas (dok.asphaltandrubber.com)

Pernah ada rider yang jadi korban kah? Ada. Yang terbaru adalah tewasnya pembalap asal Inggris, Daniel Hegarty pada 18 November 2017 akibat jatuh saat balapan dan ia membentur pagar pembatas trek. Pada hari itu juga terjadi insiden tabrakan yang menimpa 16 (enam belas!) mobil di tikungan sempit Guia saat mereka sedang balapan untuk FIA GT World Cup. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini cuman bayangin deh berapa kerugian yang dialami akibat banyaknya mobil yang tabrakan. Doh.. nggak jajan berapa puluh taun itu.

Sebenernya trek tipikal Guia hanya cocok untuk mobil dan bukan untuk balapan motor. Nyatanya Sirkuit Guia Macao sukses menyelenggarakan balapan mobil Formula 3 dan Macao Motorcycle Grand Prix sejak tahun 1954. Balapan bernama Grand Prix Macao dihelat setiap bulan November dan selalu menjadi ajang yang ditunggu para penggila balapan di Macao.

mobil balap taun 1954 (dok.steemit.com)
mobil balap taun 1954 (dok.steemit.com)

Trek berbahaya Sirkuit Guia ini bisa dibilang jadi ajang asah skill plus uji nyali nya para pembalap top. Pasti tau mendiang Ayrton Senna, atau Michael dan Ralf Schumacher kan. Pembalap legendaris ini pernah balapan di trek Guia. Legenda MotoGP Kevin Schwantz juga pernah mencicipi aspal Guia. Pembalap Indonesia Benny Hidayat, dulu juga pernah menjadi juara GP Macao pada tahun 1970. Wuah saya belum lahir. Sean Gelael juga pernah balapan di sini.

Pemerintah Macao memang memperhatikan olahraga balapan sebagai salah satu daya tarik pariwisata yang menghasilkan pendapatan yang besar untuk negara ini. Tapi karena balapan hanya diadakan pada bulan November, gimana caranya menarik minat para penggila balapan untuk tetap datang ke Macao walau tak ada balapan? Dengan membuat Museum Grand Prix.

mobil balap nya Ayrton Senna (dok.reddit.com)
mobil balap nya Ayrton Senna (dok.reddit.com)

Museum Grand Prix masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi kalau Anda ke Macao, terlebih jika anda pecinta balapan. Diresmikan pada tahun 1993, Museum Grand Prix lokasinya deket dari sirkuit Guia, cuman 800 meteran. Museum ini didirikan sebagai penghargaan pada orang-orang yang telah berjasa pada penyelenggaraan Grand Prix Macao, juga agar orang mengenal lebih dekat ajang balapan International di Macao.

Museum Grand Prix sangat memanjakan para penikmat balapan. Isi museum ini adalah mobil-mobil dan motor-motor yang pernah digunakan pada balapan grand prix Macao yang legendaris banget. Ada mobil balap Ayrton Senna, Michael Schumacher dan lain-lain. Jangan cari motor Valentino Rossi atau Marc Marquez ye... karena udah pasti nggak ada.

Selain mobil dan motor, ada keterangan mengenai sejarah mobil balapnya juga. Foto-foto para pembalap legendarisnya juga ada. Masuk ke museum Grand Prix, kita seperti terlempar ke masa lalu, ke masa balapan masih pake kendaraan yang lucu kalo diliat di jaman sekarang namun dalam kategori modern di masanya. Trus ada tempat main game juga di sini jadi kita bisa nyoba jadi pembalap ala-ala.

egg tart (dok.jingdaily.com)
egg tart (dok.jingdaily.com)

Sayangnya... museum ini sedang ditutup untuk renovasi dan akan di buka setelah renovasinya selesai.. tapi nggak tau kapan. Yaaaaa kecewa deh. Nggak apa-apa. Datangi saja tempat-tempat wisata yang banyak bertebaran di Macao. Mau yang berbau sejarah? Ada reruntuhan St. Paul yang amazing banget. Liat dari poto poto aja hawa sakral St. Paul sudah tercium. Kalau mau berwisata sambil jalan kaki atau lari-lari manja bisa ke Senado Square. Lokasi ini adalah tempat wisata sekaligus tempat belanja dan kulineran. Tapi jadinya tempat ini rame banget emang.

Kalo saya mending ke Kwun Ya Kai di Taipa. Yang hobi kulineran mending ke sini aja kata temen saya yang bolak balik ke sini. Karena perut bakal kenyang sama macem-macem kue khas Macao yang dibikin langsung di toko-toko kue di lokasi ini. Toko-toko kue ini sudah berdiri selama beberapa generasi, jadi rasa kue nya khas banget, kata temen saya. Es krim rasa durian, kue almond, egg tart ala portugis, manisan nougat dan lain-lain adalan penganan yang dijajakan di sini. Enak kali yaaaa makan egg tart sambil nonton balapan di sirkuit Guia... cussss yuk.