Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

MotoGP Silverstone, Sejak Mulai Saja Sudah Bertabur Drama

5 September 2016   01:12 Diperbarui: 5 September 2016   10:40 1028 14 11 Mohon Tunggu...
MotoGP Silverstone, Sejak Mulai Saja Sudah Bertabur Drama
Rossi podium tiga (dok.motogp.com)

Sungguh balapan seri Silverstone Inggris yang berlangsung 4 September 2016 kemarin bikin deg-deg an. Saya bisa bilang race tadi adalah salah satu race terbaik di musim ini. Drama Silverstone dimulai sesaat setelah start. Karena saat para rider lagi seru berebut posisi terjadi insiden kecelakaan yang menimpa Pol Espargaro dan Loris Baz di turn 2. Kecelakaannya parah dan banyak serpihan motor di trek, bendera merah berikibar. Sempet deg-degan nunggu berita soal Loris Baz karena dia masih ditangani di trek oleh paramedis namun saat ditandu ke dalam ambulan ia melambaikan tangan, tanda sadar. Pol Espargaro sudah ditandu keluar trek duluan dan dalam keadaan sadar. Kedua motor hancur terbanting.

Race dilanjutkan setelah dikonfirmasi bahwa kedua rider sadar meski harus dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan lebih lanjut. Start akan diulang dan balapan melahap 19 lap (tadinya 20 lap). Posisi start sama dengan hasil kualifikasi. Cal Crutchlow di posisi pole, Valentino Rossi di posisi kedua dan Maverick Vinales di posisi ketiga. Jorge Lorenzo belum mendapat settingan yang cocok untuk bannya dan terpaksa memulai dari posisi 9. Di race ini The Doctor memakai ban hard untuk depan dan medium buat belakang.

Cal Crutchlow melakukan start sempurna dan langsung ngacir di depan. Vinales overtake Vale buat posisi dua lalu push hard motor dan overtake Crutchlow pula. Vinales memimpin balapan sekarang. Marc Marquez nggak terbiasa balapan di belakang maka ia push motornya membabat Vale dan Crutchlow. Marquez naik ke posisi dua di lap kedua. Vinales mencatat fastest lap 2:02:339. Lap ketiga, Stefan Bradl crash dan Scott Redding mengalami trouble di motornya tapi Redding masih bisa melanjutkan balapan.

Maverick Vinales (dok.motogp.com)
Maverick Vinales (dok.motogp.com)
Lap keempat, gap Vinales ke Marquez adalah 1.325 detik. Lagi-lagi Vinales mencatat fastest lap 2:02:597. The Doctor bersaing dengan Crutchlow berebut posisi tiga. Lap kelima, gap Vinales ke Marquez 1.840 detik. Tiap poin sangat berarti maka Vale push hard motor dan berusaha overtake Crutchlow buat posisi tiga.. setelah side by side Vale berhasil naik ke posisi 3 di lap 6. Kelar membabat Crutchlow, Vale sukses juga overtake Marquez buat posisi dua. Scott Redding menjadi pembalap selanjutnya yang crash

Vinales sudah jauh di depan, membuat gap hingga 2.525 detik ke Vale. Susah mengejar Vinales, Vale berusaha mempertahankan posisinya dari ancaman Crutchlow dan Marquez. Sementara itu Lorenzo berjuang di posisi 8 dan Aleix Espargaro di pisisi 9. Thank God, Crutchlow membabat Marquez buat posisi 3 padahal Marc tadi usah deket banget sama Vale. Vinales makin ngacir dengan gap 3.025 detik dengan Vale. Lap ke 11 Iannone yang entah datang dari mana overtake Marquez buat posisi empat dan meninggallan Marquez yang terpaksa bersaing dengan Dani Pedrosa.

Iannone menggila, ia membabat Cal Crutchlow dan mengambil alih posisi 3. Pertarungan belum selesai buat Iannone. Ia mengajak Vale bertarung berebut posisi dua dan berhasil. Vale turun ke posisi tiga. Namun Vale nggak mau menyerah gitu aja. Vale berjuang keras naik posisi lagi. Saling overtake terjadi di antara keduanya sampai dua motor side by side beda seinci. Ian ngeri dengan serbuan Vale dan pasrah turun posisi. Vale kedua lagi sekarang. Giliran Crutchlow sekarang yang menggila. Ia berusaha head to head dengan Iannone tapi belum berhasil.

Di 7 lap tersisa Vale kena overtake Iannone lagi. Sementara itu Aleix Espargaro kena penalti 1 detik gara-gara push motor overlimit di turn 2. Apes buat Vale, ia kalah dalam pertarungan dengan Crutchlow berebut posisi tiga. Sayangnya.. Dewi Fortuna pergi dari Iannone, ia crash dan tidak bisa melanjutkan balapan. Silverstone selesai buat Ian. Sayang banget Ian. Vale naik ke posisi tiga. Marquez mendapat semangat buat bertarung lagi di 5 lap tersisa. Tantangan Marquez buat head to head diterima Vale. Maka manuver beresiko tinggi dipertontonkan Marquez dan Vale. Keduanya side by side bahkan sempat bersenggolan. Memory Sepang teringat lagi. Apakah hubungan keduanya akan kembali memanas?

Cal Crutchlow (dok.motogp.com)
Cal Crutchlow (dok.motogp.com)
Sungguh nggak bisa berkedip sekaligus bernafas melihan Vale dan Marquez bertarung. Komentator bilang ini ada the battle of the year. Penonton di sirkuit Silverstone bergemuruh. Marquez terlalu menekan keras motornya hingga motornya terlihat goyang. Pada akhirnya Marquez menerima akibatnya. Marquez melebar keluar trek setelah nyaris mengalahkan Vale dalam pertarungan ini. Crew Honda tegang melihat ulah The Bad Boy

Balik ke trek, Marquez masih nggak kapok. Ia mencoba bertarung lagi dengan The Doctor dan berhasil. Marquez ketiga sekarang. Crutchlow bersiap melawan Matquez saat tau Marquez menjejak gas dalam-dalam untuk mengejar dirinya. Marquez ngotot tapi Crutchlow juga tak mau menyerah. Manuver resiko tinggi dipertontonkan lagi. Sempat ada di posisi dua tapi Marquez terpaksa mengakui kekuatan Crurchlow. Lagi-lagi Marquez melebar dan terpaksa turun posisi. Belum insyaf menjadi bad boy, Marquez bertarung lagi dengan Vale tapi kali ini Vale lebih kuat dari sebelumnya. Marquez tidak berhasil mengambil alih posisi 3 dari Vale. 

Lap terakhir, Marquez mengajak Dani Pedrosa bertarung tapi tak sempat mendapat posisi karena keburu bendera finish berkibar. Maverick Vinales yang tak tersentuh mencapai finish duluan dan memenangi seri Silverstone Inggris. Cal Crutchlow, The Happy Father, finish kedua. Valentino Rossi finish ketiga. Kemenangan Vinales disambut gembira oleh Tim Suzuki. Suzuki terakhir meraih kemenangan di tahun 2007 oleh Chris Vermeulen di Le Mans. Udah lama banget. Podiumnya Cal Crutchlow juga disambut hangat oleh publik Inggris. Podiumnya Vale membuat jarak poin dengan Marquez menjadi 50. Masih banyak sih.. tapi yang terpenting adalah Vale podium terus di 6 seri tersisa. Berikut ini adalah hasil seri Silverstone dan posisi klasemen sementara

hasil seri Silverstone (dok.motogp.com)
hasil seri Silverstone (dok.motogp.com)
klasemen sementara (dok.motogp.com)
klasemen sementara (dok.motogp.com)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x