Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

MotoGP Brno, Cal Crutchlow Juara, Rossi Menggila

21 Agustus 2016   22:56 Diperbarui: 22 Agustus 2016   07:12 1706 9 12 Mohon Tunggu...
MotoGP Brno, Cal Crutchlow Juara, Rossi Menggila
Cal Crutchlow (dok.motogp.com)

MotoGP seri Brno hari ini berlangsung menegangkan. Saat Moto3 dan Moto2 kondisi hujan, tapi setelah Moto2 berakhir hujan berhenti dan cuaca cerah namun trek masih basah. Diprediksi balapan akan berlangsung flag to flag jadi para crew pembalap telah menyiapkan motor pengganti di depan garasinya masing-masing. Kondisi trek yang tricky begini bikin pemilihan ban jadi penting banget. Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo memilih ban depan soft dan ban belakang hard. Sementara Andrea Iannone memilih ban depan soft dan ban belakang soft.

Balapan berlangsung dalam 22 lap. Marquez memulai balapan dari posisi pole dan Valentino Rossi memulai dari posisi 6. Marquez langsung ngacir ke depan dan Vale turun ke posisi 8. Iannone diovertake Dovizioso dari posisi 2. Lap kedua Vale tambah turun ke posisi 12 dan Lorenzo turun ke 10. Di lap ketiga Dovi overtake Marquez dan mengambil alih posisi 1 darinya. Tanpa perlawanan Marquez turun posisi. Sialnya Marquez kena lagi di overtake Iannone, turun ketiga deh Marquez. Di belakang Marquez ada Redding yang makin mendekat.

Di lap keempat tragedi buat Marquez, iya sukses diovertake Scott Redding. Posisi top 3 saat ini adalah Dovizioso, Iannone dan Redding... all Ducati. Iannone push hard motor dan membabat Dovi dari pimpinan balapan. Lap kelima ganti Redding yang membabat Dovizioso. Lalu kemana Vale dan Lorenzo? Saat ini Vale di posisi 12 dan Lorenzo posisi 16... nightmare buat Yamaha. Ban hard itu panasnya lama, kalo trek mengering maka jadi keuntungan buat ban hard yang udah panas jadi bisa langsung ngacir. Tapi kalo trek masih lembab ya susah panas dan susah ngacir.

Di lap ketujuh, 3 rider Ducati makin menggila, Marquez ada di posisi empat dengan selisih 2,5 detik dari Dovi yang ada di posisi tiga. Di lap ke 8 Vale turun lagi ke posisi 13, Lorenzo masih di posisi 16. Komentator sampe bilang "Di mana Rossi? Saya nggak tau dia di mana" ... ampun dah. Tapi kondisi trek mulai kering. Hector Barbera sukses overtake Marquez dan melengkapi all Ducati rider di top 4. Di 13 lap tersisa Hector Barbera di posisi empat mulai memberi ancaman pada Dovi yang ada di posisi tiga. Mimpi buruk untuk Dovizioso yang motornya bermasalah, gampang aja ia di overtake Barbera. Di 12 lap tersisa Dovizioso balik ke pit dan ganti motor.

Valentino Rossi (dok.mptogp.com)
Valentino Rossi (dok.mptogp.com)
Ban hard Yamaha mulai bekerja. Di 11 lap tersisa Vale naik ke posisi 9 dan Lorenzo di posisi 12. Sementara itu Cal Crutchlow mulai ikut menggila. Ia membabat lawannya satu demi satu dan merangkak naik. Ducati emang bener-bener dah ini. 

Crutchlow bahkan membabat Marquez tanpa perlawanan berarti dan naik ke posisi empat di 10 lap tersisa. Sementara itu Vale mulai pede dengan bannya dan duel dengan Vinales berebut posisi tujuh. Vale berhasil.. ia posisi tujuh sekarang. Di 9 lap tersisa, Cal Crutchlow makin menjadi-jadi. Ia berhasil mempecundangi Redding dan Barbera. Crutchlow di posisi dua sekarang. 

Akang Vale juga makin menjadi-jadi. Setelah sukses membabat Petruci dan Pol Espargaro, sekarang ia mengancam Marquez untuk mengambil posisi 5 di 8 lap tersisa. Lorenzo yang putus asa dengan ban gambling ganti motor di 7 lap tersisa. Terlihat Lorenzo berbicara ke timnya dengan mimik wajah marah. Sementara itu Cal Crutchlow berhasil membabat Iannone dan mengambil alih pimpinan balapan. Nyaris berbarengan dengan Vale yang naik ke posisi 4 setelah memenangi duel dengan Marquez.

Di 5 lap tersisa Dovi menyerah dan balik ke garasi, nampaknya motor keduanya pun bermasalah. Sungguh balapan yang anti klimaks buat Dovi. Lorenzo juga balik ke pit buat ganti motor. Ganti motor lagi? Iya.. Lorenzo memutuskan ganti motor lagi. Lorenzo balik ke trek saat Vale naik ke posisi 3 setelah overtake Barbera. Penonton bergemuruh melihat rider tua ini menggila. Cal Crutchlow telah menghilang dari pandangan. Ban motor Iannone mulai habis maka gampang aja dia dibabat Vale. Penonton kembali bergemuruh melihat The Doctor naik ke posisi 2. Mungkin gemuruh itu juga buat Lorenzo yang kena overlap hihihihi.

Di 3 lap tersisa Iannone duel dengan Barbera dan Marquez berebut posisi 3. Marquez memenangi ini karena faktor skill dan ban. Ban Iannone benar-benar habis. Di 2 lap tersisa Cal Crutchlow balapan sendirian, selisih 6,5 detik dari Valentino Rossi. Last lap! Ban menjadikan balapan ini anti klimaks buat Iannone, ia terpaksa turun ke posisi 6. Akhirnya... Cal Crutchlow menyentuh garis finis duluan. Lalu berturut-turut Vale datang diikuti oleh Marc Marquez.  Kemenangan Cal Crutchlow adalah penantian panjang bagi rider Inggris. Rider Inggris memenangi grand prix tahun 1981 lewat Barry Sheene... 35 tahun yang lalu.

Lorenzo (dok.motogp.com)
Lorenzo (dok.motogp.com)
Saat dimintai komentar setelah balapan, Vale bilang bahwa ia sempet putus asa di awal race. Vale berpikir bahwa ia dan timnya telah mengambil keputusan yang salah dalam soal ban. Namun akhirnya ia bisa naik lap demi lap dan di kondisi itu ia nggak boleh membuat kesalahan. Pada akhirnya Vale menyadari bahwa ia telah memilih keputusan yang tepat (soal ban). Nah kalo Lorenzo gimana ya? Apa seharusnya dia nggak ganti motor dan tetep balapan dengan ban hard? Kata gosip di pinggir trek Brno, crew Lorenzo pun bingung kenapa Lorenzo ganti motor.

Yang pasti dengan teparnya Lorenzo membuat Vale naik ke posisi dua di klasemen sementara MotoGP 2016. Masih jauh sih bedanya sama Marquez... 53 poin bro tapi buat saya yang terpenting adalah Vale konsisten meraih podium di setiap race. Race-race berikutnya akan sangat krusial dan berbuat kesalahan berarti kehilangan poin. Berikut ini hasil MotoGP seri Brno dan posisi klasemen sementara. 

hasil seri motogp brno (dok.motogp.com)
hasil seri motogp brno (dok.motogp.com)
klasemen sementara (dok.motogp.com)
klasemen sementara (dok.motogp.com)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x