Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

MotoGP Jerez, Rossi Juara, Lorenzo Kecewa

24 April 2016   22:47 Diperbarui: 25 April 2016   04:16 0 16 18 Mohon Tunggu...

[caption caption="Menangggggg (dok.crash.net)"][/caption]Valentino Rossi menang!!! The Doctor menjuarai MotoGP Jerez Spanyol hari ini, 24 April 2016. Start dari posisi pole, Vale tak terbendung ngacir hingga finish. Jorge Lorenzo di lap awal sempat berusaha bertarung dengan Vale tapi Vale sedang on fire dan nggak mengijinkan siapapun melawannya. Marquez yang finish ketiga di awal-awal lap juga berusaha mengambil alih posisi dua dari Lorenzo tapi Lorenzo melawan. Jadi di lap-lap akhir jarak Vale, Lorenzo dan Marquez berselisih cukup jauh. Sebuah balapan yang membosankan? Selama Vale ada di posisi terdepan nggak ada balapan yang membosankan hahahahah.

Balapan berlangsung dalam 27 lap. Posisi pole kali ini adalah pole yang ke 52 buat Vale di sepanjang karir Premier class. Lorenzo start dari posisi dua dan Marquez posisi tiga. Vale melakukan start sempurna dan langsung ngacir ke depan. Lorenzo membuntuti ketat di belakangnya. Dani Pedrosa naik dari posisi tujuh ke posisi tiga. Marquez turun ke posisi empat.

Lap kedua Marquez overtake Dani Pedrosa buat posisi tiga. Nggak ada perlawanan berarti dari Dani Pedrosa. Lap ketiga Lorenzo overtake Vale dari tikungan dalam, tapi Vale overtake lagi. Vale tetap memimpin balapan. Marquez kian mendekati Lorenzo sementara Vale berusaha menjaga jarak. Gap Rossi ke Lorenzo adalah 0,4 detik. Nggak lama gapnya bertambah lagi menjadi 0,7 detik.

Marquez makin dekat ke Lorenzo tapi belum mempunyai kesempatan untuk overtake. Vale mencatat fastest lap 1:40:150, Vale terlihat nyaman memacu motornya. Lap keenam selisih waktu Vale ke Lorenzo menjadi 1.156 detik, Vale makin ngacir dan Jorge makin susah menyalip. Marquez masih setia membuntuti Lorenzo. Nggak tau kapan nyalipnya.. kayaknya udah deketttt banget tapi belum kesalip juga. Malah Marc sempat melebar di sebuah tikungan.

[caption caption="Ada yang manyun (dok.crash.net)"]

[/caption]Lap ketujuh Alvaro Bautista crash. Di posisi empat Dani Pedrosa balap sendirian. Dani Pedrosa sekarang jadi kayak rider penggembira aja gitu. Padahal Dani rider senior di MotoGP tapi feeling buat bertarungnya entah terbang kemana. Sayang banget. Marquez makin deket ke Jorge, sempet ada usaha buat nyalip tapi mentah lagi. Sisa 18 lap dan Vale makin ngacir di depan. Sesuai dengan tagline Yamaha.. Vale semakin di depan hahahaha.

Nasib sial masih belum beranjak dari diri Andrea Dovizioso. Kali ini Dovi terpaksa out dari balapan karena motornya bermasalah. Kayaknya bener kata Matteo Guerinoni.. Dovi kudu ganti nomor tuh, soalnya angka 4 bawa sial. Sementara itu selisih waktu Vale dengan Jorge jadi 2,3 detik di 17 lap tersisa. Aki-aki lagi kebelet kali ya jadi ngebut hahahaha. Pol Espargaro terlibat duel dengan Cal Crutchlow berebut posisi 7 di 15 lap tersisa.

Di 14 lap tersisa Vale mencatat fastest lap lagi. Di 13 lap tersisa Aleix Espargaro berusaha membabat Dani Pedrosa buat posisi 4. Jarak Lorenzo ke Marquez terpaut 4 detik sudah. Marquez udah males ganggu Lorenzo kayaknya. Males apa nggak enak hati sih? Di 10 lap tersisa gap Vale ke Lorenzo terpaut 2.344 detik lalu berkurang jadi 2.171 detik... lalu berkurang lagi jadi 2.008 detik. Saya mulai deg-deg an. Apa-apaan ini Lorenzo makin mendekat. Tapi saya yakin Vale masih aman.

Bener aja kan.. gap Vale ke Lorenzo naik lagi jadi 2.108 detik.. terus naik ke 2.289 detik dan sempat menyentuh 2,7 detik di 6 lap tersisa. Syukurlah Lorenzo menyadari kekhilafannya.. memacu motor di atas limit akan berakibat buruk untuknya. Supaya nggak boring, Pol Espargaro menyuguhkan duel dengan Iannone dan duel ini dimenangi oleh Iannone. 


Di 5 lap tersisa gap Vale ke Jorge menyentuh 3,3 detik. Terlihat legenda MotoGP Giacomo Agostini menonton balapan dari pinggir trek. Di 2 lap tersisa lean angle Vale menyentuh 59 derajat. Lap terakhir.. penonton bersorak sorai menyambut Vale yang memacu motor menuju garis finish. Ribuan Popolo Gallo berkibar. Akhirnyaaaa... Vale menyentuh garis finish.. Vale menang! Lorenzo finish kedua dan Marquez finish ketiga.

[caption caption="Marquez selalu ceria walau kalah (dok.crash.net)"]

[/caption]Vale, crew dan fans bersukacita menyambut kemenangan ini. Vale bergaya duduk menyamping di motornya saat victory lap. Sungguh saya lupa kapan Vale melakukan selebrasi dengan gaya seperti ini. Udah lama bangetttt. Sambutan penonton di Sirkuit Jerez atas kemenangan Vale sungguh luar biasa. Walaupun Jerez adalah rumah bagi Marquez tapi fans Vale sangat banyak di sini. Dalam komentarnya setelah race, Vale bilang bahwa timnya telah bekerja keras sepanjang weekend dan minggu ini adalah minggu yang sempurna.

Lagi-lagi podium sungguh canggung. Nggak ada tegur sapa antara Vale, Jorge dan Marquez. Marahan yang berkepanjangan heheheh. Marquez seperti biasa ceria di podium tapi Lorenzo nggak bisa menyembunyikan kekecewaannya. Manyun aja gitu. Podium ini merupakan podium Vale yang ke 177 dan kemenangan ke 113 di sepanjang karir premier classnya. Prestasi mana lagi yang kau dustakan. Setelah tidak finish di race Austin kemarin, race Jerez merupakan balas dendam bagi Valentino Rossi. Congratulations dear Vale.. you did a great job. Very proud of you.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN