Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Ciater, Berendam di Air Panas Alam

28 Desember 2011   06:57 Diperbarui: 25 Juni 2015   21:39 4880 4 22 Mohon Tunggu...


[caption id="attachment_152256" align="aligncenter" width="640" caption="Suasana di sebuah area kolam, penuh pengunjung saat siang (dok.yyt)"][/caption]

Punya rencana kemana Anda di malam tahun baru nanti? Pasti banyak yang ingin melewati malam tahun baru nanti bersama keluarga, bisa di rumah saja atau keluar kota. Buat Anda yang berencana pergi ke Bandung saya informasikan bahwa gerbang menuju Bandung akan ditutup pada tanggal 31 Desember jam 17.00 WIB.

Tujuannya tentu agar Bandung tak menjadi lebih macet dengan kedatangan orang-orang dari luar Bandung yang ingin menikmati suasana malam tahun baru di Bandung. Mengenai bagaimana teknis penutupan dan di mana saja jalan yang ditutup silakan mencari informasi detail soal itu.

Bandung memang menjadi alternatif tempat wisata yang sering dikunjungi orang-orang dari Jakarta. Tempatnya relatif dekat dan tempat wisata, tempat makan atau tempat belanja tumpah ruah di sana. Beberapa minggu yang lalu saya dan teman-teman kantor berkesempatan pergi berwisata ke Bandung. Ceritanya refreshing gitu.

Ada beberapa tempat yang kami datangi, namun saya ingin berbagi cerita tentang sebuah tempat yang buat Anda pasti tak asing, Sariater atau dikenal juga sebagai Ciater. Area pemandian air panas yang bersumber langsung dari gunung Tangkuban Perahu ini memang cukup dikenal. Lokasinya ada Jalan Raya Ciater Subang dikelilingi oleh suasana alam yang indah.

Harga tiket masuk ke sana bermacam-macam tergantung fasilitas yang ingin Anda dapat. Jika hanya ingin berendam di kolam alam Anda hanya perlu merogoh kocek delapan belas ribu rupiah per orang. Namun bila Anda ingin berenang di kolam renang buatan yang berair hangat Anda harus membayar uang masuk ke kolam renang lagi seharga dua puluh enam ribu hingga tiga puluh lima ribu rupiah per orang. Untuk kendaraan (mobil pribadi) Anda dikenakan biaya sebesar limabelas ribu rupiah per kendaraan. Cukup murah.


[caption id="attachment_152257" align="aligncenter" width="532" caption="Parit kecil bisa untuk berendam (dok.yyt)"][/caption]

Saya sudah lama tak berkunjung ke sana, maka ketika saya berkunjung lagi ke sana saya cukup kaget dengan kondisinya. Kolam pemandian makin banyak jenisnya dan tertata. Kita tinggal pilih mau di kolam buatan (kolam renang) atau kolam alam. Jika tak ingin berendam di kolam, parit-parit kecil yang banyak mengalir juga bisa digunakan untuk berendam. Parit-parit yang di dasarnya terdapat batu alam ini malah memberi sensasi tersendiri, tapak kaki serasa dipijat gitu.

Jangan khawatir air di parit ini kotor, karena airnya hangat dan bening. Cocok bagi anak-anak yang ingin bermain air sambil berendam karena dasar paritnya dangkal. Di kiri kanan kolam dan parit-parit kecil ini disediakan tempat bersantai lengkap dengan tikarnya. Anda tinggal memilih mau yang tempatnya beratap atau tidak beratap.

Tentu Anda harus menyewa tempat ini. Harga sewa tergantung luas tempatnya. Sebagai contoh tempat seluas 6 lembar tikar dihargai 100 ribu rupiah. Lebih sempit pastinya harga lebih murah dan kita bisa menggunakannya selama kita mau, mau sejam atau seharian. Maka buat Anda yang pergi serombongan dengan keluarga tak perlu pusing mencari tempat berkumpul. Selain kolam-kolam alam, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan aneka permainan anak. Jadi buat Anda yang membawa anak balita akan cukup puas kalau datang ke tempat ini.

Ada beberapa saran yang ingin saya sampaikan kalau Anda mengunjungi tempat ini. Saran pertama adalah datang sepagi mungkin karena makin siang pengunjungnya makin ramai. Yah ini sudah biasa terjadi di tempat wisata manapun.

Saran kedua, area Sari Ater sangat luas. Ada beberapa kolam renang yang bisa Anda masuki. Namun jika Anda memilih cara murah meriah yaitu hanya merendam kaki, Anda bisa memilih lokasi parit-parit alam yang tadi saya ceritakan.

Saya lebih menyarankan Anda untuk menikmati parit-parit ini ketimbang merendam kaki di kolam alam karena para pengunjung lain memilih kolam ini jadi bisa dipastikan jika hari beranjak siang Anda tak akan lagi nyaman karena kolam jadi penuh pengunjung. Untuk menuju ke lokasi parit ini Anda perlu berjalan lebih ke dalam ke arah danau atau ke arah kolam renang Pulosari.


[caption id="attachment_152258" align="aligncenter" width="553" caption="Menikmati suasana danau (dok.yyt)"][/caption]

Di area Sari Ater memang ada danau di mana kita bisa naik perahu-perahu bebek yang disewakan. Di pinggir danau ini ada flying fox. Jadi kalau Anda main flying fox ini, Anda akan meluncur di atas danau. Keren.

Saran ketiga, jangan sungkan untuk menawar jika Anda menyewa tempat untuk berkumpul bersama keluarga. Sebagai contoh, tempat seluas 6 lembar tikar ditawarkan seharga seratus dua puluh ribu rupiah, namun akhirnya kami bisa mendapatkannya seharga seratus ribu rupiah. Masih mahal? Cari tempat yang lebih kecil saja.

Mungkin ada diantara Anda yang pernah atau bahkan sering datang ke sana? Silakan berbagi cerita. Buat saya tempat ini pas untuk bersantai ria bersama keluarga. Saya tak akan menyesal untuk datang lagi suatu hari nanti.

Selamat tahun baru 2012 buat teman-teman kompasianer, semoga tahun depan keadaan kita lebih baik dari tahun ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x