Mohon tunggu...
Aksi Cepat Tanggap
Aksi Cepat Tanggap Mohon Tunggu... Organisasi Kemanusiaan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menjadi organisasi kemanusiaan global profesional berbasis kedermawanan dan kerelawanan masyarakat global untuk mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik http://act.id Aksi Cepat Tanggap (ACT) Foundation is a professional global humanitarian organization based on philanthropy and volunteerism to achieve better world civilization

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

10 Kota Dermawan Indonesia Selama Pandemi, Apakah Kotamu Termasuk?

1 Februari 2021   14:54 Diperbarui: 1 Februari 2021   15:06 92 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
10 Kota Dermawan Indonesia Selama Pandemi, Apakah Kotamu Termasuk?
Photo by Noorulabdeen Ahmad on Unsplash 

Aksi Cepat Tanggap (ACT) melakukan survei melibatkan 437 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan menemukan kota-kota paling dermawan di Indonesia melalui beberapa indeks yang dilakukan selama 2020. Indikator yang digunakan dalam laporan tersebut adalah jumlah donatur yang terlibat, jumlah uang yang didonasikan, hingga menjadi relawan. Berikut 10 kota dermawan versi ACT selama 2020.

1.       Jakarta Selatan

Sebagai salah satu kota yang terkenal menjadi tempat nongkrong dan pusat bisnis,  Jakarta Selatan memiliki banyak lokasi strategis untuk bergaul dan membangun relasi bagi milenial. Sebagian besar orang mengetahui bahwa kawasan ini pun menjadi salah satu kawasan elit di Indonesia. Namun, siapa sangka selama masa pandemi, warga Jakarta Selatan adalah yang paling dermawan. Berdasarkan data survei ACT dari donor yang terlibat dalam kedermawanan, terdapat 5.523 donatur yang terlibat dalam penggalangan dana melalui ACT. Perolehan donasi yang terkumpul pun cukup besar, yaitu sekitar Rp290 miliar. Membanggakan!

 2.       Jakarta Timur

Fasilitas Jakarta Timur semakin berkembang dan mampu bersaing dengan wilayah tetangganya seperti Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Hal ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan gaya hidup dan hiburan bagi para warganya. Dengan jumlah penduduk lebih dari 3 juta jiwa, Jakarta Timur menjadi salah satu kawasan strategis dalam kegiatan ekonomi di DKI Jakarta. Sebagai lokasi yang semakin berkembang, terdapat 3.725 donatur dengan jumlah total donasi 26 miliar selama pandemi ini.

3.       Tangerang Selatan  

Siapa yang tak kenal dengan Kota Tangerang Selatan? Setelah diresmikan pada 2008, Tangerang Selatan mengalami banyak perubahan yang signifikan. Pengembangan lokasi pariwisata, pusat belanja, pusat kuliner, destinasi wisata, serta gedung-gedung pemerintahan dikelola dan dikembangkan dengan cepat. 

Perkembangan pembangunan Tangsel yang terbilang cukup cepat ini membuat banyak orang yang ingin berkunjung, bahkan ada beberapa yang tertarik untuk menetap dan tinggal di kota tersebut. 

Saat ini, Tangerang Selatan sudah sangat ramai, bukan hanya penduduk asli yang tinggal di sana, akan tetapi banyak pendatang yang menetap untuk mencari peluang usaha atau pekerjaan baru. Dengan perkembangan yang sangat pesat ini, diharapkan Tangsel mampu menjadi salah satu kota terbaik di Indonesia.

Siapa sangka meskipun menjadi tempat yang cukup tinggi persaingannya, para warganya sangat dermawan. Terbukti, di tengah pandemi lebih dari 3 ribu donatur menyalurkan amanah terbaik untuk bencana dalam negeri hingga berbagai penjuru dunia. ACT mencatat, perolehan donasi yang terkumpul selama 2020 adalah sekitar Rp 31 miliar. Apakah kamu termasuk warga Tangsel?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN