Mohon tunggu...
Yasmin Salma
Yasmin Salma Mohon Tunggu... Pelajar

Do One Thing Every Day that Happy You

Selanjutnya

Tutup

Novel

Pasang Surut Keberhasilan

24 Februari 2021   07:37 Diperbarui: 24 Februari 2021   07:52 34 1 0 Mohon Tunggu...

     Tepat pada tanggal 9 September tahun 1890 lahirlah anak laki laki yang bernama Harland David "Colonel" Sanders, ia tinggal dirumah dengan 4 kamar yang terletak kurang lebih 5 km  disebelah timur Hanrifil Indiana, Kolonel Sanders anak pertama dari 3 bersaudara ayahnya bernama Wilbur David dan ibunya bernama Margaret Ann Sanders, keluarga mereka dapat dikatakan harmonis, ayahnya seorang pria yang lembut dan penuh kasih sayang yang bekerja disebuah pertanian seluas 40 hektar, tetapi pada saat itu Wilbur David terjatuh hingga kakinya patah,  kemudian ayah Kolonel Sanders melanjutkan menjadi tukang daging. Ibunya sangat taat terhadap agamanya dan juga tertib terhadap anak anaknya dan melarang untuk tidak memakai kejahatan alkohol, tembakau, dan perjudian.


     Sang Ayah meninggal pada tahun 1895, dan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya ibunya bekerja di sebuah pabrik pengalengan tomat, dan Sanders yang masih muda ditinggalkan dirumah untuk menjaga adik- adiknya.


     Pada usia Sanders yang ke-7 tahun, Sanders memiliki ketertarikan di roti dan sayur sayuran, sehingga dia bisa mengembangkan olahan daging sendiri, pada saat itulah dia mengembangkan keterampilannya pada saat ibunya bekerja.


     Pada saat dia berusia 10 tahun dia mulai bekerja sebagai buruh tani. Pada tahun 1902 ibunya Sanders menikah lagi dengan seorang lelaki yang bernama William Broaddus, dan keluarga nya tersebut pindah ke Green Wood, Indiana. Pada saat itu perasaan Sanders sangat senang karena ibunya akan memiliki pendamping hidup kembali, tetapi lama kelamaan hubungan antara sanders dan bapak tirinya tidak begitu baik, sehingga satu tahun kemudian pada tahun 1903 dia putus sekolah dikelas 7 dan pergi untuk bekerja di ladang pertanian didekat rumahnya.


     Diusianya yang ke-13 tahun dia memutuskan untuk meninggalkan rumah dan mengambil pekerjaan mengecat kereta kuda di Indianapolis. Dan diusianya yang ke 14 tahun Sanders kembali pindah ke Indiana untuk bekerja sebagai buruh tani.


     Di Tahun 1906, dengan persetujuan ibunya Sanders meninggalkan rumahnya lagi dan pergi bersama pamannya ke  New Albany, Indiana. Pamannya ini bekerja diperusahaan term dan pamannya memberikan perkerjaan kepada Sanders sebagai kondektur, Sanders juga sempat pada saat itu memalsukan tahun lahirnya untuk mendaftar di angkatan darat Amerika Serikat pada tahun 1906, supaya apa? Supaya bisa menyelesaikan komitmen dinasnya sebagai seorang wagonar dikubah. Dan akhirnya Sanders diberhentikan secara hormat pada bulan februari 1907 dan pindah ke Sheffield, Alabama ditempat pamannya tinggal. Pamannya memberikan pekerjaan kembali kepada Sanders sebagai pembantu dibengkel baru genap 2 bulan bekerja disana, Sanders pindah kembali ke Jasper,Albama dimana disana ia bekerja sebagai pembersih kereta di Northern Alabama Railroad.


     Pada saat usianya yang ke 16 tahun, Sanders bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran dan disana ia bekerja hampir 3 tahun, sampai Sanders dipecat karena pembangkangan kepada beberapa atasannya dikarenakan pada saat itu ia sedang sakit. Pada tahun 1910 ia bekerja lagi sebagai buruh, tetapi pada saat ia bekerja di perusahaan kerta api Sanders memiliki teman yang bernama Josephine King dari kota Jasper,Alabama nah disana lah mereka mulai saling mencintai dan akhirnya menikah dan dikaruniai seorang anak laki laki yang bernama Harland,Jr tetapi sayangnya dia meninggal diusianya yang ke 22 tahun dikarenakan amandelnya yang terinfeksi selain itu dia memiliki dua putri lainnya yang diberi nama Margaret Sanders dan Mildred Ruggles.


     Pada saat ia sudah berkeluarga, Sanders mendapatkan perkerjaan baru lagi yaitu sebagai petugas pemadam kebakaran di Illinois Central Railroad dan mereka sekeluarga pun pindah ke kota Jackson, Tennesse. Tetapi setelah seharian bekerja malamnya pun Sanders tetap belajar tetapi belajar hukum melalui beberapa korespondensi yang diselenggarakan La Sale Extension University. Dan perkerjaan nya di illinois sebagai petugas kebakaran itu tidak berlangsung lama karena Sanders kehilangan perkerjaannya setelah bertengkar dengan rekan kerjanya. Dan pada saat itu Sanders pergi lagi keluar kota untuk mencari pekerjaan baru serta istri dan anak anaknnya tinggal di rumah ibu istrinya.

     Dari bekal Sanders mempelajari hukum waktu itu, sanders mulai mempraktekan hukum di Little Rock yang dilakukan selama 3 tahun dan akhirnya ia menghasilkan cukup uang dan membawa keluarganya untuk pindah berasamanya. Setelah itu Karir hukumnya berhenti kembali dikarenakan perkelahian lagi, yaitu perkelahian di ruang sidang antara dia dan kliennya sendiri. Karena perkelahian tersebut akhirnya merusak reputasinya dan periode inilah menjadi titik rendah dari kehidupan Sanders.


     Pada tahun 1930, disiang terik matahari ada sebuah perusahaan minyak Shell datang dan menawarkan Sanders sebuah ruangan untuk bisa disewakan gratis tapi sebagai imbalannya tersebut meminta Sanders sekian persen dari hasil penjualannya. Sanders pun akhirnnya memutuskan untuk menyajikan hidangan ayam dan makanan lain seperti ham, daging dagingan dan stik pedesaan. Pada saat itulah Sanders pertama kali membuka restoran ayamnya. Dan pada saat itu Sanders terlibat baku tembak dengan pesaing nya sendiri yang bernama Matt Stewart yang pada saat itu Matt Stewart tewas terbunuh oleh Sanders dan akhirnya Sanders dihukum penjara akibat pembunuhan tersebut, dan setelah bebas dia kembali lagi mengolah hidangan ayamnya.


     Pada bulan Juli 1939 Sanders baru menyelesaikan resep rahasia untuk menggoreng ayam dalam penggorengan yang bertekanan yang mampu memasak ayam  lebih cepat dibandingkan dengan menggorengnya di wajan. Ketika Amerika Serikat memasuki perang dunia ke-2 pada bulan desember 1941 penggunaan gas pun dibatasi dan saat pariwisata menyusut, Sanders pun terpaksa menutup motel nya terserbut dan dia bekerja lagi sebagai supervisor di akhir tahun 1942, selain itu sanders juga bekerja part time disebuah cafetaria untuk sebuah pabrik persenjataan dikota Tennesse kemudian ia naik pangkat menjadi asisten manager di cafetaria, dan disana ia memiliki wanita idaman lain yang bernama Claudia Ledington Price yaitu manager nya sendiri, pada tahun 1947 Sanders bercerai dengan istrinya yaitu Josephine King dan menikah dengan Claudia Price.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x