Mohon tunggu...
Yasmin Inassari
Yasmin Inassari Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa uin sunan ampel surabaya

Seorang mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Penerapan Teknik Evaluasi di Taman Kanak-Kanak Khadijah 3 Candi Lontar Surabaya

22 Desember 2021   19:13 Diperbarui: 23 Desember 2021   09:37 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pada artikel saya kali ini saya akan membahas sebuah hasil observasi dari saya sendiri mengenai kegiatan penerapan teknik evaluasi anak usia dini di Taman Kanak - Kanak Khadijah 3 Candi lontar Surabaya. Evaluasi merupakan salah satu hal penitng untuk dilakukan pada setiap pembelajaran dikelas. Pentingnya kegiatan evaluasi dalam pembelajaran dikelas mengakibatkan guru harus mempunyai persiapan dan kompetensi yang baik, baik dari segi perencanaan pembelajaran, kemampuan guru mengembangkan proses pembelajaran serta adanya penguasaanya terhadap bahan ajar dan ada juga yang tidak cukup kemampuan guru dalam menguasai kelas tanpa diimbangi dengan melakukan evaluasi pada perencanaan kompetensi peserta didik yang sangat menentukan untuk konteks perencanaan yang selanjutnya.

Saya sengaja melakukan observasi atau wawancara di Taman Kanak - Kanak Khadijah 3 Candi Lontar Surabaya ini karena sekolahnya cukup populer dan sudah mengenal salah satu gurunya.

Tujuan saya membuat observasi dan wawancara di Taman Kanak - Kanak Khadijah 3 Candi Lontar Surabaya ini untuk menambah wawasan saya sebagai mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini supaya bisa memahami sebelum terjun langsung menjadi guru Pendidikan anak usia dini dan mencari tahu teknik evaluasi apa saja yang digunakan oleh Taman Kanak - Kanak Khadijah 3 Candi Lontar Surabaya.

  • Teknik Evaluasi Yang Akan Dipergunakan Dalam Pelaksanaan Evaluasi

Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran anak usia dini di Taman Kanak - kanak Khadijah 3 Candi Lontar Surabaya ini adalah dengan menggunakan teknik non tes. Teknik non tes ini yaitu menggunakan metode pengamatan atau bisa disebut observasi, catatan anekdot dan menggunakan portofolio. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di Taman Kanak - kanak Khadijah 3 Candi Lontar Surabaya ini dalam melakukan pelaksanaan evaluasi pembelajaran dikelas guru hanya melakukan dengan teknik pengamatan atau observasi, guru mengamati setiap sikap anak , perilaku anak, dan keterampilan anak saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar dikelas. Hal ini juga dinyatakan juga dalam wawancara dengan guru bahwa saat kegiatan pembelajaran dikelas berlangsung guru hanya mengamati setiap anak, dari situ juga guru juga dapat melakukan evaluasi sikap anak, pengatuan anak, keterampilan anak.

Karena sifat anak usia dini lebih suka dengan metode bermain, jika menyampaikan materi dengan cara bermain anak akan lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru dan anak juga tidak akan mudah bosan dengan materi. Jadi teknik evaluasi yang dipilih oleh guru Taman Kanak - kanak Khadijah 3 Candi Lontar Surabaya ini sudah tepat  dengan menggunakan teknik non test, guru hanya mengamati perilaku anak , sikap anak, interaksi anak pada saat dikelas bagaimana, dan menurut guru Taman Kanak - Kanak Khadijah 3 Candi Lontar Surabaya lebih efektif juga jika melakukan kegiatan evaluasi dengan teknik non tes ini. di Taman Kanak - Kanak Khadijah 3 Candi Lontar Surabaya ini juga menggunakan metode observasi tau pengamatan, catatan anekdot dan portofolio, karena teknik evaluasi tersebut biasa digunakan untuk menilai anak usia dini di sekolah - sekolah dan metode tersebut yang wajib digunakan utuk menilai keseharian anak saat mengikuti pembelajaran dikelas. Metode tersebut mempermudah guru untuk mengetahui bagaimana keaktifan anak pada saat dikelas atau kah mengikuti pembelajaran dengan baik atau tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. Hasil evaluasi tersebut akan disampaikan guru oleh orang tua peserta didik supaya orang tua paham bagaimana kegiatan sang anak saat dikelas jika anak tidak bisa mengikuti dengan baik tugas guru dan orang tua peserta didik untuk bisa ekstra mendidik anak supaya bisa mengikuti pembelajaran dengan baik seperti teman - teman kelasnya.

  • Teknik evaluasi yang tidak digunakan Taman Kanak - Kanak Khadijah 3 Candi Lontar Surabaya

Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan di Taman Kanak - Kanak Khadijah 3 Candi Lontar Surabaya teknik evaluasi yang tidak menggunakan di Taman Kanak -Kanak Khadijah 3 Candi Lontar Surabaya yaitu teknik evaluasi tes ,teknis evaluasi tes cukup tidak efektif untuk digunakan pada pendidikan anak usia dini, karena Jika melakukan kegiatan teknik evaluasi dengan menggunakan teknik tes anak akan mudah bosan dan mungkin ada juga anak yang masih belum bisa membaca huruf dan belum memahami bentuk angka yang dimaksud.


Kesimpulan yang bisa kita dapat dari hasil observasi dan wawancara di Taman Kanak -Kanak Khadijah 3 Candi Lontar Surabaya yaitu Pentingnya kegiatan evaluasi dalam pembelajaran dikelas mengakibatkan guru harus mempunyai persiapan dan kompetensi yang baik, baik dari segi perencanaan pembelajaran maupun kemampuan guru mengembangkan proses pembelajaran serta adanya penguasaanya terhadap bahan ajar dan ada juga yang tidak cukup kemampuan guru dalam menguasai kelas tanpa diimbanginya dengan melakukan evaluasi pada perencanaan kompetensi peserta didik yang sangat menentukan untuk konteks perencanaan yang selanjutnya. Dan setiap sekolah mempunyai kegiatan penerapan evaluasi yang berbeda - beda , jadi yang saya ambil dari hasil wawancara saya yaitu evaluasi tes untuk pendidikan anak usia dini cukup tidak efektif karena minat dan kemampuan anak berbeda - beda ada yang paham huruf dan bisa membaca angka , ada juga yang masih belum mengerti.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun