Mohon tunggu...
Yasinta Dian Kristiani
Yasinta Dian Kristiani Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Penggemar matematika yang hanya ingin menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lesson Study: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Kolaborasi Guru

1 Juni 2023   12:52 Diperbarui: 14 Juni 2023   14:48 387
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://cli.org/wp-content/uploads/2017/01/lesson-study-1200x800.jpg

Pembelajaran adalah inti dari suatu proses pendidikan. Bagaimana guru mengajar dan memfasilitasi pembelajaran bagi siswa sangat penting dalam menciptakan pengalaman belajar yang berkualitas dan bermakna. Di tengah zaman yang terus berkembang saat ini, kualitas pendidikan diharapkan terus ditingkatkan. Salah satu pendekatan yang dapat mengakomodasi hal tersebut, yaitu Lesson Study.

Lesson Study adalah suatu pendekatan kolaboratif yang melibatkan tim guru dalam merencanakan, mengobservasi, dan merefleksikan pelajaran secara berkelanjutan. Pendekatan ini berasal dari Jepang dan telah diterapkan di berbagai negara di seluruh dunia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Prinsip utama dalam Lesson Study,salah satunya adalah "community learning" atau komunitas belajar. Guru-guru dalam tim Lesson Study bekerja sama untuk merencanakan pelajaran yang inovatif, memperhatikan kebutuhan siswa, dan merancang strategi pembelajaran yang efektif, yang disebut sebagai tahap plan. Selanjutnya ialah tahap do, dimana salah satu guru dalam tim yang telah ditunjuk akan mengajar di kelas, sementara guru lainnya mengamati dengan saksama dan mencatat respons siswa serta kendala yang muncul.

Kemudian tahap see, yang mana merupakan proses observasi dan menjadi tahapan inti dari Lesson Study. Setelah pelajaran selesai, tim guru akan berkumpul untuk menyampaikan temuan-temuan mereka selama proses pembelajaran, melakukan diskusi dan refleksi yang mendalam tentang apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki dalam pelajaran tersebut. Pada tahap ini pula, guru-guru saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan strategi pembelajaran yang efektif. Selanjutnya melakukan revisi terhadap rencana pelajaran untuk diterapkan pada pelajaran selanjutnya.

Salah satu keunggulan Lesson Study adalah adanya siklus berkelanjutan. Artinya apa? Ya, jadi Lesson Study ini prosesnya tidak berhenti pada satu kali pelajaran, tetapi terus berlanjut dengan mengembangkan dan memperbaiki pelajaran melalui berbagai repitisi/perulangan. Dengan demikian, seiring berjalannya waktu kualitas pembelajaran dapat terus ditingkatkan.

Melalui Lesson Study, guru-guru memiliki kesempatan untuk berkolaborasi meningkatkan keahlian mereka dalam mengajar. Mereka belajar dari satu sama lain, mencoba pendekatan baru, dan berbagi praktik terbaik. Selain itu, Lesson Study juga memberikan kesempatan bagi guru untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, menggali kebutuhan individual mereka, dan mengadaptasi strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan kelas.

Penerapan Lesson Study juga dapat membantu membangun budaya pembelajaran yang kolaboratif di sekolah. Dengan melibatkan seluruh tim guru, kepala sekolah, dan bahkan siswa dalam proses Lesson Study, pembelajaran bukan lagi menjadi tanggung jawab tunggal guru di kelas, tetapi menjadi tanggung jawab bersama. Kolaborasi ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, berpusat pada siswa, dan berfokus pada peningkatan terus-menerus.

Pemerintah, lembaga pendidikan, dan guru-guru harus bersama-sama mendorong dan mendukung penerapan Lesson Study. Diperlukan waktu, dedikasi, dan kerjasama yang kuat untuk mengintegrasikan Lesson Study ke dalam budaya pembelajaran sekolah yang berkelanjutan. Namun, manfaatnya yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran dan perkembangan guru membuatnya menjadi investasi yang sangat berharga.

Dalam dunia yang terus berubah dan berkembang, kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sangat penting. Lesson Study memberikan pendekatan yang kolaboratif, reflektif, dan berkelanjutan untuk mencapai hal tersebut. Dengan Lesson Study, guru-guru dapat terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran, mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang bermakna dan relevan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun