Mohon tunggu...
Yashinta D
Yashinta D Mohon Tunggu... -

Jurnalisme Multimedia

Selanjutnya

Tutup

Media

Mengenal New Media atau Media Baru

25 Agustus 2019   16:12 Diperbarui: 27 Agustus 2019   13:54 0 1 0 Mohon Tunggu...
Mengenal New Media atau Media Baru
media-5d64d29b097f363348594ee3.jpg

          Perkembangan media yang ada saat ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Dengan teknologi yang muncul saat ini, orang bisa menghemat biaya dan waktu sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien. 

          Media Baru atau yang biasa disebut "New Media" merupakan sarana baru yang hadir. Maksudnya, dengan perkembangan teknologi yang ada, media sebagai sarana hadir untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. New media juga sering disebut sebagai perubahan teknologi analog menjadi teknologi dengan bentuk digital.

          Hadir nya new media juga merubah perilaku konsumennya. Ketika media lama, audiens hanya menjadi penonton pasif sedangkan ketika muncul media baru penonton menjadi aktif. Yang di maksud aktif ialah penonton tidak hanya pasif menonton tetapi juga aktif dalam menyampaikan pendapatnya.

          Media yang hadir saat ini mengubah banyak hal. Mulai dari cara berpikir manusia hingga kesehariannya. Tentunya, setiap hal baru yang muncul akan menimbulkan dampak positif dan juga negatif. Lalu, bagaimana dengan perkembangan media?

          Tetapi media baru tidak sepenuhnya mengganti peran media yang sebelumnya. Sampai saat ini, kita masih bisa untuk menemui koran dan majalah cetak. Bahkan beberapa orang juga masih memilih untuk membaca koran cetak daripada membaca melalui gadget. Tetapi, tuntutan zaman inilah yang membuat kita harus memiliki varian baru dalam bermedia. Dengan tujuan untuk memudahkan segala akses, maka teknologi semakin dikembangkan.

          Saat ini siapa sih yang tidak mengenal internet? Hampir semua hal bisa didapatkan di internet. Dari mahasiswa, pekerja, hingga ibu rumah tangga mengenal internet. Internet saat ini sudah seperti teman akrab. Internet juga bisa dibilang mampu memenuhi kebutuhan kita sebagai generasi milenial. Kehadiran media baru membuat banyak pihak dimudahkan dalam mengakses sesuatu, tapi dalam hal ini juga internet membuat orang menjadi malas.

          Bagi banyak orang, internet membawa perubahan yang positif bagi kehidupannya. Tetapi tak jarang juga, internet membawa hal negatif masuk ke dalam kesehariannya. Bagi mahasiswa, internet sangatlah membantu dalam mengerjakan tugas dan menambah relasi. Yang mana internet merupakan dunia yang luas tetapi bisa kita jangkau hanya dengan menggunakan gadget. Tetapi bisa saja mahasiswa tersebut juga merasa bahwa internet membawa dampak yang negatif. Seperti kecanduan media sosial. Serunya media sosial membuat orang mengabaikan banyak hal. Seperti ada tugas kuliah tidak langsung dikerjakan tetapi lebih memilih untuk menonton youtube.

          Dalam hal seperti ini, seharusnya masyarakat bisa lebih bijak dalam menggunakannya. Karena perkembangan zaman yang memaksa teknologi untuk berkembang. Teknologi yang berkembang inilah yang membuat inovasi terbaru itu muncul. Lalu hadirlah media baru atau new media ini.

          Sebenarnya, internet memiliki banyak manfaat. Hal yang bisa didapatkan melalui internet untuk zaman sekarang contohnya seperti efisien, efektif, praktis, dan mudah. Untuk mendapatkan informasi tentang belahan dunia manapun bisa didapatkan dengan mudah melalui media. Hal tersebut sudah jelas bahwa internet bersifat praktis. 

          Lalu, seperti seorang mahasiswa yang ingin membaca buku. Dengan perkembangan teknologi tercipta e-book. Dimana mahasiswa bisa dengan mudah membaca buku hanya dengan menggunakan gadget. Hal ini membuktikan bahwa internet bersifat efektif. Disisi lain, internet juga menjadi hiburan yang simple. Tidak harus pergi ke tempat hiburan, internet saat ini menyediakan banyak hiburan seperti games dan film.

Terminologi media baru mengacu pada digital, interactive, hypertexual, virtual, networked, dan simulated.

digital-5d64d27a097f3621945ec773.jpg
digital-5d64d27a097f3621945ec773.jpg
6 Karakteristik Media Baru

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x