Mohon tunggu...
Yanti Sriyulianti
Yanti Sriyulianti Mohon Tunggu... Relawan - Berbagilah Maka Kamu Abadi

Ibu dari 3 anak yang sudah beranjak dewasa, aktif menggiatkan kampanye dan advokasi Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Anak bersama Sigap Kerlip Indonesia, Gerakan Indonesia Pintar, Fasilitator Nasional Sekolah Ramah Anak, Kultur Metamorfosa, Sandi KerLiP Institute, Rumah KerLiP, dan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan di Indonesia sejak 1999. Senang berjejaring di KPB, Planas PRB, Seknas SPAB, Sejajar, dan Semarak Indonesia Maju. Senang mengobrol dan menulis bersama perempuan tangguh di OPEreT.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mendorong Kerelawanan Bersama Tim Sigap Kerlip Riau

12 September 2022   00:50 Diperbarui: 12 September 2022   01:13 131 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri Tim Sigap Kerlip Kampar.melaksanakan bimtek SRA dari Kempppa ddi Pondok Lesehan Bukit Semilir (Minggu, 11/9/2022)

Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan membentuk Satuan Istimewa Siaga Pendidikan atau Sigap  pasca erupsi Gunung Sinabung pada 2014. Sebanyak 30 relawan dari Tanah Karo, Deli Serdang, dan Medan membantu pemulihan psikososial penyintas anak yang terdampak erupsi. Fasilitator sebaya dari Bandung bergantian mendampingi Tim Sigap Kerlip bersama Teacher changemaker Ashoka, Nia Kurniati.

Lima tahun setelah bekerja mendampingi para penyintas bencana dari darurat menuju upaya pengurangan risiko bencana melalui penerapan satuan pendidikan aman bencana dan penyuluhan keluarga tangguh bencana, Yanti melembagakan Sigap Kerlip Indonesia sebagai yayasan pada 12 Januari 2019. 

Sebanyak 125 orang relawan terlatih dan profesional dari Sulawesi  Maluku, Kalimantan, Papua, Bali, dan Nusa Tenggara melaksanakan program yayasan yang berkantor di Kabupaten Takalar  Sulawesi Selatan. Beragam praktik baik Perkumpulan diduplikasi dan disebarluaskan ke seluruh Indonesia Timur. 

Penunjukan Muizin Firmansyah sebagai koordinator Sigap Kerlip Riau dilakukan guna memastikan pemenuhan hak dan perlindungan anak berjalan sesuai harapan.  Pembina Sigap Kerlip Indonesia, Yanti dan PJ Bupati Kampar berkolaborasi dengan Koperasi Syariah Digital UMKM Desa Kreatif atau Kopsya Dudektif yang diketuai Muizin untuk melembagakan Rumah Kerlip Beriman di pustaka desa. 

Sebelumnya, Yanti menunjuk Hot Martua, Fasilitator Forum Anak Kampar (Fakar) sebagai Koordinator Tim Sigap Kerlip Kampar.dalam upaya mendukung percepafan pembangunan pendidikan yang menjadi  quick wins PJ Bupati Kampar  Dr. H. Kamsol  M.M., yakni Rumah Kerlip Beriman. 

Rekrutmen fasilitator RISE oleh Masrul, dosen Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai menambah barisan relawan yang bergabung di Tim Sigap Kerlip Kampar. Sebanyak 10 orang mahasiswa dari berbagai universitas di Kampar dan Riau mengikuti Training of Facilitator (ToF) yang dilaksanakan Yanti di balai rumah dinas bupati Kampar.

 

Mendorong kerelawanan adalah karakteristik utama Quick Wins PJ Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol  M.M setelah mendorong sense of urgencg dan kolaborasi. Dukungan kerelawanan  Tim Sigap Kerlip Kampar sangat penting dalam pelaksanaan beberapa quick wins tersebut.  Rumah Kerlip Beriman, RISE, MeSRA Beriman, Derapp Gerbang Melayu Beriman, dan Akshara adalah beberapa quick wins PJ Bupati Kampar yang didukung Tim Sigap Kerlip Riau.

Tim Sigap Kerlip Kampar dibawah koordinasi Muizin berkolaborasi dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBK), Forum Anak Kampar (Fakar) Gerakan Indonesia Pintar (GIP), dan Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan melakukan pemetaan Anak Tidak Sekolah (ATS) dan Anak Berpotensi Tidak Sekolah (ABTS) di desa Lipat Kain Utara, kecamatan Tambang, Bangkinang Seberang, Knagarian Pangkalan Kapas. Seluruh ATS/ABTS yang teridentifikasi akan menjadi peserta didik Rumah Kerlip Beriman yang diselenggafakan Pemkab Kampar di pustaka-pustaka desa.

DOKPRI
DOKPRI

Secara paralel, Tim Sigap Kerlip Kampar mengikuti ToF Start To Empathy dan berdiskusi intens di grup whatsapp. Hari ini, Nurhaliza dan Adel sudah menuntaskan rencana aksi kegiatan di Bulan SDG's masing-masing. Sementara itu teman-teman fasilitator.lainnya mendapatkan e sertifikat dari.kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak setelah menyelesaikan quiz dan 5 modul SRA. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan