Mohon tunggu...
Badriah Yankie
Badriah Yankie Mohon Tunggu... Menulis untuk keabadian

Badriah adalah pengajar bahasa Inggris SMA yang menyukai belajar membaca dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Kenalkan Budaya Indonesia dengan Cerdik

2 Mei 2019   19:46 Diperbarui: 2 Mei 2019   20:20 0 2 1 Mohon Tunggu...
Kenalkan Budaya Indonesia dengan Cerdik
Key chain dan Magnetic field pada katalog

Pada saat bepergian ke luar negeri, oleh-oleh yang paling praktis adalah gantungan kunci (key chain) dan hiasan untuk kulkas (magnetic frigde). Gantungan berbentuk Merlion menjadi penanda bahwa itu oleh-oleh dari Singapur. Magnetic fridge berbentuk menara Eiffel mewakili negara Prancis. Beragam gantungan kunci dan magnetic fridge, dalam berbagai tingkatan kualitas, dapat dengan mudah ditemui di bandara dalam dan luar negeri. Bagaimana dengan gantungan kunci dan magnetic fridge yang merepresentasikan Indonesia?

Gantungan kunci berbentuk gajah langsung membawa pikiran ke negara Thailand. Indonesia, pun, memiliki gajah, harimau, badak, ikan hiu, pohon kelapa, beragam suku, namun semua potensi itu belum dikristalkan menjadi barang untuk buah tangan.

Pada penerbangan ke Bengkulu, saya mendapatkan tawaran membeli gantungan kunci dan magnetic frigde di dalam pesawat. Harganya setara dengan gantungan kunci dan magnetic fridge pada umumnya. Saya pikir ini, usaha yang bagus untuk mengenalkan Indonesia, membuat brand baru untuk kekayaan flora, fauna, budaya Indonesia.

Kemudahan akses untuk membeli barang-barang yang menggambarkan Indonesia memperluas peluang bagi lebih dikenalnya Indonesia. Penjualan di dalam pesawat, menyentuh sedikit dari penumpang. Alasannya, tidak semua penumpang tertarik untuk membeli barang di dalam pesawat karena secara imej, barangnya pasti dijual mahal.

Semoga ke depan, upaya mengenalkan Indonesia dengan cara cerdik seperti dalam bentuk gantungan kunci dan magnetic fridgelebih luas dan lebih beragam. Untuk sementara, terimakasih kepada Garuda yang telah melakukan cara unik sekaligus cerdik untuk mengenalkan Indonesia.