Mohon tunggu...
Yanabila Annisatity
Yanabila Annisatity Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Jember 2017

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN UNEJ Lakukan Sosialisasi Soal Higienisnya Bahan Makanan

13 Agustus 2020   21:50 Diperbarui: 28 Agustus 2020   09:38 7 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNEJ Lakukan Sosialisasi Soal Higienisnya Bahan Makanan
(Kegiatan Sosialisasi)/dokpri

Dalam era New Normal, kegiatan perekonomian secara perlahan mulai aktif kembali tak terkecuali rumah makan atau restoran yang merupakan sebagai tempat manusia memenuhi kebutuhan dasarnya. Namun, dibukanya sektor bisnis tidak menutup kemungkinan juga harus dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor. 01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Protokol kesehatan memang sudah lama diterapkan sejak adanya Covid-19. Jadi protokol kesehatan tentunya sudah tidak asing untuk banyaknya masyarakat. Namun yang menjadi masalah adalah tidak semua masyarakat mengetahui apa saja protokol kesehatan yang harus diterapkan disetiap tempat atau mereka sudah tau apa saja protokol kesehatan namun pada pelaksanaannya mereka tidak melakukannya dengan sesuai. 

Seperti hasil pengamatan yang sudah dilakukan mahasiswa KKN sebelum melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi. Masih banyak ditemukannya masyarakat khusunya pedagang dan masyarakat konsumen yang tidak mematuhi protokol kesehatan, salah satunya yang ada pada pedagang adalah tidak menyediakan handsanitizer disetiap stand. Lalu untuk masyarakat konsumen salah satunya adalah berlama-lama di area Griya Kuliner Bunderan Pacet setelah makan dan minum.

Mahasiswa KKN Unej telah melaksanakan Sosialisasi Higienitas Makanan di Griya Kuliner Bunderan Pacet yang terletak di Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Kegiatan ini dilakukan dengan pedagang-pedagang yang dilakukan secara face to face selama kurang lebih dua minggu. 

Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk menambahkan wawasan kepada pedagang pentingnya higienitas makanan dan masyarakat konsumsi mengenai perilaku dimasa pandemi Covid-19 yang sedang terjadi. Selain itu mahasiswa KKN Unej juga memberikan tips kepada pedagan bagaimana menjaga higienitas makanan dimasa pandemi Covid-19 yang sesuai dengan protokol kesehatan. (Yanabila/KKN42/Pacet/Agustin)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x