Mohon tunggu...
Yana Haudy
Yana Haudy Mohon Tunggu... Lainnya - Geriatric millennial

Sudah sekolah di SMU saat terjadi krisis moneter. Nyambi jadi admin di emperbaca.com

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Look Both Ways", Upaya Mewujudkan Cita-cita dari Dua Jalan Berbeda

22 September 2022   16:17 Diperbarui: 22 September 2022   19:52 447 32 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Natalie dan Cara menuju Los Angeles untuk mengejar karir (kiri). Natalie dan Gabe pergi ke rumah orang tua Natalie di Texas (kanan). Foto: Netflix

Walaupun sinopsisnya mengatakan Look Both Ways adalah film drama komedi romantis, tapi kadar komedi dan romantisnya cuma pemanis. Fokus utama film berdurasi 1 jam 51 menit ini adalah Natalie Benneth dan rencana karir lima tahunnya.

Karenanya Look Both Ways cocok ditonton mereka yang sedang labil dalam menentukan arah hidup. Juga pas ditonton oleh orang yang tidak suka drama cinta-cintaan, tapi pengin tontonan ringan dengan kisah dan jalan cerita yang tidak biasa.

Mahasiswa dan Cita-cita

Ada dua tipe mahasiswa dalam memandang cita-cita. Tipe pertama adalah mereka yang meyakini bahwa cita-cita bakal terwujud kalau direncanakan sedari awal. Tipe kedua adalah mahasiswa yang takut punya cita-cita karena kuatir tidak dapat mewujudkannya.

Di Indonesia masih bejibun mahasiswa yang memilih tidak mengejar cita-cita salah satunya karena fakta amat jarang lulusan suatu disiplin ilmu bekerja di tempat yang sesuai dengan latar belakang ilmunya.

Sebagai contoh, banyak wartawan dan karyawan bank merupakan lulusan ITB dan IPB, sementara lulusan ilmu jurnalistik dan perbankan justru ditolak.

Menurut Mendikbudristek Nadiem Makarim seperti yang dimuat kompascom, mengatakan bahwa 80 persen mahasiswa tidak bekerja sesuai jurusan kuliah. Salah satu penyebabnya karena mereka tidak hanya bersaing dengan lulusan di bidang ilmunya, melainkan juga bersaing dengan lulusan di berbagai bidang ilmu.

Pesimis terhadap dunia kerja membuat banyak mahasiswa melupakan cita-citanya lalu kuliah hanya untuk dapat gelar sarjana sebagai syarat diterima kerja, bukan karena menyukai apalagi menguasai ilmu yang dipelajarinya. 

Tokoh pendukung Look Both Ways, Gabe, termasuk yang yakin kalau dia tidak harus lulus kuliah dengan nilai bagus. Yang penting bandnya sering manggung dan dapat kontrak rekaman.

Sementara itu, Natalie Benneth, diperankan oleh Lili Reinhart, termasuk yang yakin cita-citanya membuat film animasi pendek yang diakui di festival film akan terwujud. Karena itu dia kuliah di dua jurusan yang kemudian membuatnya jadi ahli di animasi 2D dan 3D. 

Menjelang kelulusannya, Natalie membuat rencana karir lima tahun yang akan dimulainya dengan bekerja di Los Angeles. Rencana yang selalu ditertawakan Gabe walau akhirnya rencana lima tahun Gabe juga terwujud.

Hubungan teman tapi mesra antara Natalie dan Gabe jadi awal mula hidup Natalie terbelah. Satu bersama Gabe, yang lain bersama Jake.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan