Mohon tunggu...
Yana Haudy
Yana Haudy Mohon Tunggu... .

.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

LINAC dan Antrean Panjang Radioterapi Pasien Kanker

9 Mei 2021   14:10 Diperbarui: 9 Mei 2021   14:39 297 30 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
LINAC dan Antrean Panjang Radioterapi Pasien Kanker
Instalasi mesin LINAC di RSUP Sardjito. Foto: kanal YouTube Steven Neo

Apa yang membuat kanker jadi penyakit menakutkan dengan tingkat kematian tinggi?

Pertama, banyak gejala awal kanker mirip sakit ringan, menyebabkan pasien terlambat didiagnosis dan pengobatannya pun terlambat.

Kedua, kanker termasuk penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan namun bisa dikendalikan. Ramuan dan daun-daunan juga belum ada yang terbukti ilmiah dapat membunuh sel kanker.

Ketiga, mesin radioterapi sebagai salah satu cara mengendalikan sel kanker, jumlahnya amat sedikit.

Di Jawa Tengah dan DIY rumah sakit yang punya instalasi kanker dengan mesin radioterapi lebih dari satu hanya RSUP Dr. Sardjito, RS Dr. Karyadi Semarang, dan RS PKU Muhammadiyah Gombong.

Enam tahun lalu mesin radioterapi di RS Sardjito hanya ada satu, maka pada waktu itu daftar antrean untuk terapi radiasi sampai satu tahun lamanya. Pasien kanker stadium lanjut (3 dan 4) belum tentu bisa bertahan sampai setahun karena sel-sel kanker terus bertambah dan merusak jaringan lain.

Saat ini RS Sardjito sudah punya dua mesin, namun antrean pasien masih super panjang dan lama. Pasien seringkali harus mengantre sampai malam untuk mendapat satu sesi terapi selama 30 menit.

Saya pernah bertemu dengan keluarga pasien yang diterapi pada pukul dua dini hari karena satu mesin radiasi sempat rusak. Pasien itu datang dari Klaten sejak pukul 10.00 WIB dan dia termasuk kelompok yang mesinnya rusak, jadi harus menunggu sehari semalam di rumah sakit.

Satu pasien kanker hanya boleh memakai mesin yang itu-itu saja, kalau tidak LINAC-2 ya LINAC-3. Kalau LINAC-2 sedang rusak, pasien harus menunggu sampai mesin itu diperbaiki. Dia tidak boleh diterapi menggunakan LINAC-3.

Kenapa? Karena pengaturan mesin sudah disesuaikan dengan kelompok pasien dimana letak sel kanker mereka berada. Kalau pasien pindah mesin, akan diperlukan pengaturan ulang pada mesin itu yang akan mengganggu terapi pasien lain yang sudah menggunakan mesin itu sedari awal.

LINAC adalah singkatan dari linear accelerator yang mengirim sinar-X atau elektron berenergi tinggi ke lokasi sel kanker dalam tubuh sehingga mematikan sel kanker itu tanpa mengganggu jaringan lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x