Mohon tunggu...
yahya ayyasy
yahya ayyasy Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Mahasiswa Undip Bantu Emak-emak Hadapi Masa Sulit Covid-19

12 Agustus 2020   14:53 Diperbarui: 12 Agustus 2020   15:09 25 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Bantu Emak-emak Hadapi Masa Sulit Covid-19
Penyuluhan tata kelola keuangan rumah tangga. Sumber gambar: dok. pribadi

Klaten (12/08/2020) - KKN tahun ini sangat berbeda dengan KKN tahun-tahun sebelumnya, biasanya KKN dilaksanakan secara berkelompok dan ditempatkan sesuai dengan lokasi yang ditentukan oleh pihak universitas. Tetapi akibat terjadinya pendemi covid-19, KKN dilaksanakan secara daring dan bersifat individu dan bertempat sesuai dengan domisili masing masing mahasiswa dengan tema "KKN Pulang Kampung".

Kegiatan KKN dilaksanakan mulai tanggal 5 Juli 2020 - 15 Agustus 2020 dan upacara pelepasan KKN dilaksanakan secara daring. Jenis program KKN kali ini, selain berhubungan dengan disiplin ilmu yang dipelajari juga harus berhubungan dengan penanganan dan pencegahan covid-19 serta program pembangunan berkelanjutan. Mahasiswa dituntut untuk ikut andil dalam situasi pandemi ini terutama untuk lingkungan sekitarnya.

Pandemi covid-19 sangat berdampak di berbagai lini kehidupan tak terkecuali adalah ekonomi. Banyak rumah tangga yang mengalami kesulitan finansial akibat adanya gejolak ekonomi yang menyebabkan PHK dan penurunan penghasilan yang signifikan. Di situasi sulit seperti saat ini perlu dilakukan penyesuaian gaya hidup dan tata kelola keuangan yang ketat serta disiplin. Oleh karena itu, saya berinisiatif mengadakan penyuluhan tata kelola keuangan rumah tangga di era pandemi covid-19 dalam rangka membantu seluruh rumah tangga bertahan di masa krisis seperti saat ini. 

Program ini telah dilaksanakan pada hari Kamis, 6 Agustus 2020 bertempat di Desa Tambong Wetan, Kalikotes, Klaten. Waktu pelaksanaannya bersamaan dengan diadakannya acara arisan rutin, sehingga tidak perlu memikirkan waktu dan tempat pelaksanaan program. Disisi lain, sasaran program yaitu ibu-ibu sebagai pengelola keuangan rumah tangga juga merupakan anggota kegiatan arisan tersebut.

Program ini juga menggandeng beberapa mahasiswa yang tergabung dalam KKN tim II Undip Kabupaten Klaten dan dari fakultas yang berbeda. Output pendukung dari penyuluhan tersebut adalah booklet yang berisi tentang materi penyuluhan dalam hal mengatasi pandemi covid-19 dari berbagai Fakultas yang ada. Dengan dilaksanakannya penyuluhan ini diharapkan masyarakat dapat tenang dan tepat dalam menghadapi pandemi covid-19 terutama dalam hal tata kelola keuangan rumah tangga.

Oleh : Yahya Ayyasy (FEB Undip)

Editor : Dr. dr. Indranila KS, Sp. PK

VIDEO PILIHAN