Okky Dinova
Okky Dinova masih nganggur XD

just a simple man with twisted mind XD visit my blog here http://okkydinova.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

[Memories] Deadpool (2016)

17 Mei 2018   00:44 Diperbarui: 17 Mei 2018   05:05 487 1 1
[Memories] Deadpool (2016)
sumber : digitalspy

SUPER SPOILER ALERT!!!! SUPER SPOILER ALERT!!!!

Prolog

Deadpool 2 sudah dirilis (denger2 sih tidak sebaik film pertama) dan karena saya masih belum menonton sampai hari ini maka mari kita bernostalgia kembali dengan film pertama Deadpool yang pada tahun 2016 berhasil memecahkan banyak rekor, salah satunya sebagai film rating "R" (dewasa) "nyaris" tersukses sepanjang masa (kalah tipis dengan A Passion Of Christ yang menjadi film wajib untuk beberapa orang).

Kehadiran film Deadpool juga sangat dinantikan karena memakai banyak hal unik sebagai media marketing. Sulit dipercaya jika proses produksi film ini memiliki banyak sekali halangan mulai dari tidak mendapat izin dari studio (dinilai terlalu beresiko, sampai "seseorang" membocorkan proyek ini memakai internet) sampai budget yang tipis yang membuat aktor Ryan Reynolds mengeluarkan uang pribadinya agar film ini bisa selesai diproduksi. Semua pengorbanan itu akhirnya terbayar karena sekarang saya yakin semua orang pasti mengenal Deadpool XD.

Untuk mempermudah, pada tulisan ini saya akan menganggap Deadpool sebagai "superhero" meskipun pada kenyataannya dia itu seorang Anti-Hero.

Bermula Dari "AIB"

"Deadpoool" memulai debut di layar lebar secara "menakutkan" dalam film X-Men Origins : Wolverine dengan aktor Ryan Reynolds sebagai Wade Wilson yang dijamin mampu memikat para penonton di menit-menit awal film ini dengan mulutnya yang super cerewet dan aksi putar2 pedang XD .

(Oo yeah...)

Sayang sekali semua image baik itu harus hancur lebur saat dia menjadi "Deadpool".

(Oh no.....)

Saking menakutkan sampai-sampai dibutuhkan waktu 9 tahun lamanya bagi Ryan Reynolds untuk membuat film Deadpool dengan berbagai macam halangan, untungnya semua ini berbuah manis pada akhirnya.

Adegan Pembuka Yang Terlalu "jujur"

Deadpool (2016) dimulai dengan adegan slow-motion diiringi musik "Angel In The Morning (Julie Newton)" yang sangat damai disertai berbagai gambar + tulisan yang memperjelas jika film ini pasti berbeda dengan film sejenisnya. 

Saya pribadi sudah tertawa terbahak-bahak pada adegan ini (bahkan sampai sekarang XD) dan menyesal karena ini baru awal dari "kejutan" super manis dari film ini.

Dopinder, Supir Taksi Idaman

Sebagai Superhero, Deadpool ternyata sangat rendah hati karena menggunakan taksi sebagai media transportasi XD, dan siapa sangka supir taksi ini akan menjadi sosok yang memorable di mata penonton.

Dopinder, supir taksi "budiman" ini memiliki seorang wanita pujaan bernama Gita, kisah cintanya berjalan pahit karena ada sepupunya Bandhu yang siap "merebut" Gita dengan fisiknya + nasib yang lebih aktraktif ketimbang Dopinder T_T. Deadpool dengan bijaknya memberitahu Dopinder jika "Cinta adalah hal terbaik yang ada di dunia ini" dan Dopinder harus berani merebut Gita dari Bandhu.  

Belum 5 menit berjalan dan film ini sudah memberi penonton 1 karakter super unik dan 1 karakter sampingan dengan kisah cinta yang bisa membuat kita bersimpati.

Bagian terbaik dari adegan ini adalah Deadpool membayar jasa Dopinder tengan "Toss 5 jari saja" karena dia tidak membawa dompet XD. Deadpool sendiri juga melupakan tas "Hello Kitty" miliknya yang berisi senajta + amunisi (ingat baik2 hal ini karena kelak akan berguna).

Setelah melakukan perkenalan "resmi" dengan para penonton (baca :breaking the 4th wall), Deadpool siap memburu Francis Ajax yang sudah mengubah wujudnya menjadi buruk rupa. Adegan berikutnya saya skip saja karena terlalu bagus untuk diceritakan XD.

It's A Love Story

Kisah Deadpool bermula dari Wade Wilson, seorang mercenary handal yang jatuh cinta pada PSK wanita bernama Vanessa, kisah cinta unik ini harus berakhir pedih saat Wade terkena kanker. 

Vanessa sendiri menunjukkan bahwa dia bukan "wanita gampangan" dengan tetap setia menemani Wade, sayang pada akhirnya Wade memilih untuk meninggalkan Vanessa karena dia tidak ingin melihat Vanessa bersedih dengan keadaan dirinya saat ini.

The Experiment

Wade lalu pergi ke sebuah fasilitas ilegal dimana dia menjadi kelinci percobaan dengan harapan dapat menyembuhkan kanker yang dideritanya.

Percobaan yang dimaksud adalah memberikan gen mutant agar Wade bisa memiliki kekuatan Super. Proses "menyakitkan" ini dipimpin oleh Ajax (Ed Skrein) ternyata adalah sebuah nama samaran, nama asli pria ini adalah Francis, Ajax sendiri adalah sebuah nama "sabun cuci piring".

Setelah melalui berbagai proses, akhirnya Wade mendapat sebuah kemampuan super yaitu sel tubuhnya dapat pulih / beregenerasi (healing factor) dengan cepat dan membuat tubuhnya dapat pulih dari cedera apapun (tapi tubuhnya masih memiliki sel kanker), efek sampingnya adalah penampilan Wade yang menjadi sangat menakutkan. Disinilah film ini terlihat seperti film horor.

Setelah terlibat pertempuran sengit dengan Francis Ajax dan mengakibatkan tempat mereka berada terbakar, Wade terlihat kalah dan dipastikan "mati".

Tapi healing factor miliknya berhasil membuat Wade tetap hidup, tapi sekarang Wade tidak memiliki tempat untuk kembali. Awalnya dia ingin kembali ke tempat Vanessa tapi akhirnya sadar (baca : malu) dengan penampilannya saat ini + reaksi warga sekitar yang membuatnya berpikir jika Vanessa pasti tidak mau menerima dirinya lagi. Akhirnya Wade berkonsultasi dengan Weasel (T.J Miller) yang menyarankannya untuk mencari Francis Ajax agar muka Wade bisa kembali seperti semula. Weasel juga menyarankan agar Wade membuat identitas baru.

Dan nama yang dipilih Wade adalah Dead Pool (sebuah papan taruhan kematian di tempat mereka berada), awalnya sih Wade ingin memakai nama "Captain Deadpool" tapi sayang niat "mulia" itu harus dibuang begitu saja XD.

Proses Menjadi Deadpool

Layaknya film Origin Superhero pada umumnya dimana tokoh utama berlatih menggunakan kekuatan super miliknya, Wade juga melakukan hal serupa. Perbedaannya adalah adegan ini lebih ke "mencari Francis Ajax + membuat kostum bagi Deadpool XD". Proses transformasi ini diiringi lagu "Deadpool Rap (Team HeadKick) yang sangat pas.

Kostum awal Deadpool memiliki warna putih, tapi karena sering terkena noda darah akhirnya Wade mendapat saran dari seorang wanita tua "buta" (Leslie Uggams) untuk memakai kostum warna merah.

(Breaking 4th wall di dalam 4th wall ??)

Setelah membuat kostum "imut" + mengetahui lokasi Francis Ajax, Deadpool memanggil Taksi dan kita kembali ke adegan awal di film ini XD. Sayang sekali aksi Deadpool harus dihalangi Colossus (Stefan Kapicic) dan Negasonic Teenage Warhead (Brianna Hildebran) yang membuat Francis Ajax melarikan diri dan Deadpool harus memutilasi tangannya sendiri. Tidak lupa si "sabun cuci piring" ini menculik Vaneesa dan memaksa Deadpool untuk pergi ke sebuah tempat.

Dengan mempersiapkan tas Hello Kitty berisi senjata + amunisi , Deadpool juga mendatangi X-mansion untuk merekrut Colossus dan Negasonic sekaligus berkomentar jika X-mansion terlalu sepi karena hanya memiliki dua penghuni (padahal sih emang studionya yang kehabisan budget XD).

Keputusan Dopinder

Dengan menggunakan Dopinder, Deadpool dkk siap melawan Francis Ajax.

Disini Dopinder memberitahu Deadpool jika dia sudah menculik Bandhu dan menaruhnya di bagasi, Deadpool yang kesal sekaligus bangga akhirnya memberi saran agar Dopinder bisa mendapat cinta Gita yaitu :

Siap Untuk "Final Battle"

Inilah adegan yang sudah ditunggu-tunggu, 3 pahlawan berjalan santai menuju tempat penjahat, tak lupa diiiringi lagu "X Don Give It To Ya (DMX)" yang memanjakan telinga

(siap menyelamatkan hari)

Tapi tunggu, dimana tas Hello Kitty milik Deadpool ????

ternyata ketinggalan di taksi Dopinder, dan apesnya lagi Dopinder menabrak mobil lain dan harus ditangkap oleh polisi (apalagi di bagasinya ada Bandhu), terpaksa deh Deadpool (kembali) harus bermodal badan + keringat -_- . di balik layar, ternyata dua adegan "ketinggalan tas" ini dilakukan untuk menghemat budget yang sudah hampir tidak ada, sungguh "pintar" sekali cara mereka menutupi hal ini XD.

Adegan pertarungan Deadpool VS "sabun Cuci Piring" saya skip karena sangat mudah untuk ditebak, apalagi si "Sabun Cuci Piring" cuma bermodal tubuh yang tidak bisa merasakan rasa sakit, sudah jelas siapa pemenangnya.

The Ending

Dengan matinya "sabun cuci piring" + tidak ada cara untuk mengobati muka Deadpool , tugas Deadpool sekarang adalah menemui Vanessa. Untung saja Vanessa masih mau menerima Deadpool apa adanya (cie......).

Tapi sebelum Vanessa melihat muka asli Deadpool.

(wow, just wow)

pada akhirnya, film ini berakhir bahagia dengan bersatunya kembali Wade dan Vanessa. Akhir yang pantas untuk film ini apalagi diiringi lagu "Careless Whisper (George Michael)" yang lazim ditemukan pada acara-acara resepsi pernikahan jadul XD.

Tapi tentu saja ada.....

Post Credit Scene

Deadpool dengan pakaian santai kembali menyapa para penonton sekaligus memberitahu jika tidak ada teaser untuk Deadpool 2 karena mereka tidak memiliki budget XD. Adegan ini sendiri terinspirasi dari adegan serupa dari film "Ferris Bueller's Day Off".

Tapi Deadpool memberi bocoran jika akan ada Cable di Deadpool 2 dan mereka masih belum menemukan aktor untuk memerankan Cable (bisa saja Mel Gibson, Dolph Lundgren, atau Keira Knightley).

Pada akhirnya Josh Brolin yang mendapatkan peran untuk Cable, saya sendiri hanya mengetahui Josh Brolin dari 2 film yaitu Men In Black 3 (miss this movies) sebagai Agent K muda dan..............

Avengers : Infinity War sebagai Thanos

bisa dibayangkan betapa "ngaconya" pemilihan aktor ini bukan ????

Deadpool 2 Marketing Overview

Seperti pendahulunya, Deadpool 2 memiliki banyak cara unik untuk mempromosikan film ini, tapi sayangnya bagi saya pribadi belum bisa mengalahkan promosi Deadpool pertama yang memiliki poster super unik dan mampu mengecoh siapa saja yaitu :

(poster tidak bohong kok, film ini memang film "romantis" XD)

Tapi ada yang menarik dari trailer terbaru film ini (selain dipakai untuk promosi salah satu film lokal XD) yaitu tokoh Peter W, pria normal tanpa kekuatan super yang mencoba peruntungan dengan mendaftar ke X-Force dan DITERIMA!!!!

(trailer)

sontak saja Peter langsung menjadi Viral di berbagai media sosial. Banyak yang memprediksi jika Peter akan menjadi "The Next Dopinder".

(langsung menguasai internet)

 di balik layar ternyata ada kisah unik tentang peter yaitu sebuah kontes "ngawur" pada Twitter official Deadpool (@Deadpoolmovie) dimana pemenangnya akan di-follow oleh akun Deadpool dimana akun ini sendiri hanya men-follow 1 akun saja yaitu Hello Kitty!!!, pemenang kontes ini sendiri adalah akun Peter W (@PeterW_1974) yang tentu saja semakin membuat kita berpikir jika Peter "bukan orang biasa" XD.

(siapa sebenarnya Peter W ???)