Mohon tunggu...
Tina Borneo
Tina Borneo Mohon Tunggu... Penulis -

Pujangga

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Aku Adalah Seorang Autodidak

24 Juli 2018   12:32 Diperbarui: 29 Agustus 2018   20:50 348
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Undu itulah nama panggilan saya di rumah, nama lengkap saya Agustina.Saya berasal dari Pal 20 Ngabang, Kab. Landak , saya anak bungsu dari tujuh bersaudara. Ayah saya adalah alm.Saebar dan ibu saya Noberta Nomi.Saya adalah seorang autodidak, artinya dari kecil saya sering mempelajari segala sesuatu hanya modal belajar sendiri dengan metode sering melihat dan mencoba sampai akhirnya bisa. Begitupula ketika menjadi penulis dan pembimbing karena sering mengikuti beberapa kursus non-gelar. Otodidak atau autodidak (dari bahasa Yunani autodídaktos = "belajar sendiri") merupakan orang yang tanpa bantuan guru bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan dasar empiris yang besar dalam bidang tertentu. Mereka mendapatkan pengetahuan tersebut dengan belajar sendiri.

Saya dulu adalah admin dan teknisi di toko komputer NY Computer, sekarang bekerja di Laboratorium Bahasa SMA Santo Paulus Pontianak. Selain bekerja di laboratorium, saya juga menjadi pembimbing ekskul Majalah  Varia SMA Santo Paulus. Dari kecil saya suka melukis dan berolahraga.Itulah sebabnya saya aktif berolahraga sampai sekarang entah itu volley,tenis meja,bersepeda,berenang,senam dsb.Selama menjadi pembimbing majalah sekolah " saya merasa sayang dibuang atau dibuang sayang apabila kegiatan yang ada di SMA Santo Paulus hilang begitu saja tanpa dokumentasi. Saya juga ingat bahwa kitalah sebagai pembuat sejarah. 

Pengalaman menulis dan kecintaan saya di bidang IT membuat saya sering mengirimkan berita di berbagai media lokal di Pontianak (Borneo Tribune, Pontianak Post, DUTA). Sejak tahun 2006, saya banyak belajar secara autodidak ketika pernah magang menjadi staf perbantuan di DPD RI Kalimantan Barat di Jalan Gatot Subroto Senayan berdasarkan rekomendasi Maria Goreti,S.Sos,M.Si anggota DPD RI utusan Kalimantan Barat B-78 di tahun 2006-2009.

Sejarah harus ditulis, dibukukan. Karena sekali lagi setiap individu adalah agen pembuat sejarah tersebut. Untuk itulah saya memberanikan diri mengambil peran mengumpulkan dokumentasi berupa foto-foto yang sudah berkisar ribuan tersebut, saya pilah dan pilih kedalam dan akhirnya menjadi cetakan majalah sekolah yang sederhana." Semoga bermanfaat bagi para pendidik dan siswa, masyarakat, pelayan rakyat, aktivis dan generasi muda penerus perjuangan bangsa,Ingat jangan biarkan orang lain menulis sejarahmu,rajin-rajinlah menulis kehidupan diri sendiri " itulah pesan saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun