Siti nurjanah
Siti nurjanah blogger

Memiliki hoby menulis dan membaca IG & Twitter : @st_nurjanahh

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Stimulus Pilihan untuk "Creative People" dan "Inovative"

13 Januari 2018   07:27 Diperbarui: 13 Januari 2018   15:05 416 1 1
Stimulus Pilihan untuk "Creative People" dan "Inovative"
perlengkapan people creative. Dok.pribadi

Dalam menghadapi  tantangan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah kesiapan sumber daya manusia (SDM) untuk bersaing dengan segala aspek yang harus dimiliki, salah satunya seseorang memiliki keterampilan yang lebih unggul dalam kemampuan berpikir kreatif serta berani berinovasi. Dan harapan besar itu ada di tangan kaum muda, untuk membangkitkan perekonomian secara regional dari yang semula berorientasi konsumtif beralih menjadi produktivitas. 

Jika Kita suka stalking di media sosial, saat ini bukan hal yang mustahil mendulang pundi-pundi uang melalui digital. Santer semakin mengemuka istilah selebgram, youtuber dan masih banyak lagi hanya melalui hal-hal sederhana bisa menghasilkan keuntungan pendapatan luar biasa.

Di sebuah tayangan talkshow, beberapa narasumber dan youtuber mengungkapkan penghasilan yang cukup menggiurkan melalui konten kreatif yang dibuat. Hal ini tak terlepas dari kemajuan teknologi sangat mempengaruhi industri kreatif di tanah air seperti sekarang ini. Salah satunya adalah media sosial yang memiliki peran dapat memberikan potensi besar bagi people creative zaman now. 

Para pelaku industri kreatif didominasi oleh kaum muda yang biasanya memiliki kreatifitas dan potensi tanpa batas. Dalam bidang ini tentu saja hal tersebut menjadi tolak ukur seseorang dituntut memiliki kreatifitas yang tinggi. Namun, untuk mengandalkan kreatifitas secara manual saja tidak cukup,  dengan cakupan yang kian meluas maka  harus ditunjang dengan upgrade segala kemampuan di dukung perlengkapan berbasis teknologi.

Industri Kreatif menawarkan beragam aktifitas pekerjaan yang siap dengan berbagai tantangan. Secara umum akan bertemu dengan banyak orang baru sehingga di tuntut untuk mudah beradaptasi dengan stigma kerja yang lebih fleksibel. Beberapa bidang profesi industri kreatif yang tengah trend belakangan ini, meliputi :

- Social Media Spesialist

Dalam bidang ini, akan bekerja sama dengan art director serta tim digital marketing untuk merancang konten dan strategi social media untuk klien. Seorang Social Media Specialist harus tanggap dan update dengan segala  informasi kekinian sehingga sanggup memahami tren digital marketing, social media analytics, serta social media advertising, seperti di Facebook, Twitter, Instagram dan LinkedIn.

- Video Editor

Profesi ini banyak dibutuhkan seiring dengan meningkatnya penggunaan media sosial. Beberapa bidang yang berkaitan dengan profesi video editor melingkupi agency influencer, jasa fotografi atau videografi untuk pernikahan maupun endorsement.

- Design Creative

Sebuah keahlian yang sangat ditunjang oleh kreatifitas. Suatu profesi yang bermaksud menyampaikan pesan mengenai suatu brand. Dalam bidang ini dituntut memiliki kemahiran dalam merancang sebuah design menggunakan Adobe Photoshop, Illustrator. Bahkan  kemampuan serta pengalaman di bidang web design atau animasi juga bisa menjadi nilai tambah bagi yang menggeluti profesi ini.

- Blogger

Ini adalah bidang yang selama satu tahun lebih Saya geluti. Bisa dikatakan blog menjadi media menyalurkan hobi yang bisa menghasilkan. Berawal dari berbagi kisah serta pengalaman hidup yang bisa saja bermanfaat bagi orang lain. Terlebih pada tema tertentu. Biasanya akan lebih potensial bagi yang memiliki konten SEO dan dapat menyajikan sesuatu bersifat menarik juga informatif.

Blog bisa juga dimanfaatkan untuk membuat web khusus produk yang yang ingin dijual. Atau bahkan bisa menjalin kerja sama dengan suatu brand atau agency untuk menulis review tentang suatu produk dan akan mendapatkan pembayaran sebagaimana kesepakatan. Setiap blogger umumnya memiliki pilihan rate card yang berbeda.

Blog terus mengalami perkembangan, sesuai dengan kemajuan teknologi dan internet, sehingga menunjang segala aktifitas ngeblog menjadi lebih mudah, cepat dan efisien. Disadari ataupun tidak bahwasannya dunia blogging saat ini tengah mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan.

Seorang blogger tidak sekedar hanya blogwalking, atau memanage blognya saja, untuk maju dan berkembang harus di imbangi dengan kreatifitas. Sebab di lain sisi, ada kalanya seorang blogger di harapkan bisa untuk merangkum konten dalam bentuk video (vlogger), kerap juga harus mampu mereview sebuah produk melalui media sosial (influencer) atau menjadi nilai plus dalam pemyampaian informasi melalui info grafis. Bisa dikatakan terjun dalam dunia blog harus mampu multi tasking agar tidak tertinggal jauh dari segala perkembangan zaman.

Dalam prosesnya, menjalani suatu aktifitas meskipun itu hal yang menyenangkan seklipun tidak akan terlepas dari yang namanya rasa jenuh. Belum lagi ketika, deadline menumpuk, dan bad mood tengah melanda. Sudah bisa dipastikan segala tugas akan terbengkalai. Menyelesaikan berbagai tanggung jawab yang kerap bisa membuat lupa waktu, oleh sebab itu sangat dibutuhkan stimulus untuk tetap kreatif.

Baluri Kayu Putih Aroma. Dok.pribadi
Baluri Kayu Putih Aroma. Dok.pribadi

Apalagi jika mulai terserang kondisi yang agak kurang fit, membalur minyak kayu putih dengan aromatheraphy Lavender sangat membantu dalam menunaikan aktifitas serta menunjang kegiatan ketika ngeblog. Menurut sebuah study, aromatheraphy lavender dapat mendukung kinerja otak serta meningkatkan fokus dan konsentrasi. Bahkan bisa mengurangi rasa depresi, serta mengobati sakit kepala. Di sisi lain, kandungan antidepresan pada aromaterapi ini dapat membuat lebih percaya diri serta optimis, sehingga mengembalikan energi yang hilang.

Kayu Putih Aroma berkhasiat menghindarkan dari masuk angin, perut kembung bahkan ketika terserang flu. Cukup ampuh ketika harus mengejar deadline dimalam hari, menjadi teman hati untuk menghindari dari gigitan nyamuk yang membandel. Di produksi PT Eagle Indo Pharma dengan standarisasi produk serta quality control yang ketat. Produk ini terbuat dari bahan alami kayu putih bermutu tinggi, dengan aroma yang tidak menyengat tetapi justru memberikan suasana nyaman dengan wangi lavender yang lembut,

Menjadi people creative zaman now, tidak sekedar ditunjang bakat saja. Tetapi juga harus di tempa oleh kebiasaan untuk terus berkreasi yang jika di terapkan secara terus menerus akan menjadi berkembang sampai kemudian melahirkan inovasi yang terbaik dan bisa bermanfaat bagi banyak orang.